Kisruh APM KTM….Bajaj Banget

bajaj-ktm-kawasaki
suzuki
bajaj-ktm-kawasaki
bajaj-ktm-kawasaki

Yola dulur yang budiman….kalau sebelumnya kita disajikan info menggembirakan tentang harga motor ktm, kini kita dijamu dengan info yang membingungkan. Terjadi saling klaim siapa yang paling berhak menjadi apm, agen pemegang merk motor ktm, yang otomatis akan berpengaruh ke jadi tidaknya harga lebih terjangkau merk ktm. Kalok deka amati sih, ini tipikal bajaj banget.

Deka awalnya juga tidak mengira kalok bakal terjadi gesekan ditubuh agen KTM. Kirain sudah deal-dealan dari awal, ternyata belum. Sebelumnya motor ktm hadir melalui agen ktm yang mewakili ktm austria. Jelas agen ini mengajukan diri menjadi agen penjual di marih ke ktm austria. Agen ini bermain secara ekslusive dimana bandrolnya mewakili motor premium. Untuk detil harganya silahkan cek lagi di artikel ktm kemarin.

Setelah itu terjadi perkawinan antara bajaj dengan ktm yang melahirkan duke series cc kecil dan rc series. Awalnya dijual oleh agen ktm disini, karena BAI sedang proses tutup di marih. Padahal diler-diler bajaj kepengen jualan itu motor duke. Bahkan sudah mulai dijual walaupun mengambil dari agen ktm indonesia ( nggak usah disebut perusahaannya ). Gimana tidak, deka sempat mencoba menaiki duke 200 di diler bajaj kok waktu itu. Para diler-diler bajaj yang ingin jualan ktm duke untuk menggantikan motor bajaj sebenarnya sudah kompak ingin menego ulang ke bajaj-ktm india. Entah melalui BAI (walau tutup, bai tetap ada dan beroperasi) atau langsung akses ke india deka tidak tahu. Nah disitulah kerumitan mulai terjadi dimana ada cinta segitiga antara bajaj-ktm-kawasaki.

Kisruh memang kental dialami oleh bajaj india. Bagaimana kisruhnya para investor lokal yang membuat jaringan diler di tiap daerah ditinggal begitu saja. Padahal merekalah yang memberanikan diri menanamkan modal untuk memperluas jaringan sampai daerah-daerah sejawa, bahkan nasional. Hanya karena ambisi, asumsi para petinggi bajaj india yang mengira kalau dipegang oleh kawasaki, maka penjualan bajaj akan terkerek karena kena imbas brand image kawasaki yang bagus… Dan hasilnya nol besar… Sudah mengorbankan jaringan yang sudah mapan demi harapan yang tak jelas prosesnya.

ktm_bajaj-1024x621.jpg

Begitu juga dengan kisruh ktm sekarang ini…. Pihak bajaj-ktm belum menyelesaikan deal-dealan dengan pemegang merk ktm di sini sebelumnya, tapi sudah bikin deal baru dengan new investor. Deka yakin alasannya sama dengan saat awal-awal gabung kawasaki. Bajaj ingin penjualan yang masive di marih, potensi besar konsumen motor di Indonesia. Apalagi ktm duke series dan rc series yang dibuat dan dipasarkan di india oleh bajaj. Ktm austria hanya fokus di pasar moge, tapi ikut menikmati keuntungan penjualan motor kecilnya oleh bajaj.

Dengan nama ktm, otomatis bajaj akan lebih mudah menarik kepercayaan publik motor dimarih yang sempat dikecewakan oleh bajaj dulu. Merk ktm begitu menyilaukan, apalagi dibandrol terjangkau. Itulah pertimbangan bajaj kerjasama dengan investor baru, dimana spreading masive tidak akan tercapai oleh agen ktm sebelumnya yang memasang harga premium. Apalagi jika didukung dengan bentuk ckd, maka harga atau keuntungan lebih positif.

ktm duke 200
ktm duke 200

Kalok deka prediksi, dengan investor Indonesia yang baru ini, spreadingnya akan lebih cepat, karena strateginya lebih populis…mengurangi keuntungan, tapi kuantitas ditambah. Perkembangan diler-diler nya akan lebih cepat daripada agen lama yang eksklusive. Bagi deka, atau publik motor lainnya terserah saja siapa yang bakalan mewakili ktm bajaj, yang penting motor ktm menjadi lebih terjangkau. Serta tetap mendirikan pabrik perakitan, yah…nambah-nambah serapan tenaga kerja lah.

Namun seyogyanya, pihak bajaj india harus merubah tabiat buruk mereka yang mudah merubah plan, rencana, strategi tanpa memikirkan pihak yang sebelumnya kerjasama. Lebih baik libatkan orang lokal yang paham karakter dan kearifan lokal pasar Indonesia. Dan itu harus dimulai dari penyelesaian kisruh agen ktm sekarang. Tinggal libatkan pihak ktm austria yang memberikan ijin agen lama jualan di sini. Bagi-bagi penjualan, dimana agen lama menjual produk asli ktm austria ( moge ) , sedangkan motor yang diproduksi bareng bajaj, dipegang oleh agen baru…. Semua harus jelas dulu, baru silahkan nikmati gurihnya konsumen motor di marih….

Semiga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

4 Komentar

  1. betul betul betul….
    mimpi indah itu baru saja mau dimulai, eeeehhh si emak keburu nyiram air seember…. ya jd bangun lg qta… hahaha

Silahkan Beropini