Sonic K-56 Stroke Panjang…Lha DOHC-nya Buat Apa ?

sonic k56
suzuki

Yola dulur…. ayago baru AHM dengan kode project K-56 atau sering disebut dengan sonic reborn dan cs-1 reborn sudah pasti akan menggunakan mesin dengan cam ganda atau dohc. Soal dohc ini jelas nggak mengagetkan karena ahm sendiri punya basis mesin dohc 150 cc yaitu mesin cbr150 dan cb150sf. Justru kejutan dari ahm adalah ukuran ruang bakarnya alias bore-stroke yang perbandingannya jauh berbeda dari mesin cbr amupun cbsf.

sonic k56
sonic k56

Mesin sonic k-56 ini akan punya stroke panjang hampir mirip mesin Vixion, yaitu sekitar 57 mm. Dengan stroke ukuran segitu, berarti dengan kubikasi 150 cc maka mesin akan mempunyai ukuran square. Hampir mirip dengan vixion, namun vixion lebih penjang sedikit ukuran strokenya dibandingkan diameter bore. Nah di sonic ini bener-bener square sedikit overbore.

Pendekatan ahm tentang mesin sonic dengan stroke 57 ini jelas akan mengejar faktor akselerasi. Stroke panjang berarti kita bicara torsi, torsi kita bicara tarikan atau akselerasi, dan tentunya lebih irit bahan bakar. Puntir gas dikit, motor akan ngacir, sebuah hasil yang nggak mungkin diperoleh dari mesin overbore. Dengan mesin kaya torsi berarti kita nggak perlu main rpm tinggi-tinggi amat untuk memperoleh power maksimal.

mesin dohc
mesin dohc

Pertanyaan yang timbul justru dengan cam dohc yang bakalan digendong. Kalau konfigurasi mesin udah square atau punya langkah relatif panjang, fungsi dohc-nya terus buat apa? Bukan kenapa….. logika deka bilang fungsi dohc adalah agar pengaturan buka tutup klep nggak kelimpungan untuk melayani putaran mesin tinggi ( katakanlah 10.000 rpm up ). Saat rpm tinggi, dengan adanya poros kem ganda maka akan memperingan kerja mesin untuk suplai bbm maupun buang sisa pembakaran. Otomatis mesin akan lebih anteng saat rpm tinggi untuk mengail power.

Lha kalau mesin square itu dengan rpm 8000-9000 udah cukup untuk mendulang power, mau dipaksain sering main rpm diangka 10.000-11.000 juga riskan ama batas piston speed, itu dulu yang sering deka rasakan saat tunggangan masih si Tiger tahun 2008. Berbeda dengan mesin overbore yang memang mengailnya di rpm tinggi. Kehadiran dohc sangat membantu kerja mesin. Makanya paling sering dohc akan dikawinkan dengan mesin overbore. Kalau overstroke, mahfumnya dikawinkan ama sohc multivalve.

Nah…. di sonic ini kubikasi 150 cc, stroke 57an, mau dibekali dohc. Lha fungsinya buat apa ya ?? mesin square nggak butuh rpm tinggi-tinggi amat. Apakah hanya mau jualan spek dohc? mengurangi beban kerja kem ? mengurangi getaran mesin? Bener-bener deka kagak ngerti maksud ahm… mungkin dulur sekalian ada yang bisa bantu maksud ahm tersebut? silahkan dishare saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

23 Komentar

  1. lah kalu makin banyak mesin yg dibuat khan biaya produksi makin murah,

    dipake buat cb, cbr , bebek supuer dan cs-2

    plus jualan image dohc, dah itu aja

  2. mengurangi maintenance kali bang…jadi ga sering2 stel klep….selama ini make cbsf sampe 62.000km (sampe motor ane ilang di maling kmrn T.T) servis cma klo fuel pump error doank…sisanya 2 tahun cma ganti oli aja…

  3. harusnya ente seneng dapat mesin model baru, mesin square dgn dohc, kayaknya bakal lbh baik dari overstroke sohc. dari sisi torsi bisa sama, sisi power bisa lbh tinggi, sisi getaran lebih minim dari sohc overstroke. dan kalok ada yg bilang dohc overbore boros, maka kali ini mulutnya akan diem klakepan, karna dohc square bakal lbh irit bisa2 iritnya sama kayak sohc overstroke.
    ane pengen banget triatmono bikin artikel tentang ini. hahaha. ane ketawa2 bacanya. karna pas dulu cbsf pertama kali keluar banyak yang bilang dohc overbore 150 cc boros bbm, gak bisa di pake di kota besar karna macet, dan lupa lagi karna terlalu banyak caciannya. tp sekarang pas dikasi mesin konfigurasi yg daily use, irit bbm. masih juga coment. hahahaha

  4. sudah di bilang di jatah yang sama antar pabrikan akan buat : 1 model gilani 2 mesin inferior
    dgn overstroke begini mana mungkin bisa kalahkan fu????
    heheeeeee
    spy selalu benar analisa selalu prinsip dasar nya : jepang sdh menjatah antar pabrikan mana yang jatahnya..ingat cs1 dan athelete bertahun2????????
    heeheeeeeee

  5. awas entar dicontek lagi sama
    yamaha
    dulu bilang matik retro ga cocock,
    eh ikut juga
    bilang motor 250 cc ga cocok, ikutan
    juga..
    kemaren bilang motor yg cocok di
    indonesia itu mesin SOHC, eh bikin
    R25 yg DOHC juga…

  6. ini baru sonicnya doang kang,, dugaan ane cb150 facelift juga mesinnya square kayak sonic..

    kalo dohc, imho kayaknya masih cocok2 aja sama mesin square kang, justru nantinya kalo mau bore up nggak usah khawatir sama urusan kem karena udah dohc, khan motor2 model gini lumayan banyak fokus ke performa, sering di bore up..

  7. mungkin jaim klo mau SOHC 4 valve
    maksa pake SOHC 2 klep diameter besar takut di kata turun kasta
    DOHC overbore kopas klan CB boros di BBM.. emboh masss….ora ngerti karepe

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Honda Sonic Sudah Bikin Heboh Publik Motor…. Di Dunia Maya | 78deka
  2. Tebak Alasan AHM Pakai Mesin Long Stroke DOHC : Seperti Memakai Jaket Tentara | 78deka

Silahkan Beropini