Efek Utama Yang Paling Terasa DOHC CB150SF Adalah….

cb150r

Yola dulur….. untuk motor sport naked andalan AHM di kelas 150 cc, yaitu CB150SF mungkin sudah out of date jika deka angkat menjadi sebuah artikel. Motor ini sudah 2 tahunan beredar, pun demikian dengan mesin dohc-nya yang selalu menjadi tag jualan urutan pertama oleh para salesnya….. motor motogp itu dohc……

cb150r
cb150r

Kali ini deka nggak akan mengangkat keunggulan-keunggulan mesin dohc milik cb150sf ini, sudah terlalu sering diulas baik plus maupun minusnya oleh dulur-dulur blogger lainnya, bahkan yang berlatar belakang tehnisi, akademisi, tehnik permesinan sudah membahasnya sampai ke ampas-ampasnya.

Kali ini deka akan mengulas sensasi pribadi deka saat menjajal motor cbsf untuk keliling kota sukabumi, terutama jalur lingkar luarnya. Minggu kemarin tidak sengaja deka kunjungan ke Sukabumi dan mampir ke tempat gudang dan ekspedisi. Terlihat seekor cb150sf terawat dengan baik terparkir di pojokan gudang, dan setelah mencari info ternyata Β milik sopir ekspedisi teman lama deka. Setelah ngobrol, ternyata baru tahu doi punya cbsf karena ditawari oleh rekan kerja kantor pusat temen deka juga yang mau ganti motor. Padahal cbsf itu baru berumur 4 bulan, sopir temen deka ini disuruh ngelanjutin angsuran tanpa harus mengganti DP. Ternyata rekan kerja di pusat itu Β ganti ke seteru abadinya CBSF, NVL…. soal kenapa kok mendadak ganti haluan? kagak usah dibahas ya…… sengitip…… πŸ˜€ πŸ˜€ .

Setelah minta ijin, deka pinjam tuh CBSF untuk deka coba test ride. Kalau punya temen kan bisa ngetes agak lama, nggak cuma sensasi sesaat saja. Motor deka tes jalan seperti gaya riding deka keseharian, dan karena bukan tipe rider pecicilan yang selalu gaspoll rempoll, maka penilaian dari sudut pandang subyektif deka. Motor deka pakai di jalur yang lumayan lancar, yaitu jalan lingkar luar sukabumi dan hampir 2 jam motor deka ajak jalan untuk mendapatkan penilaian akan motor ini.

mesin dohc honda
mesin dohc honda

Untuk motor 150 cc dengan mesin dohc, tarikan awal cb150sf Β cukup responsif, mirip-mirip mesin sohc. Sangat berbeda dengan karakter mesin dohc overbore pada umumnya, katakanlah old cbr atau fxr yang cenderung ngeden di tarikan awal. Namun seperti yang deka prediksikan, power di rpm tinggi seperti terkompensasi dengan responsifnya tarikan awal tersebut karena penggunaan gear ratio mengejar tarikan awal.

Bukan masalah kencangan mana atau powerfull mana dengan motor sohc sekelas, namun deka rasakan mesin cbsf ini sangat nyaman untuk rolling di rpm tinggi. Getaran tetep minim walau mesin sudah meraung di rpm 8000an up. Sebagian kalangan mengatakan sensasi ini dengan kalimat “mesin anteng di rpm tinggi”. Dengan karakter anteng ini maka mereka mengatakan mesin ini punya nafas panjang, sehingga sensasi kencangnya terasa. Ya…. sensasi kencang, karena aslinya 11-12 dengan motor 150 cc lainnya, meskipun mesin cbsf yang peringkat 11, namun nggak selisih banyak.

Nah mesin anteng di rpm tinggi inilah keunggulan utama yang deka rasakan di mesin dohc 150 cc ini. Dan otomatis deka lebih pede saat menggeber motor di rpm tinggi dan lama. Entah topspeed berapa, deka nggak peduli, yang penting enjoy di rpm tinggi. Berbeda dengan dohc mesin cbr old dan fxr dimana rpm tinggi untuk meraih power yang semakin ngisi, tapi cukup dengan sensasi dohc cbsf ini sangat menyenangkan kok untuk rolling. Ah jadi pengen mesin dohc nih………. πŸ˜€

Maaf no picture, karena waktu itu momen yang nggak disengaja, kamera nggak kebawa. Dianggap hox juga nggak apa-apa πŸ™‚ .

 

 

18 Komentar

  1. itu standar. kerjar harian aja. Set ecu coba. Kecepatan tinggi mesin anteng. Gak jadi 11-12 tapi jadi 20-12 . Hahaha.. dohc dilawan. Hanya orang tolul yang bc.

  2. kayaknya unit yg ente cobak aja yg memang bermasalah, atau entenya memang yg lg sial. LOL.
    karena ane baru beberapa bulan pakek cb udah di pakek touring jarang menengah sebanyak 3x. yg pertama sekitar 200km, 250km, yg terakhir lbh jauh sekitar 380km. dan hasilnya air radiator gak ada bedanya saat pertama kali servis. memang pas servis pertama ane mintak tambah air radiator karna air radiator bawaan honda cuma seuprit. jd kalo di bilang radiator cb150r bermasalah keknya cuman unit yg ente pakek. ane ngak. sama kayak temen ane yg air radiator vixionnya bercampur oli karena paking nya bocor. tp kan bukan semua vixion alaminya.

1 Trackback / Pingback

  1. Percuma DOHC Kalau Kualitas Bahan Part Kurang | 78deka

Silahkan Beropini