Sensasi Kampas Rem Merk RCA Untuk Jupiter MX

kampas rem mx rca
suzuki

Yola dulur…. 1 bulan yang lalu sipiter sudah wayahnya ganti sandal kampas rem depn. Maklum sejak keluar dari pabrik, baru kali ini sipiter merasakan lagi sandal baru modal ngerem,odo sudah menunjukkan 18 ribuan.

kampas rem mx rca
kampas rem mx rca

Sebenarnya soal rem belum ada kendala, masih pakem khas rem motor yamaha, namun saat itu kebetulan deka sedang berada di planet ban untuk mengganti ban sipiter. Saat menunggu jatah waktu pergantian, deka liat-liat barang dagangan yang ada. Mata deka tertuju di tumpukan jenis kampas rem berbagi jenis dan merk motor.Merknya sendiri cuma ada 1 macam, yaitu merk RCA. Bungkus atau packingnya sendiri sangat menarik, bagus sekali…. mewah. Di packingnya tertulis asbestos free, yang menarik adalah ada tulisan Japan OEM specification. Wehh…. spesifikasi bagai part original nih. Saat deka tanya bandrol ke kasir, ternyata harganya cukup menarik, cuma seharga 32 ribong rupiahs. Langsung deka samber 1 pack kampas rem depan buat jupiter mx. ( maaf nota pembelian entah kemana ).

 

Setelah dipasang oleh mekanik, bagaimana sensasinya? Begitu buat jalan normal dan ngerem, ternyata rasanya seperti licin… ah mungkin ini fase bedding time. Fase dimana kampas yang permukaannya rata menyeseuaikan diri dengan permukaan piringan rem yang sudah punya alur nggak rata. Pada kondisi setelah ganti kampas rem, atau bedding time, disarankan agar motor dijalankan secara perlahan atau under 40 km/jam kemudian lakukan pengereman sesering mungkin agar waktu bedding time lebih cepat.

rem bybre polos

Deka sendiri punya tips agar fase bedding time bisa singkat. Caranya agak boros sih, yaitu dengan menjlankan motor secara normal sambil menekan tuas rem selama sekitar 15 menit. Setelah itu rem akan terasa lebih pakem mendekati rem bawaan pabrik. Terus bagaimana dengan hasil pengeram kampas rem aftermarket merk RCA ini?

Well…. setelah deka lakukan bedding dengan cara diatas, rasanya masih licin. Kemudian deka gunakan untuk riding Bogor-Jakarta PP, sambil menengok kerabat deka yang beara di daerah Pasar Minggu, Total perjalanan sekitar 100 km. Setelah itu baru muncul karakter asli kampas rem merk RCA ini.

Karakter pengereman motor-motor yamaha memang maknyus…. tekan dikit langsung bagian depan motor manggut-manggut. Dengan kampas rem ini, karakternya langsung jauh berbeda….. hampir mirip dengan rem motor moped atau metiknya ahm honda.  Ketika ditekan biasa, kecepatan turun secara bertahap, sedangkan ditekan dengan kekuatan penuh, maka baru muncul karakter rem yamaha. Jadi untuk mendapatkan karakter asli rem jupiter mx kudu menekan keras brake lever.

Keuntungannya sih walaupun kita melakukan panic braking, rem nggak akan mengunci. Ini deka buktikan dengan melakukan pengereman mendadak dengan keras…. ban depan nggak mengalami penguncian. Sedangkan kelemahannya, tangan terasa lebih pegal saat melakukan pengereman, apalagi saat kondisi ramai, kudu menekan lever lebih keras. Ini yang membuat deka kurang nyaman, mungkin untuk berkendara normal dalam kota nggak masalah. Namun buat deka yang suka riding jarak menengah sampai jauh menjadi kendala, karena semakin lama berkendara, efek pegal semakin besar.

harga kampas rem depan ori mx bogor
harga kampas rem depan ori mx bogor

Kesimpulannya, kampas rem ini nggak cocok buat gaya riding deka, sehingga deka putuskan ganti kembali menggunakan kampas rem depan original jupiter mx yang seharga 70 ribong itu. Sebenarnya dengan harga 32 ribong, kampas rem ini sangat value, syaratnya motor hanya dikendarai untuk kommuter biasa dalam kota  jarak dekat. Atau buat rider yang suka panic braking, nggak ngunci lur….. So… pilihan ada di tangan dulur biker semua, buat deka versi ori paling cocok bagi gaya berkendara saia.

Bonus…. Breaking The Law….. By Judas Priest

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

18 Komentar

  1. selain kepakeman yang berkurang, aftermarket brake pad shoe juga kurang awet. Trus sil master rem gampang jebol dan minyak rem di dalam kaliper cepet menggumpal di karenakan panas yang di timbulkan oleh kampas aftermarket yang di tekan berlebihan demi mendapatkan kepakeman seperti orinya

  2. itu tadi efek yang terjadi dalam jangka panjang bro di atas 1thn stelah pemakaian…masih bicara value setelah merasakan efek jangka panjangnya?

  3. itu tadi efek yang terjadi dalam jangka panjang bro di atas 6bln stelah pemakaian…masih bicara value setelah merasakan efek jangka panjangnya?

  4. harga 32 ribu? Mahalll padahal tuk beli brake pad shoe nya ga pake kemasan ajah ga sampe 5ribu. Ambil dari china. Importir sekarang kan gitu ambil dari china tanpa kemasan trus, jual ke pengusaha lokal trus pengusaha lokal kemudian beri label sendiri2 trus di retailkan deh….ga percaya? Beli ajah brake pad shoe aftermarket muacam2 merk yang harganya selevel atau di bawahnya trus bandingkan barangnya dengan seksama dengan teliti…maka barangnya akan sama meski beda label

Silahkan Beropini