Kecerdasan Yamaha Menghindari Arena Honda

suzuki

yamaha-nvx-release-at-vietnam

Yola dulur yang budiman….move yamaha yang akan meluncurkan metik dengan kode B65 atau NVX sangat menarik di mata deka. Minimal, gerak ini merupakan langkah khas yamaha dengan segala keterbatasan sumber dayanya. Khususnya dalam menghadapi gerak bulldozer ala ahm, yamaha kudu cerdas bin kreatif.

Diakui atau tidak menjadi pabrikan dengan posisi seperti yamaha memang kudu cerdas dalam melangkah. Sebagai pabrikan yang mampu menjadi perusuh pabrikan raksasa seperti ahm itu perlu effort lebih karena masih dianggap ancaman paling dekat. Semua gerak-gerik akan langsung direspons oleh si raksasa. Apalagi dengan langkah ala bulldozer ahm yang berlimpah resource.

Buldozer yang meratakan apapun di depannya dengan kekuatan. Apapun permainannya, ahm akan nimbrung dengan kekuatan berlipat. Saat ahm ikut bermain di kelas tertentu, maka kekuatannya akan berlipat dibandingkan lawannya…. salah satunya adalah kekuatan finacial…. leasing. Makanya strategi ahm itu sangat sederhana, wait and see….. then destroy….. follower tapi impactnya dahsyat.

Nah…. dengan kekuatan okol tersebut, yamaha jelas sudah mengalami sendiri akibatnya saat melayani baku pukul dengan ahm di kelas metik mereka. Lambat laun yamaha kehabisan tenaga, kemudian menjadi sansak ahm dalam penjualan. Yamaha harus merubah gaya mainnya, bukan frontal adu pukul, tapi menari, menghindar, serta hit and run…..

sumo

Itu sudah dimulai dengan tak sengaja di N-Max. Dimana awalnya nampak seperti melayani gaya pukul PCX, tapi ternyata membuka gaya permainan baru. Ada potensi pasar baru di kelas metik, kelas metik yang nampak “premium” tapi harga terjangkau. Kemudian metik dengan dek njendul di tengah yang awalnya diludahin ama publik motor, kini menjadi trend…. publik menjadi irresistable terhadap metik dek tidak rata. Bahkan nampak lebih macho.

Dengan modal seperti itu, yamaha kembali turun ke kancah metik dengan langkah baru, membuat jalan alternatif, berdampingan dengan metik ahm. yamaha tidak melayani langkah vario dengan metik yang sejenis. Tapi menggunakan turunan N-max, atau yamaha B65 aka NVX. Sebuah metik mirip N-max tapi menyasar pasar dibawahnya. Pasar yang lebih massal, dimana disitu bercokolnya vario.

Apakah nanti NVX dianggap Lawan dari vario? secara harga mungkin iya… tapi soal jenis metiknya? ini bisa diperdebatkan karena secara desain dan jenis akan sangat berbeda. NVX ini seperti menggabungkan kelas xeon dengan Nouvo… Ingat, sebagian publik motor ada yang nyinyir minta yamaha mengadakan nouvo lagi… nah ini mungkin langkah kompromis dari yamaha.

yamaha-nvx-2

Yamaha harusnya seperti ini, jangan lawan vario dengan metik sejenis seperti xeon atau gt series….. ngajak adu pukul frontal ahm mah dijamin K.O. Ibarat kelas middleweight lawan heavyweight…. daya pukulnya jelas beda. Yamaha kudu pintar menari, memberikan jab-jab, kemudian lari menghindar dari terkaman ahm….. Buka jenis model baru, secepatnya dikembangkan, kuasai pasar. Jika AHM sudah nimbrung di situ, siap-siap saja diterkam, makanya langsung menari lagi, menghindar membuat medan baru.

Otomatis dituntut lebih inovatif, karena akan selalu mencetak motor jenis baru, dimana ahm belum siap bikin, yamaha sudah menikmati pasar. setelah dirasa ahm  akan menguasai pasar yang sama, perlu inovasi lagi ke jenis yang lain. Itulah langkah yamaha kalok ingin selamat dari bulldozer ahm…. kecuali resource-nya berimbang…. mau baku pukul ya silahkan.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

21 Komentar

  1. Untuk itulah kita harus berterimakasi pada Yamaha, kalau ga ada Yamaha, Honda makin kuat dan konsumen 95% ga ad pilihan lain beli motor entry dibawah 150cc. Dan bisa jadi Honda akan kena Efek Kartel yg nyata.

