Alasan Masuk Akal Bobot New CBR 150 Jauh Lebih Enteng Dibandingkan Versi Sebelumnya

Yola dulur yang budiman…..dari santernya pemberitaan new cbr150, ada beberapa hal yang menarik perhatian deka. Saking santernya pemberitaan, deka jadi bingung  untuk ikut ngebahas. Kalau hanya bersifat umum, sudah banyak disajikan, jelas power blog deka nggak akan bisa menyaingi blog papan atas, ntar pembaca blog kecil ini jadi bosen, itu-itu saja beritanya, apa nggak ada hal lain yang menarik untuk dibahas? Namun ada satu hal yang belum banyak diangkat, dan menarik untuk dibahas. Bobot new cbr 150 ternyata jauh lebih ringan dibandingkan versi sebelumnya.

honda-cbr150r-launching

Bobot new cbr 150 ini ternyata “hanya” 135 kg, padahal cbr versi sebelumnya selisih 8 kg lebih berat, mencapai 143 kg, selisih yang cukup signifikan untuk motor 150 cc. Bahkan jika dibandingkan dengan versi nakednya, cbsf tetap masih lebih ringan new cbr 150, tepatnya selisih 1 kg, bobot cbsf 136 kg. Padahal new cbr 150 hasrus menggendong “sarung” plastik yang membungkus sektor mesin, motor full fairing. Lha kok bisa lebh ringan?

Jelas pabrikan punya maksud dan tujuan dengan dibuatnya new cbr 150 menjadi motor paling ringan dibandingkan saudara-saudaranya, bahkan dibandingkan versi nakednya. Deka tidak berani bilang itu downgrade, karena bobot tidak mewakili kualitas bahan. Logam aloy lebih ringan dari baja, serat karbon juga idem, tapi soal kualitas? yang ringanlah yang menang. Begitu juga dengan plastik bodi, seiring perkembangan jaman, bisa saja plastik yang ringan bisa berkualitas lebih baik dibandingkan yang berat. Kalau downgrade, kok harganya malah naik? Jadi soal kualitas untuk sementara kita abaikan dulu….. belum punya bukti sahih nggak boleh menjudge, menuduh namanya.

Dalam dunia otomotif, berat kendaraan punya peran penting untuk performa. semakin ringan bodi maka beban mesin akan semakin ringan, otomatis performa semakin meningkat. Mesin dengan kekuatan 17 dk dengan beban 135 kg punya performa lebih baik daripada memanggul beban di atas itu. gampangnya, anda berlari lebih cepat saat menggendong beban 20 kg daripada saat menggendong beban 30 kg….. buktikan saja sendiri XD .

Kebetulan kemarin deka menonton acara ” supercar megabuild” di teve NatGeo channel. Di situ kebetulan membahas membuat mobil Aston Martin menjadi mobil balap GT, grand touring. Saat mewawancarai para builder mobil balap, cara paling mudah meningkatkan performa adalah mengurangi bobot mobil. Cara mudah dan murahnya, mencopot daleman mobil, sehingga menyisakan hal yang dibutuhkan saja. tahap berikutnya mengganti sasis dan bodi dengan bahan yang lebih ringan. Setelah itu baru upgrade mesin………

Dari acara teve tersebut deka terinspirasi untuk mebuat artikel ini. Ya….. new CBR 150 dibuat dengan bobot lebih ringan agar mempunyai performa lebih baik dari versi sebelumnya, tanpa merubah kondisi mesin cbr itu sendiri. Apalagi tipe mesin all new cbr 150 ini berbeda dengan versi sebelumnya. Kalau dulu mesin overbore, sekarang sedikit overstroke, hanya selisih 1 mm stroke-nya dibandingkan vixion cmiiw.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Dengan kubikasi yang sama, jelas mesin overbore akan lebih mumpuni main di rpm atas, capaiannya lebih tinggi, kemungkinan power yang terkail juga akan lebih tinggi jika dimodifikasi. Nah…. dengan bobot yang lebih ringan ini, new cbr150 mampu memangkas gap tersebut, bisa jadi malah performanya lebih baik, PWR… power to weight ratio lebih bagus. Apalagi dengan torsi bawah-menengah yang lebih nampol dibandingkan versi lama…..

