Preview MotoGP Jerez Spanyol 2015

suzuki

Yola dulur…. Minggu malam besok akan dilaksanakan salah satu kampanye motogp musim 2015 yang akan dihelat di sirkuit Jerez Spanyol. Melihat kebelakang, seri motogp pembuka di European Series ini biasanya berjalan sangat seru. Hal ini disebabkan karena karakter sirkuit ini yang khas eropa pada umumnya, yaitu sirkuit penuh tehnik balap.

motogp jerez
motogp jerez

Perseteruan mungkin masih terfokus pada 2 pembalap yaitu valentino Rossi dan Marc Marquez melanjutkan saga duel di seri Argentina yang membuat sedikit kontroversi di pihak Marquez dan Fans karena kasus ndlosor dan DNF-nya pembalap Repsol Honda tersebut. Namun secara umum seri Jerez ini adalah perseteruan antara pembalap Italiano dengan Pembalap Spaniard. seperti kita ketahui bersama, 3 pemuncak sementara klasemen adalah Italiano tanpa menyisakan ruang buat Spaniard.

Bagaimanapun balapan kali ini akan dihelat di Spanyol, tentu lokal hero akan berjuang untuk menjadi juara demi gengsi negara….. this is my home…. my backyard playground…. mosok dikentutin sama tamu-tamunya…. tengsin dong…… Ini tergambar dari 2 musim ini dimana para Spaniard selalu juara di sirkuit ini. Masalahnya penguasa sirkuit ini adalah Rossi si Italiano, dimana 2 musim kemarin bermasalah dengan penyesuaian diri dan performa motor M-1 yang tertinggal lumayan jauh dibanding RCV. Sedangkan musim ini sepertinya performanya mengalami kenaikan signifikan, hampir menyamai kalau istilah lebih superior dianggap tabu. Pun demikian dengan ducati yang berkembang signifikan.

 

track_circuit__JEREZ
track_circuit__JEREZ

 

Coba lihat layout sirkuit Jerez diatas, para pembalap tidak diberi kesempatan untuk menggapai topspeed pincak maupun performa maksimal mesin. Sirkuit banyak kombinasi tikungan yang rata-rata mengalir cepat dan lambat. Namun tidak menyediakan hardbraking dari topspeed ke tikungan lambat. Disini yang akan dominan adalah motor dengan settingan yang paling pas, sasis yang bagus agar bisa menikung secara cepat, fast in fast out.

Sirkuit Jerez ini tipikal sirkuit eropa yang konservatif dimana sirkuit sangat tehnikal. Skill pembalap sangat berpengaruh, selain itu sirkuit ini termasuk unik karena arah balapan seperti arah jarum jam, jadi akan banyak tikungan ke kanan. Balapan akan banyak menyajikan duel antar pembalap yang punya skill yang sama, maka siapa yang punya mental dan strategi bagus akan bisa memaksimalkan potensinya.

kartun-motogp-jerez-2014

Terawangan deka, maka pembalap yamaha dan Honda yang akan berebut 3 jatah podium. Dimana posisi pembalap ducati? dovizioso mungkin pembalap yang sangat bagus secara tehnik dan mental, namun deka kok masih menyoroti akan daya tikung desmosedici gp 15 yang masih kalah dibandingkan duo jepang tersebut. Ini hanya terawangan penggemar motogp saja, bukan pengamat ahli, jadi jika nggak tepat ya anggap saja bahan obrlan menjelang seri jerez….. ya nggak Lur?????

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

5 Komentar

Silahkan Beropini