Suzuki Mematenkan Variable Valve Dengan Klep 3 Dimensi

suzuki

Yola dulur….. info dadakan dari pabrikan yang kemaren barusan didemo gara-gara lelet ngeluarin motor sport 150 cc, suzuki. Beda nasib dengan di sini, Suzuki Jepang diam-diam sedang mematent-kan mesin motor dengan sistem pengaturan klep atau variable valve terbarunya. Uniknya VV ini, menggunakan cam/kem 3 dimensi.

suzuki-vvt-v-twi-patent
suzuki-vvt-v-twi-patent

Lho… 3 dimensi gimana? begini…… disadur dari motorcycle.com, suzuki mengunakan cam/kem berbentuk gelombang. Sedangkan biasanya gerak secara vertikal, nah…kem ini selain bergerak vertikal juga bisa bergerak lateral, bahasa mudahnya adalah bergeser.

Sebenarnya bukan kali ini suzuki mempunyai tehnologi variable valve pada mesin motor, dari jaman jebot dulu juga sudah punya. Hanya saja kali ini dikembangkan lagi dan dilengkapi dengan ” Oil Pressure Control Valve ” di depan silinder head, untuk mensuplai oli pada sistem variable valve tersebut. Untuk sementara ini, sistem variable valve suzuki akan diaplikasikan pada mesin V-Strom 1000 dulu.

suzuki-vvt-v-twi-patent
suzuki-vvt-v-twi-patent

Dengan pengaplikasian kem 3D ini, suzuki menerangkan bahwa akan berimplikasi positif, yaitu meningkatkan efisiensi bbm sebesar 20 % dan meningkatkan torsi sebesar 6 % di semua range rpm.

Weh…… lha kok suzuki di sini malah nglempus, kagak bangun-bangun ya???? Woi…. bangun woi….. jangan molor saja……. mana inovasimu suzuki Indonesia????

Sumber : Motorcycle.com

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. ( Lagi-Lagi ) Suzuki Patent-kan Mesin Motor Dengan Turbocharger | 78deka
  2. Tehnologi GSX-RR GP Dipreteli Untuk New GSXR-1000 Plus VVT…… Eduuunnn | 78deka

Silahkan Beropini