Ya…. itu alasan paling masuk akal bagi deka saat ini. Tanpa merubah atau mengupgrade mesin, new cbr150 punya performa sama, bahkan lebih baik dibandingkan versi lama. Dan ingat, upgrade mesin jelas lebih sulit dan memakan biaya riset lebih mahal dibandingkan mengurangi bobot motor, tinggal ganti bahan bodi dengan yang lebih ringan, selesai masalah, nggak perlu riset dan ngutak-atik sejelimet merubah spek mesin.

Apakah para insinyur ahm nggak mampu merubah spek mesin dohc sedikit overstroke tersebut? Bukan masalah mampu atau tidak, ini soal itung-itungan biaya produksi dan riset….. Dan lagi, baca deh perbedaan mesin tipe overbore dan overstroke di artikel lampau, pasti paham. Jadi yang common sense ya soal performa tersebut. Barangkali ada dulur yang punya opini lain? silahkan share saja…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

42 Komentar

    • Nah itu, bahasannya jadi sedikit belok om deka.. Mungkin buat om kob, jawabannya “seiring perkembangan zaman, balbalbal” yg masalah plastik yg ringan bisa lebih bagus dari yg tebal

    • opini pribadi :
      //menurut hukum perlelehan,,
      plastik grade bawah gak akan bisa dibuat runcing, walopun mold nya runcing,, klo dipaksain justru pecah dalem mold karena elastisitas dan titik muai yg berbeda..
      sedang plastik grade bawah jg pnya berat yg lbh dari plastik grade atas (berat lho,, bukan tebal)
      ..
      klo dilihat dari desain k45g,, rada mustahil jika plastik yg dipake setara kualitas sm k45. So plastik k45g grade lbh bagus alhasil jg lbh ringan..
      ..
      analisa ini ane dapet dari kabag divisi desain produk plastic packaging pas ane suguhin GUNDAM MASTER GRADE! 😀
      (katanya indonesia klo mau produksi gundam kaya gini maka biji plastik dan mesin nya jg harus impor dr jepun,, di sini gak ada grade yg seperti ini… hahahhaaa)

  1. Mungkin dinding silindernya lebih tifis, kan mesin Sonic katanya hanya bisa dibobok dikiiiit buat naikin volume, karena dindingnya tak setebal yg dulu.

    Begitu juga plastik2nya mungkin lebih tipis, itu antar sambungan saja kelihatan masih cukup renggang. Makanya bobot turun beberapa kilo dibanding yg lama.

  2. Om deka.. dari artikel yg di om iwb.. nemu kepingan puzzle nya.
    Sasis dibikin lebih ringan dari old model ..5 kg..
    Brarti yg kesisa diet 3 kg nya..fairing,tangki dsb nya mungkin…

    Asumsi commont part banyak ama ncb..misal velg dsb
    Misal sasis ncb masih model lama
    Berati sbelum dkasi sarung berat n cbr = berat ncb – 5 kg= 136kg -5 kg = 131 kg..
    Berat sarung = 135 kg – 131 kg = 4 kg..

    Mikirnya sih pake material lebih bagus. Ketebalan pipa truss frame dikurangi.. 😀 jadi dpt selisih 5 kg

  3. Kayaknya sih ini mangkas beban ga main sasis deh Om.. Gampang soalnya kalo cuma mau ambil 8kg an.

    Tanduk dicopot itu bisa ngirit 2kg
    Fairing dikecilin
    Tanki dikecilin
    Stang beda sama K45 A, kemungkinan lebih ringan juga, sein full LED jd lebih enteng juga

    Nyolong dikit2 dari kanan kiri dapet tuh selisih 8kg

  4. kalo menurut opini saya,justru new CBR150 ini makanan empuk buat new R15,karena kalo new R15 pake mesin DOHC 19 PS,dan sport suzuki 19PS,jelas NCB dan New CBR150 jadi bahan bulian.karena pewer nya paling rendah di antara DOHC yamaha dan DOHC suzuki.yamaha pasti riset mesin DOHC nya wajib di atas DOHC abal abal nya AHM.bagaimana mang deka?

