Sport Yamaha Tanpa Deltabox : Kacang Lupa Sama Kulitnya

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Rumor, gossip kalau yamaha sedang menyiapkan motor sport 150 cc dengan mesin dohc memang bukan gossip yang mengejutkan bagi deka. Rumor mesin 150 cc dohc yamaha memang sudah lama ada di kantong redaksi. Yang mengejutkan adalah absennya sasis deltabox. Lepas benar atau tidak, jika seperti ini maka yamaha seperti kacang lupa pada kulitnya.

deltaboxSasis deltabox di motor yamaha, di mata deka yang bike enthusias seperti barang keramatnya yamaha, deltabox adalah origin trademark yamaha. Saking terkenalnya, sasis twinspar motor merk lain sering disebut deltabox. Klan vixion menjadi motor legenda yang masih diproduksi salah satu penyokong kesuksesannya adalah sasis deltabox.

Sasis deltabox sekeramat Vtec-nya honda. Ingat vtec ingat honda… Ingat deltabox, ingat yamaha. Kalau sampai ditanggalkan di motor sport full fairing, sama saja yamaha merusak tatanan sakral mereka sendiri. Identitas mereka diobrak-abrik demi mengejar hal yang populis… Apakah yamaha krisis identitas separah itu?

model yamaha yzf-r6
model yamaha yzf-r6

Deltabox adalah sebagian hal yang membesarkan nama yamaha. Deltabox adalah pride fans yamaha. Apakah semua itu dikorban demi hal populis, menekan cost produksi agar harga masuk di range kompetitor? Apakah dengan harga lebih tinggi tapi penggemar mendapatkan 1 paket motor sport fairing twincam + deltabox akan membuat motor tersebut tidak laku? Terlalu naif jika yamaha berpikir seperti itu.

Itu jika bicara motor sport, full fairing. Sebenarnya tidak salah membuat motor dengan sasis tubular, teralis. Ada kesan eksotis di sasis teralis. Deka bilang teralis, bukan tubular ya….. Contoh sederhananya sasisnya ninja 250 SL, KTM duke, KTM RC, suzie bandit, pun ducati monster. Tapi bicara trah YZF-R….. Deltabox adalah royal legacy. Bukti kulit kacang terakhir yamaha adalah R-25… mesin oke, desain oke, tapi minus deltabox…. nasibnya kita ketahui bersama…..mengenaskan untuk sekelas klan R series.

r15
r15

Silahkan saja yamaha membuat motor 150 cc dohc dengan sasis teralis…. Tapi pakailah di motor baru, bukan seri R, bisa motor naked komuter, street fighter, touring what else…. Yang pasti jangan di seri R….. Kalaupun terpaksanya di vixion, masih excuse… lah……jangan gadaikan warisan keramatmu yamaha….

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

30 Komentar

  1. Nah itu masalahnya … Merusak nama klan sendiri … Kalaupun pake sasis teralis … Mungkin untuk cost down … Riset DOHC yang sudah makan biaya cukup tinggi …

    Filosofinya akan dirusak … Hanya untuk mengejar tahta raja sport …

    Lebih baik Deltabox+DOHC … Plastik di costdown sedikit … Harga terserah Yamaha yang menentukan …

  2. Ga usah sok pintar bos, biarkan Yamaha memberikan yang terbaik buat kami pecinta yamaha, Deltabox atau teralis, SOHC atau DOHC tidak jadi soal justru malah jadi banyak pilihan, pecinta yamaha tidak kaku pada Deltabox…

  3. Padahal cbr jg aslinya twinspar dan di cbr 250 berubah ke sasis teralis2an…no one cares…
    Yamaha ga make deltabox semua ribut hehehe…

    Pergantian itu biasa kok…honda mobil dulu anti bgt sama turbo…super bangga dengan n/a vtecnya…sekarang malah murtad ke turbo untuk type R yang adalah mobil andalannya…

  4. Yamha jangan tinggalkan DEltabox; bukankah rangka deltabox rangka = stabil teknologi motogipi
    walau kenyataaannya R25 tdk deltabox = tidak stabil

    jiah jilat ludah sendiri, emang sudah menjadi tradisi di yamekong

  5. Klo teralis nya kya punya KTM RC mah…jelas lebih pilih buang deltabox nya aja…jdi bakalan lebih keren 150 cc new DOHC nya yamaha hahhaaha(klo d seri R nya yamaha jga gak kan masalah gk payu)…lo soal R25/MT25 pake tralis…ntu gak laku moncer krn tralisnya sangat konservatif gak se garang tralis2 nya kya pnya KTM RC…plus susah melawan nama besar Ninja250 krn first mover d mari

  6. Yamaha mau bikin sport 150 yang benar2 head to head sama CBR150 bikinan AHM. Sama-sama DOHC dan sasis teralis. Tapi value ditambah dengan arm banana dan USD dengan power yang (mungkin) lebih nampol. R15 kayaknya tetep dipertahankan SOHC dengan sedikit upgrade di mesin dan perubahan desain. Ya strategi sandwich atas bawah lah !!!

1 Trackback / Pingback

  1. Olahraga Yamaha tanpa deltabox: Kacang Lupa Kulit yang sama - Sembarang Info

Silahkan Beropini