Yamaha R-1 Teratas Di Mega Komparasi MCN

suzuki

Yola dulur…. menarik mengikuti video komparasi motorsport kelas premium 1000 cc versi MCN. Deka menjadikan mcn sebagai acuan karena merupakan salah satu media yang paling bangkotan yang mengulas tentang dunia permotoran mewakili benua Eropa. Beberapa waktu yang lalu MCN melakukan mega uji komparasi motorsport fairing 1000 cc yang dilakukan di sirkuit Jerez dan jalanan umum. Dan hasil komparasi tersebut menghasilkan motor versi terbaru dari R series, R-1 menjadi yang teratas.

mega komparasi sport 1000 cc MCN
mega komparasi sport 1000 cc MCN

Motor-motor yang dikomparasi tersebut semua merupakan motor-motor versi terbaru tahun 2015. Yaitu Yamaha R-1, BMW S1000RR, Ducati panigale, Honda CBR 1000R Fireblade SP, Kawasaki Ninja ZX-10 R, dan Suzuki GSX-R1000. Keenanm motor sport premium tersebut dilakukan 3 uji yang meliputi uji dyno test, uji sirkuit Jerez,dan uji di jalan umum. Jangan pernah menyangsikan independensi media ini, karena mcn sendiri hampir menampung semua motor yang ada di dunia.

Dalam ulasan di video tersebut tidak ada ulasan yang bernada black campaign, menydutkan sebuah merk atau menonjolkan keunggulan sebuah merk secara lebay yang bernada jualan. Semua diulas apa adanya dan sesuai fakta yang terekam. Di komparasi ini memang harus mencari siapa motor yang teratas, namun bukan untuk menafikan motor yang lain sebagai motor medioker.Semua mempunyai keunikan rasa masing-masing saat dikendarai di jalan umum. Hanya saja saat disirkuit akan muncul siapa yang menjadi motor teratas. Makanya uji dilakukan 3 macam, yaitu dynotest, uji sirkuit, dan uji jalan raya.

mega komparasi sport 1000 cc dynotest MCN
mega komparasi sport 1000 cc dynotest MCN

Uji dynotest untuk mengetahui perform package, yaitu power dan torsi motor dari pabrikan menghasilkan Ducati panigale sebagai yang teratas, disusul bmw s1000rr, yamaha R-1, Kawasaki zx-10R, honda fireblade sp, dan yang terakhir suzuki gsx-r. Namun uji dyno belum mewakili secara riil performa motor, dilakukanlah uji sirkuit untuk mengetahui performa motor melahap sirkuit, baik trek lurus maupun melahap tikungan.

2015 Yamaha R1 better than BMW S1000RR and rivals_ _ Group Test _ Motorcyclenews.com_(480p).mp4_000375987

Maka dilakukanlah uji sirkuit yang dilakukan disirkuit Jerez. Uji ini untuk mengetahui performa maksimal motor yang didapat, dimana tidak bisa diperoleh di jalanan umum. Uji dilakukan dengan cara menggeber motor-motor tersebut satu-persatu untuk mencari best lap dari tiap-tiap motor. Dan hasilnya adalah bukan motor dengan power dan torsi teratas yang menguasi, namun motor dengan paket keseluruhan baik sasis, mesin, suspensi, dan elektronik yang menang. Dan hasilnya, yamaha R-1 menjadi motor yang tercepat, disusul sangat tipis dibawahnya, yaitu ducati panigale.

mega komparasi sport 1000 cc uji sirkuit jerez MCN
mega komparasi sport 1000 cc uji sirkuit jerez MCN

Uji terakhir yang dilakukan adalah uji jalan raya, dimana ini merupan rasa sesungguhnya saat motor dibeli oleh konsumen dan digunakan dijalan raya. Uji dilakukan dengan cara motor dibuat untuk turing bareng-bareng, dan dinilai karakter masing-masing saat digunakan.

verdict mega komparasi sport 1000 cc MCN
verdict mega komparasi sport 1000 cc MCN

Kembali Yamaha R-1 menjadi pilihan paling atas dibandingkan motor-motor lain. Paket elektronik terbaru yang disandang motor ini benar-benar memanjakan rider. Motor menjadi smooth tapi cepat, good handling, menyenangkan dikendarai, dan ada feel tunggangan Valentino Rossi di motogp, yamaha M-1. Bahkan mcn mengatakan motor inilah yang paling kental rasa motor motogp versi the doctor. Yang unik justru nomer 2, mcn memilih bmw s1000rr dibanding ducati panigale yang mempunyai nilai lebih tinggi di uji dynotest maupun uji sirkuit. Hal itu diambil karena panigale lebih liar dan brutal saat dipakai di jalan raya, sehingga nggak sembarangan rider menakhlukkan motor ini, selain itu harganya yang super duper mahal. So…. bmw s1000rr lebih bersahabat buat rider baik segi harga maupun handlingnya.

Untuk lebih detailnya, silahkan ikuti mega komparasi versi mcn di link video berikut ini

 

Semoga bermanfaat

wassalamualaikum

 

11 Komentar

Silahkan Beropini