Nama Gaya Cornering Pebalap Motogp

rossi vs marquez at argentina

Yola dulur yang budiman….ini adalah artikel enteng-entengan, sementara rumor motor dihentikan dulu. Mau ikutan bahas rembesan headlamp ninja dan R15 kok belum ada yang kasih gambar via pm…..maklum blogger papan penggilesan ga punya akses spionase XD . Kali ini kita obrolin gaya cornering pebalap motogp sajah….

Tiap pebalap motogp saat melibas tikungan, cornering pada umumnya memakai gaya konservatif, yaitu kneedown. Yaitu menikung dengan bantuan lutut sebagai penanda batas maksimal derajat tikungan sesuai karakter masing-masing pebalap. Contoh paling gampang ya si Rossi, vr46. Doi tetap berpaku pada gaya konservatif tersebut, meskipun pernah juga pakai gaya lain. Seperti apakah gaya-gaya cornering tersebut? Silahkan liat gambar-gambar di bawah ini.

rossi vs marquez at argentina
Kneedown

Untuk pebalap marquez yang punya gaya corner extrem, lutut sudah tidak cukup untuk menjadi batasan seberapa derajat doi nikung, maka dia memakai siku, bahu tangan sabagai batasan, elbowdown

 

marquez-vs-lorenzo-mugello
Elbowdown

Kedua gaya diatas sudah dianggap lumrah, namun ada juga pebalap yang pakai gaya unik, entah apa maksud dan tujuannya. Seperti yang pernah dilakukan oleh Scott Redding….sebut saja headdown.

 

Scott redding use head cornering

Namun gaya unik cornering bukan cumak milik pebalap era modern. Tahun jebot sudah ada pebalap yang menikung dengan gaya unik. Mick doohan pernah cornering dengan menggunakan sisi pantat sebagai batasan cornering…lha kalok ini mo disebut apa? Assdown? πŸ˜€ XD

Doohan

Well….apapun gayanya, seberapa derajat mereka nikung, yang penting siapa yang paling cepat melewati garis finish….percuma juga nikung sampai memakai perut sebagai batasan sampai 75 derajat kemiringan, tapi ada pebalap di depannya yang finish duluan….

Salam enteng-entengan

Wassalamualaikum

 

 

14 Komentar

Silahkan Beropini