Mengganti Ban Bunting Sipiter Dengan Ban Corsa S123 Salah Ukuran

ban sipiter bunting

Yola dulur…. ban sipiter ternyata bunting halus saat deka lakukan inspeksi. Nggak nyangka juga kalau secepat itu sudah mengalami kebuntingan. Odo menunjukkan km 18 koma ribu, umur motor 2 tahun. Setahu deka masa umur ban motor pada umumnya sekitar 30 ribu km. Nah saat ispeksi tersebut ada benjolan kecil di ban belakang. Kemudian saia pencet lha kok lebih lunak ( gembur-gembur jawa red. ). Wah akhirnya saia putuskan untuk ganti ban saja, demi safety.

ban sipiter bunting
ban sipiter bunting

Beberapa hari kemudian meluncur ke toko ritel ban motor, Planet Ban di daerah Bogor sekitar Dramaga. Memilah-milah ban belakang yang sutandarnya berukuran 100/70, deka ingin naik 1 step menjadi 110-70 atau 110-80. Namun adanya merk FDR atau Michelin yang kembangan cacing untuk ukuran tersebut. Untuk merk Corsa atau IRC yang deka cari nggak ada ukuran ban tersebut. Yang Corsa ada ukuran 90/90 dengan harga 203 rebong rupiah include pasang dan nitrigen.

Setelah timbang sana-timbang sini, akhirnya deka ambil corsa s123 dengan ukuran 90/90. Pertimbangannya simpel, suka dengan kembangannya yang mirip battlax, ada ulir di garis tengah untuk membelah air. Dan ternyata dimeni ukurannya walaupun lebar berkurang 10 dari aslinya, namun untuk ban Corsa ini nampak nggak beda dengan ban aslinya. Kata penjualnya, ban corsa ukurannya emang lebih besar 1 tingkat dibandingkan merk lain dengan ukuran yang sama.

ban corsa s123 90/90
ban corsa s123 90/90

Setelah terpaang dan bayar mahar, langsung deka jajal tuh motor dengan ban baru. Posisi riding jadi lebih nungging efek dari melarnya diameter ban dari alinya 70 mm menjadi 90 mm. Otomatis badan condong ke depan, tekanan ke lengan tangan lebih terasa. Selain itu, kalau sebelumnya deka nggak perlu jinjit untuk menapak, sekarang jadi semi jinjit nih.

ban corsa s123 90/90 di jupiter mx
ban corsa s123 90/90 di jupiter mx

Impresi ban corsa 123 dengan ukuran 90/90 sih sipiter menjadi lebih lincah saat manuver. Hal ini mungkin dari bentuk ban corsa yang walaupun besar namun lebih membulat, sehingga permukaan ban lebih sedikit menempel di aspal dibandingkan ban asli yang cenderung mengkotak. Sedangkan di kondisi hujan nggak semengerikan isu-isu yang beredarkalau ban corsa sangat licin. Biasa-biasa saja yang deka rasakan, belum pernah mengalami sliding atau selip. Justru di selip terjadi di jalan yang berkerikil kecil atau berpasir, sangat terasa gejala slidingnya. Mungkin semua ban akan seperti itu kali ya dengan ukuran yang sama.

So… bijimana menurut dulur sekalian, ada yang punya pengalaman dengan ban corsa S123? silahkan di share saja

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

  1. Gak suka corsa, ane masih suka ma fdr dengan kembangan yang mirip kembangannya karisma, lebih ngegrip di jalan kering maupun basah daripada irc atau corsa. IRC nr 72 juga ngegrip banget sayang cepet abis

  2. ane udah 2 taun pake corsa S123 di jup mx ane,licin sih gak tapi kerass euy.kalo jalan bergelombang motornya suka ngikut alur jalan ndiri

  3. Bukqn nau BC. Tahun 2010 ane pernah pake corsa type yg sama. Meledak pada pemakaian 6bulan.. Waktu ane cek banyak bunting di beberapa bagian.. Ane ga tau itu corsa yg palsu atau gimana.. Yg jelas ane uda gamau lg kalo merk itu.. Meledak pas kenceng.. Hmmm

  4. Dulu saya pakai corsa s123 tapi sayang kembangannya masih tebal tapi bannya sudah tipis… oh iya pakai ban ini suka banget bocor cz material bannya seperti lem kalau sudah panas..paku dan serbuk besi demen nempel..sekarang sih pakai michelin aman belum pernah bocor..

Silahkan Beropini