Yang Deka Lakukan Setelah Meminang Motor Seken

suzuki

img_20160815_065228

Yola dulur yang budiman…..beberapa waktu yang lalu deka meminang sebangkai suzuki skywave lansiran 2008. Sebuah motor seken yang km nya udah balik lagi ke 0 dan jarum odo menunjukkan angka 36 ribuan. Nah setelah itu, deka lakukan ritual penanganan setelah meminang motor seken.

Kita tidak akan bahas tips memilih mosek, motor seken, tapi yang dilakukan setelah motor tersebut kita pinang. Yang namanya minang janda, kita tidak tahu kondisi daleman mesin  motor tersebut. Kita juga jarang mengetahui bagaimana si empu motor tersebut memperlakukannya.

Jadi langkah pertama yang deka lakukan adalah bongkar mesin, alias turun mesin. Apalagi ini motor bangkai yang udah lama ngejogrog di gudang. Sesuatu hal yang dianggap tabu, dihindari oleh sebagian publik motor. Turun mesin dianggap aib karena motor dianggap rusak berat.Padahal overhaul, turun mesin termasuk perawatan sebuah kendaraan. Dengan overhaul kita memastikan daleman mesin sehat, dan sekaligus pembersihan dari soot, racun mesin, serta mengecek keausan onderdil spt klep de el el.

img_20160815_065208

Karena deka nggak pecus bongkar mesin, deka pasrahin aja ke bengkel temen. Dan ternyata memang ketahuan harus sker klep, setting ulang karburasi, setting ulang pengapian. Dengan overhaul, mesin kita standarin lagi, dan seperti diperbarukan. Setelah proses overhaul selesai plus penggantian part, dilanjutkan dengan inreyen ulang.

Inreyen ulang dilakukan setelah overhaul karena rangkaian onderdil kerapatannya menjadi baru. Disini sistem rangkaian part perlu penyesuaian ulang karena sudah dibongkar dan rangkai kembali. Dan langkah pertama adalah memilih oli dengan base mineral untuk mesin inreyen. Deka memilih oli standard suzuki skywave, sgo 20-50. Setelah itu sudah disiapkan oli castrol gtx diesel sae 15-50.

img_20160904_105532

Dalam fase inreyen ini, motor gunakan secara kalem, main rpm 4000-6000 rpm saja. Selama inreyen pertama dalam jarak tempuh sekitar 100-250 km ini sekalian mengecek status kaki-kaki motor. Dan di kasus deka ketemu penyakit lain, suspensi depan bunyi ngkik…ngkikk..ngkkikk. Dan setelah dibongkar ternyata suspensi depan sudah kering, oli udah menjadi kerak, menyebabkan as shock baret-baret nggak karuan, bahkan per shock sampai bengkok.

Setelah menempuh 200an km, oli kita ganti sekalian filter oli jika motor dilengkapi FO. Dan muncul glitter, serpihan-serpihan logam di oli yang ditap, menunjukkan proses penyesuaian sambungan antar part.Dan jangan lupa ganti oli gear untuk metik. Di kasus deka, oli gear udah item kecoklatan sepertu susu bendera rasa coklat…jorok banget deh yang makek.

Selain ngurusin fisik motor, kalok kita ingin mengurus surat-surat kendaraan. Silahkan datangi samsat untuk proses balik nama. Soal ini kita bahas lain waktu.

img_20160814_101007

Selain itu cek part-part bodi, bagian mana yang perlu diganti. Dan juga lampu-lampu kendaraan. Karena deka aliran sutandariyah, maka semua deka standarkan seperti sedia kala. Bodi-bodi yang kusam rencana akan dicat ulang sendiri pakek cat kaleng. Sedangkan untuk bodi besar, mau diskotlet saja biar murah.

Ritual ini memang menguras biaya, tapi ada kepuasan tersendiri jika berhasil menstandarkan kondisi motor seken seperti sedia kala. Kalok anda beruntung dapat motor mulus , mesin halus, lancar tanpa kendala sih tinggal pancal saja. Tapi seyogyanya minimal masuk ke bengkel atau servis ringan untuk memastikan kondisi motor seken yang baru kita pinang.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

  1. alm. bapakku sering beli en gonta-ganti mosek, pernah satu kesempatan berpesan, “walaupun ketika kita beli mosek dari orang sering dibuat kecewa, tapi kalo orang beli mosek dari kita, kita kudu buat mereka puas seperti mereka beli motor nyaris baru.”

Silahkan Beropini