Rossi : 2016, Kita Fokus Di Ban

Yola dulur yang budiman….. mengikuti launching motor yang akan dipakai untuk kampanye motogp 2016, team yamaha dengan pede mendahului team-team lain dalam memperkenalkan motor. Lin Jarvis menerangkan hal ini sebuah tujuan bahwa launching tercepat bermakna 2016, mereka juga ingin yang tercepat lagi seperti musim 2015. Untuk starteginya, menurut pembalap Rossi, mereka akan fokus di ban

launching yamaha yzf- M1 2016
launching yamaha yzf- M1 2016

Bukannya ban sudah ditentukan yaitu produsen tunggal michelin ? bukannya ban sudah tidk bisa dirubah-rubah lagi? Betul, maksud rossi, dari semua strategi mengatasi perubahan, mereka fokus di pendekatan ban. Ban menjadi titik sentral apa yang harus dirubah di motor.

Mungkin untuk team-team lain masih meributkan soal sistem elektronik yang berubah, namun menurut rossi, itu terjadi di semua team. Kondisi semua team sama menghadapai regulasi elektronik. Jadi mengapa harus menjadi masalah utama? lebih baik mengatasi problem lain yang bisa di atasi, disini berarti ban michelin.

Ban michelin mempunyai karakter yang berbeda dengan bridgestone, otomatis gaya riding pembalap juga akan mengalami perubahan, penyesuaian, adaptasi agar kinerja ban bisa mendukung balapan. Bagaimana seorang rider bisa cepat di atas ban michelin, itu adalah fokus utamanya.

rossi at launching yzf M-1 2016
rossi at launching yzf M-1 2016

Menurut Rossi, otomatis gaya ridingnya akan beradaptasi dengan kemauan ban. Terjadi banyak perubahan gaya mengerem, cara masuk tikungan, memilih racing line, serta buka tutup throttle saat melahap tikungan. Hal yang sangat sepele, sederhana, namun itu adalah pondasi balap, otomatis gaya riding akan berubah total. Dengan karakter ban michelin, pihak pembalap lah yang harus menyesuaikan diri. Jika memaksa dengan gaya balap ortodox, gaya rider sendiri tanpa memikirkan kemampuan ban, maka hasil bisa tidak sesuai harapan.

Untuk sektor motor sendiri, Yamaha M1 2016 nampak nggak jauh beda dengan edisi 2015 secara sekilas, bahkan winglet-pun belum nampak. Perubahan lebih banyak di sektor “dalam” yaitu konstruksi sasis motor. Rossi sedikit membocorkan : Center of Gravity berubah……..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

10 Komentar

Silahkan Beropini