Ban Corsa Seri Platinum….. Enak Ternyata

sipiter ganti ban

Yola dulur yang budiman….. 3 minggu yang lalu, sipiter melakukan upgrade ban. Sebenarnya sih balik lagi ke ukuran semula, tapi secara dimensi, lebih besar1 tingkat. Lha kok? bentar….. nanti kita bahas bareng. Kalau mengikuti warung kecil ini, tentu akan bertanya, kok udah ganti? padahal baru 6 bulan yang lalu ganti ban? Hehehe… nanti akan terjawab, yang jelas deka ganti ban memakai corsa seri platinum kali ini, dan ternyata rasanya lebih enak.

Ya…. bulan Juli 2015 deka melakukan penggantian bankarena ban bawaannya hamil. Waktu itu deka menggunakan ban merk Corsa seri S123. Karena ukuran standar jupiter mx yang 100/70 nggak ada, akhirnya deka memakai ukuran 90/90. Hasilnya secara dimensi sama saja, cuma posisi lebih nungging karena diameternya 2 cm lebih besar. Sebenarnya bukan itu masalahnya kenapa secepat itu umur ban S123 di sipiter.

Problemnya adalah compound ban yang sangat keras…… efeknya ban memang awet rajet….. kontur ban masih seperti baru walau sudah dipakai selama lebih dari 6 bulan, ketebalan diatas 90%. Saat musim kering efek negatif nggak terasa, fine-fine saja. Bahkan saat musim hujan saat riding stye komuter juga nggak masalah.  Efek negatifnya kerasa sekali saat menghadapi musim hujan atau jalan tanah dengan gaya riding agak kencengan dan miring-miring. Terasa sekali grip ban kurang menggigit.

corsa seri platinum
corsa seri platinum

Sampai akhirnya deka nggak tahan karena beberapa kali mengalami sliding saat menikung. Ini tanda kalau kemampuan ban tidak cocok dengan gaya riding deka. Akhirnya deka putuskan ganti ban ke toko langganan, Planet Ban di daerah Cilendek Bogor, dekat tempat tinggal. Setelah memilah dan memilih jenis dan merk ban, maka pilihan jatuh pada ban tetap merk Corsa, tapi beda seri. Kali ini pilihan pada seri Platinum yang secara harga lebih tinggi dibandingkan seri S.

Lagi-lagi ukuran ideal ban untuk sipiter nggak nemu, yang pertama walau seri platinum, tapi kode ban atau jenis kembangannya berbeda antara ban depan dan belakang. Lagi-lagi karena stoknya kosong. Ban depan menggunakan corsa paltinum R26 ukuran standar mx yaitu 70/90, sedangkan ban belakang menggunakan corsa platinum R99 ukuran 100/80, berbeda dengan bawaan pabrik yang 100/70, jadi lebih tinggi 1 cm dari default.

cairan antibocor
cairan anti bocor

Ban seri platinum dalah ban dengan compound medium dari pabrikan Corsa atau achiles untuk ban mobil. Pantas saja harganya lebih tinggi dibandingkan seri S yang keras.  Deka suka dengan ban corsa karena walaupun ukuran ban sama, tapi secara dimensi akan nampak lebih besar 1 tingkat dibandingkan ukuran yang sama merk lain. Contohnya ban ukuran 100, maka akan sama dengan ukuran 110 di merk lain. Entah itu standar corsa sendiri yang lebih besar, atau memang hanya nampak besar saja, deka nggak tahu.

Selain mengganti sepasag ban depan dan belakang, deka juga menambahi cairan anti bocor di tempat tersebut, biar lebih tenang saat suatu saat mengalami ban ketancep paku. Enaknya beli ban di Planet ban adalah bonusnya, dapat isi nitrogen dan bebas isi nitrogen selama 1 tahun diplanet ban cabang manapun. Apalagi nitrogen harus dicek tekanannya tiap 3 minggu sekali, lumayan menghemat uang jika dilakukan selama 1 tahun.

IMG_0707
sipiter dengan ban corsa platinum

Untuk rasanya, ternyata lebih enak seri platinum, maklum kompound medium, jadi lebih menggigit aspal. tentang rasanya, mungkin bisa diceritakan next artikel.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

23 Komentar

  1. Saya pake corsa ITU atos om… Beneran kata om…sliding mulu..
    Akhire pindah ke Mizzle M-028 (for dry and wet road) enak buat miring2 om saat kering atau ujan…gaa adaa sliding sm aekali

    Di bondowoso 90-80-17 (160rb) 😀

  2. Emang ane aja yg rasain atau gimana ya setelah baca artikel ini, ke planet ban lebih banyak nyediain ukuran ban gambot saaja, aku nyari ukuran standar bebek gaada, ke beberapa cabang pun begitu, dan parahnya minta tolong teleponkan cabang lain siapatau ada stok, sumpah dah gamau banget nanyakan doang -_-

  3. Betul kang. Ban corsa ane ganti pake swallow dg ukuran sama 100/80/18 kok kelihatan lbh kecil dari yg corsa yah
    corsa awet. Joz

  4. Ban platinum gw jelek series r99..kena pecahan kaca kecil karet nya melar..cairan anti bocor ga ngaruh…ujung2nya di tambal..parah msh mendingan mizzel..atw swalow

    • bro roni gimana rasanya make corsa planeto? mantap gak bro?
      katanya harganya terjangkau dan kualitasnya bagus ya bro, ksh review ke ane dong ganti corsa planeto di planet ban kek apa.
      niatnya nanti abs gajian mau ganti di planetban juga nih bro cuma msh nyari2 yg aman di kantong ane. 😀

1 Trackback / Pingback

  1. Siapa Mau Sepasang Ban Layak Pakai? | 78deka

Silahkan Beropini