Opini : Penyebab Kurang Moncernya Yamaha R-1 Di WSBK

Pata Yamaha R-1

Yola dulur yang budiman… pertama-tama deka sampaikan kalau artikel ini temanya sebuah pertanyaan, bukan konklusi. Deka sendiri bukan expert permesinan, hanya tertarik terhadap dunia permesinan motor. Sekarang kita akan bahas motor Yamaha R-1 yang belum moncer di ajang WSBK.

Pata Yamaha R-1
Pata Yamaha R-1

Ya…. YZF R-1 yang digadang-gadang sebagai motor jalanan yang paling mirip sensasinya dengan motor motogp M-1, di ajang balap WSBK malah mengkeret belum keluar tajinya. Sebenarnya hal yang wajar karena ini adalah comeback tahun pertamanya yamaha di ajang ini. Apakah jargon sensasi M-1 di R-1 itu boongan…. Jawabannya TIDAK…….

Kenapa deka bilang tidak? karena untuk ukuran default pabrikan, motor ini memang sangat mengasyikkan dan sensasinya memang seperti motor balap sungguhan….. ini bicara penggunaan di jalan raya, bukan sirkuit ( minimal seperti itu yang dibicarakan banyak media luar negeri , MCN kalo boleh nunjuk 1 medianya ).

Terus kenapa jika bicara ajang WSBK kok R-1 masih mengkeret? Well… yang perlu diingat dipikiran kita, bicara ajang balap sirkuit sekelas WSBK berarti kita bicara : How Fast is 0,5 second? Ya…. selisih 0,5 detik saat melahap trek sepanjang minimal 2 km……. hanya selisih 0,5 detik ditiap 2 km.Β Di ajang balap seperti WSBK sangat berpengaruh… karena sama saja menang 0,1 detik dengan 20 detik….. winning is winning.

Berbeda sekali dengan penggunaan jalan raya… selisih 0,5 detik untuk tiap 2 km berarti sama saja…. performa nyaris sama karena nggak ada efek signifikan. Itulah yang terjadi di yamaha R-1 dan R-1M… di trek jalan raya, motor yang sangat unggul ( bukan member motuba XD ) . Merajai di tahun 2015 kemarin, walaupun di 2016 ini ninja ZX10R diupgrade gila-gilaan dan mampu melampau R-1.

michael dunlop R1 yamaha
michael dunlop R1 yamaha

Terus apa permasalahan R-1 kurang moncer di WSBK? Hmm…. kalo deka boleh beropini, sumber masalahnya karena karakter mesin R-1 itu sendiri. Karakter yang seperti apa?…… DOHC with RRA….. Sebentar… sebentar…. tenang dulu…. kenapa deka bicara seperti itu? karena kondisi ini dialami juga oleh BMW S1000RR…. mesinnya? DOHC with RRA.

Lha emang penguasa WSBK kali ini nggak pakai RRA? jawabannya tidak…. mereka murni direct dohc di motor kawasaki zx1000R, ducati, bahkana CBR fireblade. Penguasa WSBK sekarang rata-rata masih memakai mesin direct DOHC…. tanpa RRA. Kenapa itu bisa terjadi? sebenarnya deka punya jawaban, namun berhubung “titel” akademis deka bukan bagian tehnik, maka monggo bagi dulur yang bisa bantu jawab untuk share di kolom komentar saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

15 Komentar

Silahkan Beropini