TVS Patenkan Transmisi Semi Otomatis Model Saklar

suzuki

Yola dulur yang budiman….info dadakan dari pabrikan motor terbesar ke-3 di India, TVS. Pabrikan yang walaupun di sini penjualannya masih memprihatinkan, namun di pusatnya sono terus melakukan inovasi. Kali ini mengnai transmisi semi otomatis menggunakan sejenis tombol yang akan diterapkan di motor-motor mereka.
image

Diinfokan bahwa tvs sedang proses mematenkan inovasi mereka, yajtu sistem pemindahan transmisi motor mereka menggunakan sejenis tombol di handle bar. Yang dulur perlu ketahui, biasanya pemindah transmisi kan menggunakan pedal shifter di kaki.

Nah, temuan tvs ini menggunakan transmisi semi otomatic seperti umumnya moped atau motor bebek, namun sistem pemindah transmisinya menggunakan sejenis dinamo motor, yang disalurkan melalui kabel ke arah tombol stang. Jadi mindahin giginya melalui jari tangan, model up and down. Hampir mirip dengan sistem transmisi mode sport di mobil metik. Untuk yang pernah memakai maka akan paham dengan apa yang deka maksud.

Sistem ini sepertinya beda dengan sistem clutcless gearbox yang sebelumnya tvs pamerkan. Sistem pemindah transmisi model tombol ini, diklaim akan menghemat waktu transmisi daripada menggunakan model shifter, lebih praktis, dan mengurangi resiko slip kopling. Jadi akan menhemat bbm antara 2-5%. Kecil memang penghematannya, karena memang tujuannya bukan soal penghematan bbm, itu hanya sekedar bonus tambahan.

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

gulf oil

10 Komentar

  1. smoga big scooter tvs entorq210 sgr rilis dan diproduksi dmarih..hrg 11-12 sm n max yakin bkln laris…bntuk keren teknologi ok…ayo tvs buktikan nt ga kek bajaj yg gd nyali jualan dimarih…

  2. bebek super tvs raptor 180…tvs akula (kalo bs 250 biar hrg msk akal) smoga rilis jg…si ganteng raptor sayang bgt klo cm konsep…go tvs..go

  3. maap lek,tambahan..kalo ndak salah pernah baca di Mplus,dulu..dulu bianget..ntah jaman kapan..pabrikan lokal kanzen jg dulu pernah riset jg,makenya dinamo starter..dan jg dual bahan bakar,pke elpiji 3kg..tp sayang….keburu kolaps..

Silahkan Beropini