    • kalok ane sih wegah om. hahahahah
      lama sekale ini pabrikan melek,
      apa lagi sekarang ane malah menjurus ke FBS hater, hihihi, hater ke laskar suzuki om, bukan ke motornya

      • ngak usah nyebar fitnah sana sini, hidup mu penuh kedengkian, di blog iwb, tmc, dukun satar juga gak ada yg nyebut ni mesin beat super superior maha segalanya, persih seperti om deka yg bilang ni mesin sama aja cuma beda di desain aja, kalok iri sama penghasilan iwb dan tmc yg buanyak itu, monggo bikin blog yg bagus, biar di jadikan blog ambasador sama salah satu pabrikan, kalok dengki mah idup mu yg ancur

        Jdi hater….? ?? Jangan gtu gan.. Jangan dengki ame orang ga berkah idup lo..

        Ngohahahaha

        • hihihi. emang ane hater. tp ane jujur. gak nuding sana sini, gak bacot sana sini.
          ane juga gak dengki sama laskar suzuki.
          gak pernah ane nyampah dimana2 jelekin fbs garis keras. lah elo?
          hahahah nyampah dimana mana, giring kemana mana. miris gak tu?

          renungkan ni tong.
          kalok ada satu perkataan seseorang yg elo masuin ke dalam hati, berarti perkataan orang tersebut banyak mengandung kebenaran tentang diri lo.

          ane bilang elo dengkian, dan elo masuin itu ke dalam hati lo yg paling dalam. artinyaaaaaa ………………

          isi sendiri saza dah.

        • Yg nuduh sana sini siapa gan?
          Ay kagak nyebut inisial loh?
          Ente faham kagak.?
          Wkwkwkwk
          Sok ceramah ame org lo.. Diri lo aje belon bener gkgkgkgk
          Blunder lo yeee

          Ma’af nih yg pnya warung

        • “B lmp pada September 6, 2016 pukul 5:07 pm
          Memang beda ya klo review ada amplop nya sma ga ada amplom nya.. Jomplang bgt sma yg amplopan hahaha”

          emang lo yakin mereka amplopan? yakin mereka buat artikel atas dasar pesanan?

          elo punya bukti transaksinya?
          rekening bank? kwitansi? atau bukti laen? punya?
          bole liat?

          nuduh orang tanpa bukti apa namanya tong?

          elo emang gak nyebut inisial, tp elo pasti punya objek yg dituju. dan ane yakin kalok ente berani jujur, inisial yg ane kasi itu bener.

          udah deh, gini aja kita kopdar aja dah. biar enak tukar pendapatnya.

          D23A6441 di add aja. biar tau kapan bisa kopdarnya

  2. yamaha pinter, pake strategi gerilya, masuk ke pasar yang belum di garap ahm, buat produk sebagus mungkin, cabik2 pangsa pasar vario, walaupun beda kelas, tp kalok harga head to head pasti konsumen lirik kok, pabrikan pasti butuh waktu kurang lbh 2 taun untuk buat produk baru, kira2 nanti ahm udah mau masuk, cari pasar laen lagi, gitu terus, sumber daya ahm yg besar jadi habis sia2, karena pasar udah jenuh, di tambah yamaha buat model baru lagi, konsumen pindah segmen lagi, cerdas !!
    jadikan xeon dan temen2nya pelajaran berarti, perang terbuka sama ahm itu buang2 duit, jgn diladenin, gerilya itu pilihan yg bagus, bangun kembali nama besar matic yamaha.

  3. AHM itu pabrikan kuat, namun lambat berinovasi… aka mengekor…

    Untuk mengalahkan AHM, Yamaha/pabrikan lainnya harus menggunakan strategi dengan cara membuka segmentasi baru & terus berinovasi… sehingga apabila AHM masuk ke pasar, pabrikan lain harus segera merespon dengan mengeluarkan produk baru yang minimal punya value lebih dibanding produk AHM… dan usahakan jangan lawan produk AHM secara head-to-head karena kemungkinan besar akan kalah dengan kekuatan AHM terutama leasing DP 0%.

  4. Menghindar terus,kalau sudah mepet jurang tinggal menunggu ajal,harusnya yamaha lebih menitik beratkan pada matik low nya,karna itu market terbesar yamaha,rubah desain dan rangkanya,tingkatkan kualitas mesinnya,kalau perlu kasih harga motor cina kualitas jepang,pasti laris manis

Silahkan Beropini