Tenang….Sparepart KTM Seharusnya Terjangkau

suzuki

ktm_bajaj-1024x621.jpg

Yola dulur yang budiman….setelah Diobok-obok dengan berita clash of the agen, ktm dibombardir dengan isu biaya servis dan spare part yang harganya mahal bikin dompet mengkis-mengkis….hal ini membuat sebagian calon konsumen swing voter galau….Tenang…..seharusnya akan ada revisi  soal biaya perawatan tersebut.

Kenapa deka berani beropini seperti itu? Padahal deka ngga dapet bocoran, info langsung dari orang ktm sendiri? Dan kenapa deka nggak ikutan mberitain soal harga sparepart dan servis mahal ktm? Kalok ini akan deka jawab langsung saja, karena deka lebih memilih wait n see dulu, nggak latah nyebar info yang bikin pembaca sekalian bingung. Digodog dulu, menunggu info lebih lanjut, dan setelah deka anggap cukup akan diolah dan dibumbui ala deka.

ktm rc-series
ktm rc-series

Kenapa deka berani beropini kalok sparepart dan biaya servis motor ktm, khususnya duke 200,250, serta rc200, 250 akan lebih terjangkau? Sebenarnya berangkat dari paradigma baru dari ktm versi india. Bicara ktm kubikasi under 250 berarti kita bicara bajaj-ktm, bukan ktm doang yang diwakili oleh APM lama. Kenapa bajaj-ktm berkolaborasi dengan APM baru untuk fokus ke jualan produk cc kecil? Karena pihak prinsipal ingin jualan dalam jumlah yang massive. Itu titik poin sentralnya.

Dengan gaya jualan agen lama, ktm berhasil menjadi produsen motor yang eksklusive, premium, otomatis syaratnya bandrol harganya mahal. Duke 200 yang berkubikasi 200 cc, dimana di India dihargai 26-28 juta rupiahs sukses dilabeli harga 53 jetong rupiahs…..nyaris 2 kali lipatssss. Wajar karena menyisir pasar premium, CBU dan terbatas konsumennya.

Dengan agen baru, paradigmanya dirubah, kembali ke khittah. Produk kubikasi massal, under 250 cc itu harus berharga terjangkau agar jualannya massal, dan ngambil untungnya dari massivenya jualan. Tipikal jualan ala asia timur, untung dikit tapi jualan banyak. Dan itulah keinginan ktm untuk memproduksi duke 200 dan rc 200 di pabrik bajaj India.

Konsep ini tidak akan berjalan jika APM nya bergaya eksklusive. Kemudian disusul dengan langkah rencana bikin pabrik perakitan di sekitar surabaya, semuanya untuk menekan biaya produksi. Otomatis, bandrol harga jualnya juga akan terkoreksi lebih terjangkau. Semua mengarah ke poin utama itu….lebih terjangkau.

Lha apa hubungannya dengan biaya servis dan sparepart? Ya kental sekali hubungannya. Kalok ingin jualan massive ya harus didukung biaya aftersales yang terjangkau pula. Ini sudah ditempuh juga oleh pabrikan jepang yang termarjinalkan, Suzuki. Dulu dicap sparepart mahal, sekarang sudah ada kampanye sparepart suzuki lebih terjangkau.

ktm duke 200
ktm duke 200

Nah… Orang-orang ktm tentu tidak bodoh, sekelas suzuki saja rempong soal rumor harga sparepart, gimana merk eropa? Untuk mensinkronkan target jualan massive, maka masuk akal dan seharusnya berharga terjangkau. Nggak masuk akal kalok ingin jualan banyak, tapi harga filter udara atau filter oli 400 ribuan….. Ingat…. Bajaj-ktm nggak bodoooohhh….

Soo…..bagi yang masih galau soal mahalnya biaya perawatan ktm duke 200 atau rc series, wait n see saja…semua akan terjangkau pada waktunya…. CATET OMONGAN Lambe Jaran Saya…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Silahkan Beropini