Tips Pasang Pengaman Radiator Tanpa Ganggu Kinerja

vtr250_2009_engine_radiator
suzuki

Yola dulur yang budiman….. sebagai pemakai motor beradiator, deka punya inisiatif untuk melindungi kisi-kisi radiator agar awet. Pemasangan pengaman radiator adalah solusinya. Nah, berikut ini tips cara memasang pengaman radiator, tapi tanpa mengganggu kinerja radiator tersebut.

vtr250_2009_engine_radiator
radiator motor

Pertanyaannya, apakah perlu radiator dikasih pengaman? Yah… perlu nggak perlu sih…. namanya juga mengurangi resiko rusak. Rusak dari apa? ya rusaknya kisi-kisi radiator karena terkena benda asing. Umumnya kan radiator didesain untuk menangkap udara untuk mendinginkan air radiator di kisi-kisi tersebut. Makanya radiator pad dipasang menghadap ke muka agar bisa menangkap udara semaksimal mungkin.

Konsekuensi akan timbul, karena yang ditangkap oleh radiator pad saat kendaraan berjalan nggak cuma udara saja, bisa jadi kena batu, serangga, atau benda keras asing lainnya. Resiko selalu ada, apalagi instalasi kisi radiator biasanya berada di depan mesin, dibelakang ban depan…. cukup rentan dengan hantaman benda asing.

Efek dari hantaman benda asing tersebut akan mempercepat kerusakan radiator, makanya deka berinisiatif memasang pengaman radiator. Muncul lagi masalah, nggak setiap pengaman radiator didesain mengikuti kinerja radiator. Mereka mengutamakan desain, sehingga malah mempengaruhi daya tanggap udara dari radiator pad.

Nah… deka punya sedikit tips agar pengaman radiator nggak mempengaruhi kinerja radiator itu sendiri. Berikut ini caranya….. sangat mudah pakai banget kok…. cukup dengan memotong ornamen-ornamen dudukan pengaman radiator yang dianggap menghalangi luas penampang kisi-kisi. Memotongnya bisa pakai gunting atau pisau.

  • Pertama-tama lepaskan kawat pengaman dari rangkanya dengan membuka penjepitnya ( panah biru ). hal ini dimaksud agar pemotongan ornamen lebih mudaj dilakukan.
pengaman radiator
pengaman radiator
  • Kemudian potong ornamen-ornamen yang menghalangi luas penampang kisi-kisi, bebas saja, kebetulan deka lakukan dengan memotong di titik-titik panah hijau
tips pasang pengaman radiator
tips pasang pengaman radiator
  • Setelah dipotong-potong, pasang kembali kawat kasa-nya dan kaitkan penjepitnya. Hasilnya akan seperti foto di bawah ini
tips pasang pengaman radiator
tips pasang pengaman radiator
  • Kemudian instalkan ke radiator motor kita, hasilnya lumayan juga, walaupun secara estetika kurang karena deka memotong secara asal, kurang rapih
tips memasang pengaman radiator
tips memasang pengaman radiator

Dengan asumsi seperti ini, harusnya kinerja radiator akan pulis seperti sedia kala walaupun dipasangi pengaman radiator. Penghalang yang mengurangi luas penampang penangkap udara sudah diminimalisir.  Cukup mudah bukan…. silahkan praktekan sendiri, di motor sendiri…. jangan di motor orang lain…. bisa diamuk ntar 😀

Salam tepok

Wassalamualaikum

 

 

 

 

Silahkan Beropini