Motogp Sachsenring : Sirkuit Karakter Lambat Makanan Empuk Honda

suzuki

Yola dulur… motogp seri jerman yang dilombakan di sirkuit sachsenring menghasilkan pembalap HRC Marquez mengangkangi podium utama. Disusul kompatriotnya, Dani Pedrosa dan disusul the old crack Rossi dari yamaha mengisi podium akhir. Dominasi motor honda di sirkuit dengan karakter lambat seperti ini memang sudah deka tebak jauh-jauh hari.

Sachsenring-marquez

Hal ini nampak dari hasil sesi latihan maupun qualifikasi yang selalu menempatkan duo hrc di urutan terdepan. Sirkuit karakter lambat adalah sirkuit dimana karakter tikungannya mengharuskan pembalap melahap dengan kecepatan lambat. Bahasa mudahnya tipikal lambat masuk, cepat keluar, sirkuit stop and go. Kemenangan honda jelas sesuai karakter mesinnya yang four V-twin yang badak di sektor torsi, aka tarikan.

Walaupun pada awal balapan lorenzo memuntahkan jurusnya dengan start sempurna langsung memimpin balapan disusul marquez, pedrosa, ianonne, Rossi, namun kecepatan honda di sirkuit ini lambat laun tak terbendung. tidak menunggu banyak lap, marquez menyodok lorenzo untuk memimpin terdepan. Begitu terdepan, marquezdengan nyamannya melakukan simulasi balap dengan sempurna. Dengan tanpa adanya halangan doi tinggal melakukan apa yang sudah dilakukannya saat sesi latihan dan qualifikasi. Janji doi untuk menunggu Rossi untuk diajak duel sebelum balapan tidak terbukti.

Rossi yang melejit dari start ke 6 melahap pembalap-pembalap di depannya seperti ianonne, pedrosa, dan lorenzo. Pedrosa yang menunggangi motor full torsi melayani duel dengan rossi selama balapan berlangsung. Kedua pembalap saling buntut-membuntuti tanpa jeda dibawah selisih 1 detik. Akhirnya Pedrosa berhasil menyalip rossi dan mempertahankan posisinya sampai finish. Rossi yang awalnya ngotot ingin mengudak pedrosa, di 5 lap akhir mengendurkan kecepatan.

marquez
marquez

Rossi lebih memilih langkah lebih jauh yaitu melakukan misi yang penting di depan lorenzo sebagai pesaing terdekat di klasemen. Misi ini sukses dilakukan oleh bang oci, lebih mengutamakan posisi klasemen karena selisih dari marquez sudah sangat jauh. Bagaimana dengan jalannya balapan? biasa saja……. nggak banyak duel seru yang terjadi, dan nggak jauh dari prediksi awal, ini sirkuit yang cocok dengan karakter honda…. banyak tikungan lambat.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

10 Komentar

Silahkan Beropini