Preview Motogp Argentina, Sepertinya Bakal Berjalan Seru

motogp argentina

Yola dulur….. Seri motogp kali ini akan diselenggarakan di Argentina, di sirkuit Termas De Rio Hondo. Sebelum balapan dimulai, deka sedikit memberikan opini atau bisa juga pengharapan. Balapan kali ini akan berjalan lebih seru dibandingkan seri minggu lalu.

motogp argentina
motogp argentina

Deka memang bukan pengamat balapan pro, hanya sekedar membaca layout sirkuit dan sejarah pemenang balapan tahun sebelumnya, kemudian mbacot ala penggemar. Jadi jika ada kesalahan opini ya wajar saja.

Kemungkinan besar balapan akan berjalan seru karena layout sirkuit Rio Hondo ini bertipe lebih mengalir dibandingkan sirkuit austin, meskipun tidak mengumbar peak power. Karakter sirkuit ini lebih menonjolkan motor dengan sasis yang bagus sehingga motor bisa ditekuk-tekuk di tikungan dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian motor-motor yang secara performa kurang, masih bisa mengimbangi motor bermesin powerfull.

Apalagi perkembangan motor ducati dan yamaha tahun ini begitu progres sehingga bisa mendekati honda membuat deka punya feeling balapan rio hondo kali ini akan berjalan lebih seru dibandingkan tahun kenarin. Apalagi jika performa Suzuki saat free practice bisa dipertahankan sampai jalannya final race… Wes…. Bisa nonton balapan sambil meremas-remas bungkus snack nih….

termas de rio hondo
termas de rio hondo

Masalah utama sirkuit ini adalah kontur aspal yang sangat abrasif. Bisa diibaratkan seperti parut buat ban. Berbeda dengan sirkuit Austin yang kejam buat ban karena hardbraking dari topspeed ke tikungan lambat, Rio Hondo galak buat ban karena aspalnya seperti parut. So bagi motor yang karakternya mengandalkan cepat ditikungan seperti yamaha, kudu pandai-pandai memanage ban. Kalau aspal austin galak buat permukaan ban yang tengah, maka rio hondo galak buat sisi samping.

Itulah kenapa yamaha selalu lebih bermasalah dengan ban, karena tipe pembalap dan motornya mengandalkan cepat ditikungan. Bayangkan saja, menikung dengan kecepatan lebih tinggi berarti memberikan tekanan yang tinggi di sisi ban, berbeda dengan cepat di trek lurus, tekanan di ban lebih terbagi di permukaan yang lebih luas.

Untuk lebih jelasnya prediksi siapa yang bakal mengisi podium, paling enak adalah melihat hasil warm up practice persis sebelum setengah hari sebelum balapan berlangsung…. Semoga berjalan seru biar nggak rugi begadangnya….terus prediksi awalnya, siapa yang bakal juara? Hmmm Markes, Ducati, Yamaha keknya berimbang nih…… agak susah…..

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

3 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Motogp Argentina : Rossi Sang Gladiator | 78deka

Silahkan Beropini