Cara Jitu Membuat Bening Mika Lampu Buram

mika lampu bening dengan odol
suzuki

Yola dulur… beberapa waktu yang lalu deka membaca sebuah tips untuk menjernihkan mika lampu, baik mobil maupun motor agar bening kembali. Berikut ini deka sajikan ulang dalam artikel TePOK. The Power Of Kepepet. Ya… karena kepepet entah duit mepet atau nggak punya waktu untuk ke salon mobil, atau nggak rela kalau ngeluarin duit hanya untuk kerjaan yang sepele, akhirnya dikerjakan sendiri.

mika lampu buram
mika lampu buram
Seiring berjalannya waktu, sebuah mika lampu utama atau headlamp pasti akan memudar dari bening ke keruh buram. Hal ini disebabkan karena rata-rata batok lampu berbahan mika, bukan kaca seperti dulu. Yang namanya mika, berbahan sejenis plastik, maka jika terkena panas maka lama-lama akan terjadi perubahan warna, atau perubahan rantai molekul bahan dasarnya.

Untuk menjernihkan kembali permukaan mika, ternyata bahannya sangat sederhana dan murah. Sebuah odol, atau pasta gigi ternyata mampu menjernihkan mika lampu yang sudah mulai buram. Memang tidak cuma odol, namun deka memakai compound dan Kitt wax untuk finishingnya. Odol yang deka gunakan adalah odol lama yang berwarna putih, bukan odol berwarna yang banyak beredar sekarang ini. Sebenarnya yang diambil dari odol tersebut adalah kandungan fluoride, dan kompleks calsium phospornya.

mika lampu bening dengan odol
mika lampu bening dengan odol

Yang menjadi uji coba deka adalah Mbok Tuo, Innova tahun 2008 yang memang mika lampunya sudah buram dimakan usia. Cara mengkilapkan mika lampu dengan odol adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut

  1. Bersihkan mika lampu dari kotoran dengan mengelap menggunakan kain halus dan air sabun, cuci sampai bersih. Biarkan mengering dulu.
  2. Oleskan odol merata ke permukaan mika, diamkan sampai kering.
  3. Lap dengan kain halus, sambil digosok melingkar. Pada langkah ini, mika sudah nampak lebih bening dibandingkan sebelumnya.
  4. Sempurnakan kebeningan mika dengan mengoleskan compund ke seluruh permukaan mika, kemudian gosok kembali menggunakan kain halus dan bersih. Maka mika akan kembali bening transparan.
  5. Finishing menggunakan wax poles seperti kit, turtle wax, sanpoly atau sejenisnya untuk menimbulkan efek mengkilat. Gosok menggunakan kain bersih dan halus.
  6. Sedulah kopi dan nikmati udud  yang sudah disiapkan sebelumnya XD

Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini

mika bening dengan odol
mika bening dengan odol
mika lampu bening dengan odol
mika lampu bening dengan odol

Cara ini tentu berlaku pula untuk mika lampu motor yang sudah mulai buram, toh sama-sam berbahan dasar mika. Cukupp mudah bukan? silahkan dicoba masing-masing di rumah sendiri, jangan di rumah janda sebelah o_O

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

12 Komentar

  1. Gan sy punya pengalaman kaca lampu mobil ertiga 2016 sy gak sengaja kena siraman bensin lalu pecah2 gmn ya cara mengatasinya udh baca artikel byk pakai oli mcm tp ttp sama mhn petunjuk gan…mau beli kacanya doank tidak ada harus beli 1set…berat diongkos….nasib lg apes…

Silahkan Beropini