Airbag System….Wajib Dipakai Rider Motogp Musim 2018

suzuki

Yola dulur yang budiman….info dadakan dari dunia motogp. Kita barangkali sudah tahu dainese dan alpinstar sedang mengembangkan sistem airbag sistem untuk pengendara motor. Bahkan sudah mulai diaplikasikan di beberapa cabang balap otomotif, salah satunya di motogp. Nah, armor ini sudah dipastikan wajib hukumnya dipakai untuk motogp musim 2018.

fb_img_1476802451713

Keselamatan pembalap motogp memang menjadi perhatian utama pihak dorna dan fim. Jangankan kasus kematian, kasus cidera pun sebisa mungkin akan diminimalkan. Olahraga balap memang berhubungan dengan power, impact, momentum, daya, kecepatan yang melebihi batas kemampuan tubuh manusia. Jika terjadi insiden dan berujung kecelakaan maka tubuh pembalap yang akan merasakan kelebihan semua daya tersebut, mulai dari fracture, luka, sampai pendarahan.

Melihat semua resiko tersebut dan meningkatnya kecepatan motor tiap tahunnya, pihak penyelenggara motogp menganggap kalau gearsuit atau peralatan lenong pembalap motogp sudah waktunya ditingkatkan. Karena perusahaan apparel raksasa, dainese dan alpinestar sedang dan proses berhasil dalam ujicoba baju balap yang dilengkapi airbag sistem, maka di musim 2018 semua pembalap harus mengenakan gearsuit tersebut…wajib hukumnya.

Memang sejauh ini riset kesehatan yang membuktikan bahwa siatem ini berhasil menyelamatkan pembalap dari cidera masih kurang, namun pihak penyelenggara lebih memilih menggunakan airbag sistem suit daripada tidak sama sekali. Sistem airbag dainese disebut D air. Pihak motogp bukan hanya mewajibkan airbag sistem saja untuk pembalap, namun mewajibkan inventornya, yaitu dainese dan alpinestar menjual patent mereka ke perusahaan apparel lainnya, seperti furgyan, Rev’it dan lain-lain.

Hal tersebut ditujukan agar tidak terjadi monopoli gearsuit. Sedangkan pihak pembalap atau team mendapat iklan dari perusahaan apparel tidak hanya dari kedua perusahaan raksasa tersebut. So…target semua pembalap motogp memakai pelindung aibag akan terpenuhi.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

1 Komentar

Silahkan Beropini