Mengatasi Mesin Klotok-Klotok Secara Tuntas

fb_img_1476668581985

Yola dulur yang budiman….saat di perjalanan ke sukabumi by kereta, terdengar suara glodhag-glodhag saat melewati sambungan rel. Deka jadi ingat kasus suara klothok-klothok di motor, termasuk bangkai skywave yang deka boyong kala itu.

Kalau kita sering mantau grup beberapa motor yang punya basis mesin sama, kasus suara klothok-klothok bukan suatu hal yang direkayasa, banyak yang mengangkat kasus tersebut. Kalok motornya sendiri sudah berumur lama, serta penggunaan yang kemproh sih akan muncul suara aneh, dan itu wajar.

Bagaimana dengan kasus di bangkai skywave deka? Metik dengan mesin sohc 2 klep ini awalnya bersuara kek helicopter, klotok-klotok keras. Setelah dibongkar mesinnya, ketahuan bagian camshaft atau sering disebut dengan noken as aus…. Tidak cuma itu, bagian yang kontak langsung dengannya, yaitu rocker arm juga ikutan aus…. Lha 2 part itu saling berbenturan kok. Hal ini disebabkan krn faktor umur yang sudah 8 tahun dan kelakuan pengguna sebelumnya. Gimana tidak? Saat dibuka, bagian kepala head blok mesin terdapat lumpur hitam yang mengendap di mesin…. Filter oli baru dipakai 150 km sudah kembali menghitam pekat banyak kotoran tersaring.

Kembali ke kasus klothok-klothok. Sebelum mengatasi, tentunya kita harus tahu sumber masalahnya. Kalau sumbernya diketahui maka solusi akan tepat. Awalnya didiagnosa bagian tensioner, namun setelah diset ulang, kembali suara klothok-klothok hadir kembali. Kenapa? Karena sumber suara tidak hanya berasal dari situ saja.

fb_img_1476673245037

Ada lagi penyebab yang ditemukan, ternyata bawaan motor dari pabrik setelan 4 klep ndak seimbang dan seragam sesuai standarnya. Hal ini disebabkan karena kurang cermatnya bagian quality control…. Apapun alasannya.  Dan pernah ditemukan juga kasus dudukan poros camshaft ke blok oblak sehingga suara klothok-klothok.

fb_img_1476673185993

Kasus terkini, penyebab suara klothok-klothok hadir karena disebabkan oleh pegas pengatur tensioner saat dibongkar sudah ambyar. Otomatis tensioner tidak mampu menekan rantai keteng sempurna, buka tutup klep tidak sinkron sempurna karena gerak camshaft dan rocker arm terganggu.

Jadi penyebab suara klothok-klothok memang berasal dari bagian tensioner-camshaft-rocker arm-klep. Kalok ingin terselesaikan sempurna, ya mengatasinya harus menyeluruh, biar tuntas….tas…tas…. Hal ini deka buktikan di skywave 2008 deka. Setelah ganti camshaft, rocker arm, tensioner adjuster suara mesin jadi halus kembali.

Berkaca dari penanganan di skywave deka, berarti ini bisa diterapkan di kasus motor lain seperti cbr,cbsf dan sonic…. Coba cek semua bagian itu…. Kalok tetep saja bunyi klothok-klothok….  Berarti ya nasib….  Soalnya yang deka terangkan itu termasuk menyeluruh di kasus penyebab suara klothok-klothok ini.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

25 Komentar

  1. vario 125 juga sering bunyi klok klok klotok klotok. kalau sehabis digas trus nutup gas om, semua vario 125 saya temuin dijalanan. padahal mesin 150 yg basisnya sama ga ada masalah. trus kalau di beat saya emang di tensioner kadang dikencengin lagi tanpa ganti baru bisa ilang. aneh emang QCnya atau emang alat kuncinya mesti di kalibrasi ulang

  2. Pabrikan hanya meloloskan motor yg bisa hidup ketika distarter dan listrik normal. Perkara setelah diterima motor klotok-klotok, itu tanggung jawab dealer.
    Kan AHASS ada dimana2. Jadi konsumen tidak usah khawatir.

  3. Awas di serang sama blogger nyinyir.Ada yg nyerang lewat komen nyinyir di artikel dan sosmed , ada yg alus pake’ artikel berbau-bau teknis dll
    Waspadalah !! …waspadalah..!!

  4. mungkin cuma segelintir om, walaupun pasti ada, karena temen ane punya sonic, cb dan ada yg rela beli cbr padahal di tawari rr mono yg harganya mepet, tp gak mau, tp suara mesinnya halus untuk ukuran mesin 150cc, kalok dibandingkan gen vixion imbang2 sih suaranya. jgn bandingin ma bebek 110 cc ya, keterlaluan namanya.

Silahkan Beropini