Istilah-Istilah Blogger Yang Pernah Muncul Dan Bikin Ngakak

Yola dulur yang budiman…artikel enteng-entengan lagi. Membicarakan blog, tentu tak lepas dari blogger itu sendiri. Deka awalnya cuma sebatas pembaca blog dari tahun 2010, kemudian ditulari oleh mbah bons, pengasuh bonsaibiker.com agar mau menuangkan ide di halaman wordpress. Nah… dari mengikuti blog selama 6 tahun ini, deka mendapati istilah-istilah blogger yang pernah beredar, baik di kolom komentar atau medsos. Dan arti dari istilah-istilah tersebut membuat deka ngakak XD .

ilustrasi-pengunjung-blog_663_382

Pertama-tama artikel ini hanya sebatas guyonan ringan, hasil percakapan dengan teman deka, seorang pembaca blog motor, tanpa merujuk ke satupun nama blogger. Mungkin saja istilah blogger tersebut tidak ada pelakunya, hanya sebatas istilah dan tak ada yang tertuduh. Mari kita mulai istilah-istilah blogger tersebut.

Blogger idealis
Menurut pemahaman deka, istilah ini merujuk ke blogger yang dianggap ngeblog berdasar passion, tidak terikat dengan golongan manapun, punya aturan sendiri tanpa ada pengaruh dari luar. Tidak punya kepentingan apapun kecuali ngeblog itu sendiri. Blog tidak dimonetize, bahkan wordads aja ngga. Bener-bener freedom of speech.

Blogger prejudice
Blogger yang selalu memandang situasi berdasarkan prasangka, semua serba salah dimata blogger jenis ini. Dikit-dikit kontrasepsi eh konspirasi.

ilustrasi-blog

Blogger senior
Jenis ini merujuk ke blogger yang sudah bermain diatas 5 tahun, mereka adalah perintis trend ngeblog, dan menjadi panutan atau acuan blogger-blogger setelahnya. Mereka punya karakter kuat di cara penulisan.

Blogger newbie
Kebalikan dari blogger senior, baru ngeblog 1 tahunan, kondisinya masih mencari bentuk. Kondisi ini kadang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan apprentice, kaderisasi menambah jumlah anggota komunitas untuk menguatkan posisi tawar seniornya. Biasanya sering menggebu-gebu, tapi masih gampang ejakulasi dini.

Blogger kondang
Blogger yang punya hits tinggi, terkenal, punya akses dan bargaining posisi kuat, artikel melimpah, keberadaannya sangat diperhatikan oleh pabrikan. Sering diundang oleh pabrikan besar, penggemarnya banyak, dan punya senjata kamera segede gaban.

Blogger kondangan
Ngga ada korelasinya dengan blogger kondang. Blogger ini ngeblog, mencari info dengan modal sendiri, mereport sendiri, akomodasi memakai biaya sendiri. Ngeblog bukannya menghasilkan tapi malah no return of investment XD . Seperti pergi kondangan, ngasih sumbangan amplop ke penganten …. deka tunjuk jari untuk golongan ini.

Blogger ecek-ecek
Berkebalikan dengan blogger kondang. Hits sedang, cenderung rendah, akses berita minim, sedikit posisi tawar, penggemar nggak banyak, artikel ngikut trend blog kondang, nggak dilirik oleh pabrikan, tapi kadang masih ada yang dibanggakan… Kameranya nggak kalah ama blogger kondang… gedhe…. XD . deka bisa dimasukkan ke golongan ini walau nggak punya kamera DSLR.

Blogger papan atas
Sama artinya dengan blogger kondang, cuma dilihat dari sudut pandang antar blogger dan hubungannya dengan akses berita ke pabrikan dan akses berita lainnya, prioritas utama diundang oleh sumber berita. Ibarat kualitas oli, kelas toptier….

Blogger papan bawah
Nasibnya 180Β° dari blogger papan atas, alias kebalikannya. Disini deka bisa menjadi tertuduh…

blogger papan triplek
Sama saja dengan diatas… Contoh aktornya juga sama XD .

