Bajaj Satu Atap KTM Jualan Bareng? Info Lama Yang Memanas Kembali

bajaj-ktm-kawasaki
suzuki
bajaj-ktm-kawasaki
bajaj-ktm-kawasaki

Yola dulur yang budiman…. beberapa waktu yang lalu, kita sempet mendengar kalok pabrikan indihe, bajaj akan berkolaborasi satu atap sama kongsinya ktm untuk berjualan bersama. Bahkan info terkini, bajaj ktm akan membuka pabrikan di marih. Sebenarnya info ini sudah deka ketahui lama banget, dan kini mulai panas kembali.

Deka bilang lama banget karena info ini deka peroleh di tahun 2012, atau 4 tahun yang lalu. Percaya silahkan, nggak ya deka maklumi karena nggak ada bukti sahihnya. Namun kala itu deka belum ngeblog, dan info ini jadi pembicaraan mengasyikkan antara deka dengan mbah bons pengasuh bonsaibiker.com.

Infonya, waktu itu deka sedang servis kibagong, pulsar 180 di diler tuparev cirebon yang kini sudah almarhum. Waktu itu juga sedang heboh-hebohnya info kalok Bajaj akan cabut dari Indonesia. Untuk menenangkan konsumen, seorang sales manajer bilang ke deka, tenang saja… BAI masih ada, cuma nggak jualan motor bajaj melalui diler bajaj. Kemungkinan akan menggandeng mitra baru kawasan asean ( terpilih kawasaki ).

Kemudian deka nanya, ” lha terus nanti dilernya pada tutup dong?”. Kita sebenarnya tetap ingin jualan, tapi jika kita nggak bisa jual motor bajaj, maka kita usahakan jualan motor KTM ( waktu itu lagi heboh duke 200 ). Lho…terus diler asli KTM nya gimana dong? Deka waktu itu bertanya kembali. Semua memang sulit melangkah karena grusa-grusunya keputusan di atas, padahal ktm dan bajaj kan satu induk, namun rumor yang kita peroleh, bisa jadi kedepannya menjadi satu atap.

ktm duke 200
ktm duke 200

Kemudian si manajer sales tersebut menyinggung soal gagalnya pabrikan bajaj membangun pabrik dimarih. Info yang terangkat karena target penjualan yang belum tercukupi untuk membangun sebuah pabrik. Namun doi membisikan ke deka kalok sebenarnya masalahnya adalah birokrasi di atas yang berbelit-belit, susah mendapatkan ijin serta pungli lapangan yang ganas. Kalok saja jalinan hubungan bajaj dan ktm makin intens, harusnya bisa satu pabrik mas… Si manajer tersebut nerocos ke deka sambil makan bakso. Lha ini ada rencana ktm mau buka pabrik di India, menggunakan resource-nya bajaj ( dan kini terbukti ).

Kemudian, sekitar 2013-2014 deka juga ngomong ke mbah bons, kalok bajaj pengin kembali jualan di marih, namun trust sudah hancur berkeping-keping karena kabur jualan. Untuk itu bisa jadi akan kontak kolega lamanya, yaitu ktm untuk berkonsiliasi jualan bareng.

Dari puzzle-puzzle masa lalu tersebut, ternyata sekarang mulai terbukti dengan info yang 90% bakalan terjadi. Pabrikan Bajaj-ktm akan membuat pabrik perakitan bareng di marih sehingga bisa menekan harga jual, khususnya ktm yang sampai sekarang masih dalam bentuk cbu. Kalok bajaj sendiri, tentu secara harga jual akan turun walau tidak berkesan wow seperti produk ktm. Bajaj hanya ingin mengembalikan trust, memberikan bukti kalok kali ini bener-bener serius dengan cara membuka pabrik. Untuk memudahkan jalan tersebut, nama ktm bisa sebagai jembatan penyeberangan.

ktm rc-series
ktm rc-series

Produk bajaj akan disandingkan bersama ktm yang secara brand lebih bergengsi. Kalok ktm- nya laku karena harga terpangkas jauh dari versi impornya, gimana bajaj bakalan kabur lagi? Kan pabriknya sama, bajaj ktm kan satu rumah…. Mungkin ini yang akan dibilang oleh pihak bajaj….. So…bagaimanapun dengan pembangunan pabrik di sini lebih banyak prospeknya karena bandrol harga bisa bersaing ama motor jepang.

Bayangkan saja, andaikata, bilamana bajaj ktm rc200 seharga 35 juta? Ya deka bisa nangis sambil goyang ndangdut to ya….. ” sayaaang….. Minta anggaran 35 juta yua…. Motor ktm rc 200 ngeropah  style sudah terjangkau nih…. Ijinkan ayah piara motor sport lagi yuaaaa?? ” XD XD …..

Dan yang kartel, bakalan gathel…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

2 Komentar

Silahkan Beropini