MotoGP Losail 2016, New Rules….Same Old Story

suzuki

Yola dulur yang budiman….. mengikuti seri pembuka kampanye motogp musim2016 yang start di sirkuit losail Qatar tadi malam, seperti kurang greget. Lebih greget sandiwara sebelum lomba, malahan. Sebenarnya ada yang agak beda juga sih, namun secara umum masih same old story walau sudah ada new rules. Aturan-aturan baru, tapi hasilnya masih sama dengan cerita-cerita sebelumnya.

losail 2016 start

Hasil lomba sendiri sudah diketahui bahwa Lorenzo sebagai pemegang pole melanjut menjadi kampiun disusul pembalap ducati, Dovizioso dan Marquez pengisi podium akhir. Hasilnya sedikit melenceng dari perkiraan deka, kirain podium akan berisi antara lorenzo, ianonne, dan rossi, dilanjutkan marquez, dovi, dan vinales. Yang membuatĀ  manggut-manggut adalah aksi Marquez dengan asimo tersunatnya.

Seperti dugaan sebelumnya, RCV masih kuat di losail, walaupun otak-nya sudah disunat. Hal ini sesuai prediksi sementara deka bahwa balapan malam hari sedikit pengaruhnya terhadap aturan baru yang termasuk revolusioner di balap motogp, unified ECU, software, dan ban michelin. Seperti dibahas kemarin, aturan baru akan nampak perbedaannya dibandingkan musim-musim sebelumnya jika balapan dilakukan di siang hari.

Hasil lomba menunjukkan seperti itu, rombongan depan tetap berisi pembalap dan team itu-itu saja, sama seperti sebelum aturan baru diberlakukan. Namun ada yang sedikt beda, yaitu jarak antara pembalap terdepan dengan rombongan paling belakang tidak kurang dariĀ  60 detik ( CMIIW ) sampai garis finish. Ini menurut deka hasil paling nyata dari aturan baru tersebut. Di rombongan depan juga hampir sama, jarak antar pembalap nggak jauh-jauh amat. Yang biasanya Lorenzo ngacir jauh d depan, kemarin hanya selisih 1 detikan dibandingkan pembalap belakangnya, jarak antara podium 3 dengan urutan 4 juga 1 detikan.

 

Balapan menarik di motogp terbuka lebar terjadi sesuai harapan pembuat aturan baru jka dilakukan siang hari. Dan itu semoga saja akan terjadi mulai seri berikutnya, karena balapan akan berlangsung di siang bolong sampa seri terakhir. Drama-drama seru semoga terjadi, sehingga motogp rama tidak hanya saat balapan, tapi cerita setelah dan sebelum balapan tidak kalah menariknya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

Silahkan Beropini