Sohc Overstroke Menguasai IRS Sentul…. Lha Kok Iso?

suzuki

yamaha-r15-menjuarai

Yola dulur yang budiman….mumpung lg longgar dan feel nulis lagi dapet, deka angkat lagi sebuah artikel. Hasil balap di sentul weekend kemarin menunjukkan dominasi team yamaha yang bersenjatakan motor R15 yang notabene bermesin sohc overstroke. Lha spek motor kommuter kok bisa menguasai sentul? Lha kok iso?

Padahal bicara lingkup dunia sirkuit, dunia balap khususnya sirkuit taraf besar mesin dohc overbore rpm tinggi harusnya menjawarai. Beda cerita dengan sirkuit pasar senggol yang memprioritaskan torsi, ndak heran mesin overstroke bisa jawara. Lha ini sirkuit besar lho…. Sentul…..

hasil-race-irs-2016-seri-1-kelas-sport-150

Well…deka nggak akan bicara terlalu dalam soal tehnis mesin, karena bukan bidangnya. Deka hanya bicara secara umum saja, kalau mesin karakter overstroke sohc sejatinya bukan habitat sirkuit. Cenderung ke kommuter atau bahkan dirt track. Lha kenapa minarelli bisa menguasai sirkuit sentul minggu kemarin?

Jujur deka anggap itu aneh, tapi nyata. Tapi yang bisa dijadikan ajang diskusi why R15 bisa jumawa, barangkali adalah soal bahan komponen mesin. Sebut saja diasil silinder, forged piston, tentu beda dengan ordinary steel sleeve. 2 komponen ini lebih berani diajak melanggar tatanan batas maksimal piston speed 21 m/s .

yzf-r15
yzf-r15

Atau bahkan part-part racing mesin minarelli yang sudah bejibun dan lebih lama keberadaannya, sehingga riset dan aplikasi lebih mudah. Begitu pula riset mesin versi racing dari R15 sudah yamaha matangkan, riset jalan secara berkesinambungan sehingga lebih patent. Soal balap, riset yamaha termasuk serius…pakai bangetzzz.

Ini jelas bicara motor non standar, udah oprek sana, oprek sini. Jangan sama ratakan dengan versi sutandar keluar dari diler terus diajak balap. Kalau memang bahan mesinnya sama dan ditambahin part racing, deka acungin jempol 2 tuh… Berarti bahan mesin tahan gebugan ala racing.

Di lain sisi, bisa juga kita membaca kalau pihak kompetitor belum bisa membuat motor balap kompetitif dari spek sutandarnya. Sebut saja CBR150R. Jangan bicara kualitas pembalapnya, ini berarti anda meremehkan skill seorang Sudarmono.

Padahal cbr150 sudah berspek DOHC…. Well….kalok anda sudah mengikuti warung ini sejak lama, maka dulu sempat menemukan beberapa artikel yang membahas apa itu dohc, sohc. Bukan melulu itu saja yang membuat performa mesin jadi sangar. Dohc itu kebutuhan, bukan sebagai senjata utama pendongkrak performa. Semua dilandasi oleh faktor-faktor lain dulu, baru dirasa mesin harus memakai sistem dohc untuk menunjang itu semua. Salah satunya main di rpm tinggi.

honda-cbr150r-launching

Kualitas mesin, part daleman, karakter dasar mesin juga berpengaruh. Apalagi cbr dengan spek mesin baru dianggap mainan anyar, tentu keberadaan part racing dan riset balap new cbr150r yang dohc overstroke menjadi lebih terbatas. Overstroke sudah mainan lama yamaha… Honda kemaren maen overbore, kini overstroke, tentu beda tentang kematangan risetnya.

Ada juga sih yang nonyor-nonyor deka….. Jangan salahin dohc dong….. Lha dohc kok dikawinkan ama mesin overstroke, yo masih keudak ama overstroke 4 valve minarelli yang udah matang. Dohc itu overbore broooo…..

Wah deka manggut-manggut aja… Lha buat deka, dunia balap itu misterius karena ilmunya bejibun, sulapnya level dewa, ndak cuma ganti busi terus lebih ngacir, atau bbm diganti pertamax turbo langsung wuzzz..wuzzz… Banyak otak dan tangan terampil di situ…..

Bagaiaman jika real dohc….fully overbore dengan part racing sepadan riset sepadan, pembalap sepadan, mungkin perlawanan sohc overstroke minarelli lebih intens lagi… Mungkin lho ya…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaiku.

