Dynotest Sonic VS Satria FI USR, Kala Jin Mencoba Bikin Kesurupan

Yola dulur yang budiman….. mengikuti gonjang-ganjing uji test sonic fi vs satria fi ala ultraspeed yang beredar di media, deka ngikik ora uwis-uwis. Bukan soal hasil, bukan soal alat, bukan soal keprofesionalan mereka. Tapi efek yang ditibulkan setelah data di sebar melalui media yang bikin gigi deka garing.

dyno-ultra-speed satra sonic

Ya… hasil uji dynotest milik USR memang tampil beda, gimana tidak? selama ini uji dyno yang sudah dilakukan oleh pihak-pihak lain menghasilkan angka bahwa satria FI unggul secara performance, baik torsi maupun powernya. Hal ini linier dengan data on papper pabrikan bahwa secara oncrank satria fi unggul secara signifikan dibandingkan sonic.

Uji di atas aspal juga sudah banyak dilakukan, dari test sirkuit oleh tester, atau uji jalan umum. Bahkan ditest sendiri oleh calon konsumen secara langsung, dan di lakukan di banyak tempat. Dan hasilnya sama saja….. linier dengan data on crank versi pabrikan masing-masing, satria menang dari sudut pandang performance.

Lha ini mak bedunduk muncul angka yang menunjukkan sonic unggul dibandingkan satria. Uji dyno versi ultraspeed menghasilkan angka sonic mendapatkan angka peak power [email protected] peak torque [email protected] Sedangkan satra fi mendapatkan score peak power [email protected], dan Peak torque [email protected]

dyno-ultra-speed-2

Geger lah dunia maya….. tapi bukan geger mengiyakan, sebagian besar geger mempertanyakan kebenaran uji tersebut. Alat uji dyno memang akan mengeluarkan angka yang berbeda-beda tiap alat. Karena angka yang keluar tergantung oleh banyak faktor. Namun kalau dua motor yang secara performance berbeda dan di uji di alat dyno manapun, kalau salah satunya lebih unggul maka di uji pakai alat dyno apapun akan menunjukkan hal yang sama, walau angkanya berbeda.

Lha ini kok menunjukkan kebalikannya? sudah angkanya berbeda, hasilnya juga berkebalikan dengan uji-uji yang lain? sonic unggul dibandingkan satria? yang jelas deka nggak akan bilang alat dyno-nya rusak. Percuma juga mempertanyakan kevalidan alat atau kepandaian para pelaku uji. Tapi apakah kita juga akan mempertanyakan kevalidan hasil uji sebelumnya yang banyak dilakukan baik di atas mesin dyno maupun uji di atas aspal secara langsung? dan itu jauh lebih nyata, karena sifatnya lebih masive, riil……. berjarak lebih dari 1 body bus luragung jaya.

dyno-ultraspeed2

Di lain kasus, masih ingatkah dengan korupsi pajak oleh Gayus? dia orang pandai baik menajemen ekonomi atau perpajakan. Alat komputer yang digunakan juga sama dengan yang lain. Tapi kenapa pajak yang diterima oleh negara berbeda kalau diaudit oleh Gayus? ilmu sama, mesin sama, tapi hasilnya beda…… Think again……

Semoga bermanfaat

Wassalamualakum

 

29 Komentar

  1. ane mahh gk anehh kg, malah bilang pasti hasilnya sperti itu.. lah wong USR itu bengkelnya honda, di situ motor selain brand H pasti kalah tiap di uji sma H..
    yg gk percaya knp byk yg ragu sama hasilnya monggo cek fp USR, kliatan bget bela sayapp
    syang yah pabrikan sbesar itu bukannya memperbaiki kwalitasnya, ehh malah main kotor dan mempermalukan diri sendiri..

  2. Dari dulu udah biasa ahm pke data kibul” dari mulai ngibulin konsumen ngibul di iklan..
    Gimana ga pake data kibul..
    Dstribusi dari 9000 unit 8000 7000 tinggal 1.910 unit sajahhhh…
    Tuh di situs oLx. Bijubun iklan sosis ji dual masih kinyis” km rendah motor belum 1thn sudah pada di jokul? Si empu kecewa?

  3. Yg d plug n play performance katanya udh ganti gear ya?? Mw nanya emg kalo udh ganti gear naiknya brp Dk?? Ane kurang vaham soal dyno2an

  4. yg namanya motor masal naikin 1HP ajh susah bget bro.. ganti knalpot, open filter ajh lom tentu bisa klo elektronik masih standar, lagian pernah jg di dyno RAT MOTOR.. dan hasilnya sama dgn dyno PNP hnya beda di koma.. yg jelas kliatan pas uji rill oleh otomotif satria slalu di depan ..topspedd kondisi standar jg jauh mninggalkn sonic

    • Betul, lagian beda fufi dgn fu lama cuma venturi dr 28 jd 32, injeksi dual hole klep gajah, pipa 3 step, profil noken as, radiator, bentuk piston + ring, sm filter gede
      Itu doang bedanya. Gamungkin tenaga bisa naik jauh

  5. Namanya anj*ng ya gk mungkin gigit tuannya yg kasih makan,,,ya pasti jilat2in lah,,, xixixi..mungkin tim sweaty hilang akal.

Silahkan Beropini