Darmogati Sang Pakar Oli

sipiter dan oli diesel
suzuki

Yola dulur yang budiman…..sudah lama kita tak berjumpa dengan tokoh imajiner Darmogati. Maklum saja karena deka sekarang banyak beraktivitas di bogor, jadi jarang kontak dengan tokoh gemblung satu itu. Saat deka balik ke cirebon kemarin, deka bertemu dengan cah gemblung tersebut. Ada yang sedikit beda dengan darmogati sekarang, sering banget ngomongin soal oli motor. Dari temen-temennya, darmogati pengin dianggap sebagai pakar oli.

sipiter  dan oli diesel

Saat ada kesempatan ngobrolin motor, maka darmogati akan menghubungkannya dengan oli. Motor kurang performa, maka dia mengklaim olinya nggak cocok, coba pakai oli rekomendasi darmogati, bakalan naik performanya. Motor ada yang rusak, maka akan digiring bahwa pemakaian olinya ngga bener. Getol bener orang satu itu ngebicarain oli. Dari info bisik-bisik sih darmogati barusan ikut grup fb yang ngebahas tentang per-oli-an. Darmogati dianggap baru lulus dari universital google, karena seringnya mencari literatur dari mbah gugel XD .

Bahkan ketika deka menulis artikel oli mobil atau oli diesel untuk motor, doi langsung memaki-maki deka. Katanya deka melakukan pembodohan tentang dunia pelumasan. Menurut ilmu yang dia peroleh, oli yang paling cocok untuk motor itu ya oli bawaannya. Alasannya semua sudah diuji dan diteliti sama profesornya. Kemudian doi nyerocos soal sae, api, jaso, etc yang intinya nggak sepakat ama artikel deka. Saya sendiri sih nggak masalah kalo doi nggak sepakat, lagian deka paham betul dengan sikap doi. Kalo pas dapat ilmu baru, semua akan digurui, alasannya menyebarkan ilmu walau satu ayat saja XD .

Begitu juga saat deka kasih gratis oli diesel sae 15-40 api CI4/SL yang deka gunakan selama 1 tahun di sipiter dan motor tetap semut. Doi komentar balik, ” deka…. oli pemberianmu manteb sekali. Puas gue makenya….. buat ngelumasin engsel pager…. NGOAHAHAHA…….”. Ya udah deka kapok ngasih gartisan lagi buat bocah gemblung tersebut.

Kemudian polahnya berlanjut saat sohib Kartomarmo mengeluh motor supra empritnya bunyi ngik-ngik-ngik-ngik di sektor ban depan. Oleh darmogati langsung divonis salah pakaian pelumas. Menurut ilmunya, itu harus menggunakan oli kental tapi mengandung molybdenum sebagai anti friksi, sehingga suara akan hilang dengan sendirinya.

Saat deka tanya langsung ke kartomarmo hasilnya seperti apa? Doi menjawab, ” Saya dengan sukses besar nyungseb ke sawah pinggir desa Bro… “. Saya bertanya, ” emang kenapa?”. ” Lha gimana nggak nyungsep, lha wong sumber bunyinya itu dari kampas rem depan yang seret… memang setelah ngikut petunjuk darmogati, gua kasih oli molybdenum tuh kampas, suara ngik-ngik ilang, ban mutar lancar… tapi ya itu…. Rem jadi blong… keparat emang darmogati… ” cerocos kartomarmo.

Nah… begitulah kalau nurut bocah koplak yang baru sepenggal dapat ilmu, tapi udah merasa seperti pakar oli….. enaknya cekokin aja pakai oli gardan sae 90……

Salam enteng-entengan

Semoga menghibur

 

8 Komentar

    • Aman…. Tp rata2 produk shell viscosity improvernya tinggi, vi tinggi tp kalah longdrain dibandingkan mobil atau pertamina.. Coba pakai castrol magnatec 10-40…

Silahkan Beropini