25 Komentar

  1. Gak percaya sih dohc superior DNA MOTOGP generasi juara itu kalah di kejurnas..
    Sesuai filosofi honda mtr sport itu total kontrol…
    inget..! TOTAL KONTROL..!
    jdi ya mesti unggul di segala medan.. Mau race mau harian mau drag.. Oke aja kan TOTAL KONTROL…
    jangan salahkan mekanik part racing ato sembalap nya deh..
    Fix cma ngibul… Total kontrol kopet melet

  2. “Lha buat deka, dunia balap itu misterius karena ilmunya bejibun, sulapnya level dewa, ndak cuma ganti busi terus lebih ngacir, atau bbm diganti pertamax turbo langsung wuzzz..wuzzz… Banyak otak dan tangan terampil di situ…..”

    Hehe iya.. awas Banyak yg ketipu sama isi paragraph awal

  3. sah sah saza cbr150r kalah, soale wes di oprek sana sini, lah kalo sutandart ya ra wani, atut, apa lagi lawan suzuki satria fu, buiih, asli dah cirit celana keknya r15

  4. ada yg mengganjal dr artikel ini
    1. paragraf pertama kalimat terakhir, ms spek mtr komuter bwt balap?
    yakin tuh spek komuter?
    2. paragraf 4 kalimat terakhir, yakin tuh bahan brani lewat batas piston speed 21 m/s ?

    gw sih gk bela mn pun yah? tp gw rasa artikel ini KONYOL.

    *kl komen gw gk di aprove berarti ente CEMEN

    • Klo mikir pake otak dikit sebenarnya pertanyaan ini gak usah nongol. Liat aja regulasinya, misal spek kapasitas. Boleh gak ukuran bore x stroke diubah. Klo disitu disebut ukuran bore x stroke harus sesuai standar ya bener berarti kalimat spek komuter dipake balap

    • Dunia balap pke dohc DNA MOTOGP bro.. dh ga usah ngeyel.. Irs udh ada regulasi nya…. mau sohc komuter mau dohc DNA MOTOGP yg jelas cbr memble.. TOTAL KONTROL gimmik belaka..

  5. Kok sekarang kayak gini ya om deka, gak masalah sih kalau om deka gak suka sama ahaem atau honda atau dohc helo kitty, cuma kalau kayak gini bisa bikin sakit hati yang udah terlanjur beli itu motor dohc abal2,cuma pengen ngingetin aja om, jangan kebawa arus, sesama muslim mengingatkan aja, jangan kayak triatmono dkk, menurut saya om deka masih punya kelebihan tersendiri dibanding triatmono group sama indobikers group, mereka kayaknya udah terjangkit virus emosi yang berlebihan, lagian kalau dipikir ngapain belain h, y, s apa k atau ngapain jelekin h, y, s dan k, mereka sama2 jepang, gak mungkin bantu bangsa kita. Saran saya sih, kurangi aja posting yang berbau menyerang pihak lain, mengalah bukan berarti kalah kok om.pokoknya nikmatin aja dunia otomotif yang dipermainkan sama jepun ini, mereka ini emang kampret, tapi lebih kampret yang jadi budaknya masing2 brand..ngapain mikir jeleknya h, y, s dan k.saya bilang y juga bagus, h bagus, s juga bagus apalagi k, gak gunalah jelek2in salah satunya

    • Wkwkw 2 grup yang saling baper satu sama lain πŸ˜‚πŸ˜‚
      Gw malah nontonnya ketawaπŸ˜‚

      Ini motor (r15) padahal dulu dihina habis2an dibilang ga berani nyentul dimana saat itu cb/cbr ngumumin mau nyentul πŸ˜‚πŸ˜‚, pas r15 menang bahasannya jualan cb lebih bagus dari piksen πŸ˜‚πŸ˜‚

      Yang satu lagi bahas r15 menang melulu di sirkuit sampe berapa artikel πŸ˜‚πŸ˜‚

    • Setuju buat apa ngebela pabrikan jepun..
      Tpi ente jga harus tau lebih banyak bloger yg pro pabrikan dan cendrung menyembunyikan kebobrokan produk” nya.. Ini jelas pembodohan..
      Menurut sya gak salah artikel ini karna memang begitu di irs.. Mau nyalahin siapa? Irs udh ada regulasi di sna…

Silahkan Beropini