Tol Batang-Semarang Mulai Digarap

suzuki
tol batang
Foto diambil di desa Kedawung, Banyuputih, Kabupaten Batang

Yola dulur yang budiman….. info dadakan yang tak berhubungan langsung dengan dunia motor, tapi menarik nih. Deka mendapatkan info kalau saat ini, jalan tol yang menghubungkan kota batang dengan semarang sedang serius digarap.

Info ini menarik karena berhubungan dengan kemacetan di pintul tol exit brebes, atau bahasa kerennya brexin di arus mudik lebaran kemarin. Menurut info yang deka terima, awalnya pintu tol brexit sebenarnya bukan rencana awal muara dari tol jalur mudik tahun ini. Sebenarnya akan diberlakukan seperti tahun lalu saat tol brebes belum jadi, namun dijadikan jalan alternatif. Nah tahun ini, mau digunakan tol pemalang yang sudah mulai dibeton. Namun saat uji coba memakan korban mobil terguling, sehingga dinyatakan tidak aman.

Tol brebes sendiri merupakan bagian dari rencana tol trans jawa pantura, mulai dari tol merak, yang akan berakhir di banyuwangi. Pengerjaannya sendiri dilakukan spot by spot. tol brebes sendiri akan disambung ke pemalang, kemudian disambung lagi sampai batang dan semarang. Kemudian mengarah ke salatiga, boyolali dan solo, dan kalau tidak salah disambungkan sampai surabaya.

tol batang1

Kembali ke tol jakarta-semarang, kali ini belajar dari pengalaman macet seram di brexit, pengerjaan tol batang semarang dikebut, dan diharapkan lebaran tahun besok sudah bisa dipakai. Saat ini pengerjaan ruas Tol Batang – Semarang yg berjarak 75km baru dalam proses Cut & Fill, sebagian lagi dalam proses pembebasan lahan.

Ruas tol ini terdiri dari lima seksi, yakni
– seksi I Batang-Batang Timur sepanjang 3,5 kilometer
– seksi II Batang Timur-Weleri sepanjang 33,84 kilometer
– seksi III Weleri-Kendal sepanjang 14,65 kilometer.
– seksi IV Kendal-Kaliwungu sepanjang 12,10 kilometer
– seksi V Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,05 kilometer.

tol batang2

Bilamana kita melawati akses tol batang-semarang ini, maka nantinya kita tidak akan melewati lagi tanjakan legendaris di alas roban, sebelah timur batang dan berbatasan dengan weleri. Padahal kalau deka lewat tanjakan tersebut, punya sensasi sendiri…. ada rasa “prinding” yang jika lewat, perasaan lega hadir.

Semoga lekas selesai, sehingga bisa mengurangi resiko macet saat mudik, dan yang jelas mempermudah akses perniagaan.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

2 Komentar

Silahkan Beropini