Blogger papan penggilesan
Ini blogger sungguh MDS, masa depan suram, udah hits minim, artikel copas, nggak punya penggemar, setiap bikin artikel malah dibully oleh pembacanya sendiri. Modal maksimal hanya kamera pocket atau bahkan kamera hp. Bikin artikelnya numpang wifi gratis lagi… XD … Kembali deka menjadi tersangka utama.

Blogger dolariyah
Blogger yang mengejar hits setinggi mungkin demi mendapatkan dular dari adsense dengan membabi-buta. Artikel kadang kontroversi, nggak peduli dengan efek dari artikel yang ditulis. Makin heboh makin oke, yang penting hits tinggi, dular mengalir deras… Sayang, sekarang program wordads sedang sekarat…

Blogger istiqomah
No komen…. karena berhubungan nama seorang pejabat tinggi pabrikan… Yang penting manut… Ngikut dibelakangnya dijamin lancar .

Blogger jemuran
Mengacu ke blogger yang getol ngejemur link blognya ke blog-blog lain, media sosial seperti facebook, ngikut grup facebook banyak. Setiap ada kesempatan njemur, njemur sepuasnya walau nggak ada hubungannya dengan thread… Komen nggak afdol tanpa jemuran, kemana-mana bawa jemuran… Udah kebal ama kritik πŸ˜€ . Soal ini, deka termasuk yang terjangkiti, walaupun belum stadium kronis… paling juga akut intermitten… πŸ˜›

Blogger bermajikan
Merujuk ke blogger yang dibelakangnya ada beking kekuatan besar. Artikel tergantung kepentingan majikan, namun blogger berhak memilih mana yang akan dijadikan majikan. Majikan nggak nguntungin, tinggal ganti majikan lain.

Blogger ternakan

Blogger yang dipelihara oleh kelompok tertentu untuk menyebarkan propaganda mereka. Corong pabrikan.

amplop

Blogger amplop

Blogger yang mengharapakan amplop ( plus isinya ) dari sumber berita saat meliput berita, atau saat diundang oleh sumber berita.

Blogger prabayar

Blogger yang minta bayaran dulu sebelum membuatkan artikel kepentingan dari sumber berita, biasanya instansi pabrikan.

Blogger pascabayar

Mirip dengan yang diatas, tapi bayarannya dibelakang…. siapin no. rekening ya…. XD

Part time blogger

Blogger paruh waktu, ngeblog kalau sempet dan punya mood, kadang sehari bisa banjir artikel, suatu waktu jadi babar blas…. blonk koponk tanpa artikel berbulan-bulan. Maklum “sektor riil”nya masih perlu diperjuangkan. Kembali deka menjadi tersangka utama.

Wartawan partikelir

Nah ini istilah yang deka sukai. Seperti halnya detektif partikelir, alias detektif swasta. Menyelidiki sebuah kasus saat ada pihak yang menyewa, bekerja profesional sampai pihak penyewa merasa cukup dan kasus selesai. tarif tergantung deal-dealan di awal…. bagaimanapun juga detektif juga butuh makan. Nah wartawan partikelir itu seperti apa? ya tinggal ganti kata detektif menjadi wartawan.

Itulah istilah-istilah blogger yang bikin deka ngakak, bahkan saat membuat artikel ini, sempat terhenti berkali-kali karena cekikikan sendiri. Dan ingat, ini tidak mengarah ke satupun blogger atau blog. Jadi jika ada komentar yang menyebut atau menuduh baik blogger atau blog dan mengaitkan dengan istilah tersebut, maka dengan terpaksa deka akan hapus.

Salam enteng-entengan
Wassalamualaikum

29 Komentar

  1. blogger jemuran yg paling kronis itu ya jelas si boTIIIITTTT.. tak terbantahkan!! kmanapun bwa jemuran… yg ada d pkiranya cm “mau njemur dmn lg ini” syangnya sy gk pernah nyolek jemuran dia…bhihihiii…bentar lg orangnya nongol..mllaayuuuu…

Silahkan Beropini