Tips Memelihara Motor Nonmainstream

ki bagong
ki bagong

Yola dulur yang budiman….untuk sebagian publik yang gemar motor nonmainstream, atau motor yang dianggap punya value tinggi, pun dengan tipe motor yang disukai kok ndilalah bukan merk umum, kekhawatiran akan perawatan motor bisa jadi butuh effort lebih. Kali ini kita akan obrolin tips merawat motor yang populasinya sedikit.

Sebelum memutuskan beli, memelihara, meminang motor nonmaistream, kita sudah disodori kekhawatiran akan keberlangsungan motor kita tersebut. Segudang ketakutan sudah banyak tersaji dan disediakan di banyak media. Effort lebih memang diperlukan, karena nggak semua toko onderdil sedia part, bahkan jaringan dilernya susah ditemui. 

Makanya tips utama dari pelihara motor nonmainstream adalah niat kuat. Jika anda masih punya beban pikiran, walaupun keinginan kuat, horny, berahi motor, sebaiknya anda urungkan saja beli motor tersebut… Daripada nggerundel, ngeluh saat pelihara nanti. Anda berarti bukan tipe biker nonmainstream…lebih baik ikuti arus umum……

Tips kedua masih soal sebekum membeli. Cek dulu keberadaan diler merk motor tersebut, ngga perlu banyak-banyak. Jika dalam rentang 1 kabupaten ada 1 diler, maka sudah cukup aman untuk keberlangsungan motor kita. Minimal kita ada tempat yang dituju untuk servis, perbaikan atau keberadaan sparepart. Ada untung lebihnya jika kita juga kenal baik sama tehnisi bengkel umum yang bisa pegang motor nonmainstream tersebut, jadi saat bongkar motor nggak perlu ke diler jika terpaksa.

Tips berikutnya adalah ikuti komunitas atau grup motor kita baik media sosial atau secara nyata. Dengan keberadaan komunitas, kita akan sangat terbantu jika susatu saat ada kendala. Dan biasanya komunitas motor jarang edar ini bondingnya, guyupnya, saling bantunya tinggi karena merasa satu nasib dan kesamaan selera.

Tips selanjutnya adalah rawatlah motor anda baik-baik. Servis rutin dibengkel, ganti part fastmoving sesuai jadwal di diler. Jangan tunggu rusak baru ganti, iya kalok pas deket bengkel resmi, lha kalok pas perjalanan jauh apa ngga rempong tuh? Selama motor dirawat rutin seharusnya tidak akan ada kendala rusak jika kualitas motor itu memang bagus. Kalok udah dirawat rutin masih aja rewel, yah itu mah ranah kualitas ntu motor….udah jarang, gampang rusak….tendang aja ke laut.

bongkar ki bagong3

Sebisa mungkin belajarlah mengenali motor anda. Belajar soal permesinan, nggak perlu mendalam, yang penting cukup tahu. Ndak perlu juga sampai bisa bongkar pasang mesin, meskipun itu adalah keterampilan yang sangat berguna. Namun dengan wawasan permesinan, kita akan lebih pede saat merawat motor daripada buta total.

Tips berikutnya, manfaatkan komunitas untuk mengetahui plus minus motor kita, tips penggantian part, atau bahkan substitusi part dari motor merk lain. Ini akan sangat membantu saat kondisi mendesak atau kepepet.

Demikian beberapa tips merawat motor nonmainstream. Hal ini deka praktekkan karena pernah piara motor nonmainstream seperti bajaj pulsar dan tvs neo. Dari pengalaman pribadi, nggak begitu ada kendala krusial saat memelihara motor nonmainstream. Jika ada tips lainnya, silahkan share di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

4 Komentar

Silahkan Beropini