    • kamu pikir aja,masa yamaha riset mesin DOHC power nya di bawah CBR,kan gak masuk akal.satria 18,5 PS,sport nya pasti di atas satria walaupun basic mesin sama,contohnya sonic dan CBR,mesin sama tapi beda power,jadi logis jika sport suzuki bisa 19PS.

  5. 1. tanduk dah ngurangin 2 kg
    2. lampu depan led dah ngurangin sekitar 0,5 kg
    3. speedometer juga dah ngurangin 0,5 kg
    4. dimensi fairing yg lebih kecil juga dah ngurangin berat beberapa gram
    5. lampu sein led 4 biji juga nurunin beberapa gram
    6. dll…

    • Cuma kebetulan mirip koq.

      Sama kayak NCB kebetulan mirip NVL, CB150 kebetulan mirip OVI, Blade kebetulan mirip Jupiter, Sonic kebetulan mirip Satria…. 😀

  6. basic mesin,sasis,sein,pelk,ban,rem depan belakang Sama dengan NCB.anggap ini NCB pake fairing,tapi lebih ringan CBR,jelas gak masuk akal,pihak AHM ngejelasin gak kenapa New CBR lebih ringan,parts apa yang beda dari NCB,kaki2 sama,mesin sama,sasis hampir sama.jadi dimana nya yang bikin New CBR lebih ringan?biar PWR nya di sangka gede,maka di spek di tulis 135kg.kalo di timbang mah gak segitu.

  7. New CBR menurut saya terlalu buru2 keluar nya,karena GSX 150R dan new R15 bisa melihat kelemahan New CBR 150.kelemahannya menurut saya ada 3:
    1.swing arm kotak
    2.masih teleskopik/tanpa USD
    3.power cuma 17 PS
    new R15 punya banana arm dan USD dan power pasti bakal di atas new CBR.untuk GSX150R gosip nya pake banana arm,USD belum tahu,power GSX pasti bakal di atas satria fi(18,5PS).
    New CBR start duluan karena ingin menguasai sport,AHM gak melihat potensi dari New R15 dan sport suzuki,blunder AHM ke depan nya,sekarang musim hujan pada males beli motor baru,musim hujan lebih enak pakai metik

    • sekarang atau nanti, menurut saia sama saja…… ahm nggak akan mau ngembangin mesin baru khusus cbr, mrk maunya 1 mesin dipakai rame2, paling cuma setting ecu, esensi dr artikel ini adl “engine” dykwim?

    • Yakin r15 ntar dohc? Ad yg bilang sohc + vva. Barang belum ad aj udh koar2 gak jelas nih.. Bijimane klo udh kluar dn gak sesuai ekspektasi?
      Klo orng yg bijak, membandingkan dgn yg ad secara nyata sekarang ini. Klo ntinya ad produk baru, y nanti bandinginnya.. Aplgy spek mesin next r15 sangat2 msh jd misteri..

      • Fby kancane dharmo om..
        Sohc 20ps katanya..
        Versi irs kalli ya dijual 35 jt ppun ane mau asal tenaga versi irs dan awet buat turing 😄

  8. ane belum megang langsung dan testride new cbr150 tapi udah nyoba new cb150 versus old cb150,
    new cb150 yg di website tertulis 136kg beneran enteng kok,sama NVL lebih enteng NCB,dari mindahin posisi motor dalam keadaan statis aja udah terasa,
    nah yg new cbr ini walau pake fairing bisa diklaim 135kg,baca di blog mana gitu katanya pake alloy engine hanger sama konstruksi frame dari tengah ke buntut juga beda daripada NCB,paling gampang ngurangin bobot sih dari frame biasanya,signifikan walau cuma sedikit

Silahkan Beropini