Pembuka Gerbang Sonic/CS-1 K-56a Adalah Honda Beat

ayago honda ( otomotif )

Yola dulur….kelas ayago yang akan diexplor oleh AHM  dengan proyek K-56-a bisa jadi akan lebih sukses dibandingkan pionernya, CS-1. K-56-a atau sering disebut CS-1 / Sonic reborn ini dimata deka lebih siap secara kondisional dibandingkan kondisi CS-1 dulu. Yang membuat kondisi lebih kondusif buat kesuksesan K-56a ini adalah Honda Beat.

ayago honda ( otomotif )
ayago honda ( otomotif )

Sik…sik…sik…. deka nggak sedang demam kan? Bicara motor ayago kok disangkutpautkan dengan metik entry level? Nggak lur….deka nggak sedang mengigau, deka sadar… nih buktinya…. lagi udud ama ngeteh di cerahnya pagi Sukabumi yang begitu sejuk 🙂 . Yuk kita bicarain lebih dalam lagi, biar ada korelasi antara K-56-a dengan Beat.

Segmen moped sport kencang alias ayago yang sebelumnya dijajah habis-habisan oleh Suzuki Satria, kini siap-siap menerima ekspansi baru produk AHM dengan kode name K-56-a atau CS-1 / Sonic Reborn. Dulu pernah sih AHM mencoba menggoyang satria dengan CS-1 domba garut, motor ayago silangan cross-over. Soal kenyamanan, jangan ditanya…uenak pol, soal topspeed, mesin turunan CBR-125 aka sonic, perbedaan selera hanya di desain saja….. kurang anak muda. Deka kenal sekali dengan CS-1 ini, secara pernah memelihara selama 1 tahun.

Kegagalan misi cs-1 ini sangat dimaklumi karena minimal ada 2 kesalahan mutlak di sisi cs-1. Kata kuncinya adalah ” ANAK MUDA”, pertama desain kurang anak muda, kedua image honda sebagai motor bukan anak muda pada waktu itu. Ya…. anak muda adalah kunci dari segmen pasar ayago, kita bicara kurva probabilitas, bukan kasuistis dimana pemakai motor ayago ada juga yang sudah dewasa atau bahkan bapak-bapak. Kelas ayago mewakili sifat anak muda, cepat, kencang, simpel, lincah, dan modis/ seksi. Dan image yang terbentuk sekarang ini ya seperti satria FU itu kalau boleh ambil contoh.

beat fi cbs
beat fi cbs

Saat CS-1 dulu,image honda bukanlah anak muda, namun orang dewasa atau mapan, suzuki lebih mewakili sifat anak muda dengan “kencangnya”. Nah cerita itu sekarang sudah berubah, Honda sudah tidak dianggap lagi motor “bapak-bapak”, dan itu dimulai dengan era Beat yang merajalela. Beat menyasar semua segmen, tua muda, kota desa. Anak muda naik beat cukup dianggap serasi dan modis. Honda sudah melunturkan image motor orang dewasanya, image anak muda  sudah dipunyai honda dengan beat-nya.

Dengan kondisi seperti ini, gerbang penerimaan K56-a sebagai motor segmen anak muda, tentu akan lebih mudah penetrasinya dibandingkan cs-1 dulu. Barier brand image honda motor anti anak muda sudah luntur…… So….. tidak ada lagi penghalang mindset. Tinggal desain dan performa yang akan bicara…… Satria……… Ini lawan beratmu……. jangan kaget ya……

Silahkan Beropini