Paradise Tersembunyi Itu Bernama Curug Cikaso

air terjun cikaso
suzuki

Yola dulur….. masih ingat tentang turing bareng antara deka dengan rekan-rekan kerja ke Ujung Genteng ? Silahkan cek di artikel ini. Nah Saat perjalanan pulang dari pantai indah Ujung Genteng tersebut, rombongan mampir ke sebuah curug, nggak jauh dari daerah Surade. Tempat tersebut sangat indah bagai paradise, namun nggak banyak dikenal orang, tersembunyi di sebuah hutang pinggiran Surade, Curug Cikaso namanya.

air terjun cikaso
air terjun cikaso

Jika dulur sekalian berkunjung ke pantai Ujung Genteng, sempatkanlah mampir ke curug Cikaso, sangat rekomended sekali. Perjalanannya masih searah kok, kalau dari Ujung genteng berarti tinggal menyusuri jalan arah pulang, sampai pertigaan setelah Surade, belok ke arah kanan atau timur, sedangkan kalau dari arah Sukabumi berarti persis sebelum Surade ambil kiri.

Dari Surade jaraknya hanya sekitar 10 km, tenang….. walaupun jalannya kecil berliku, namun cukup bagus dan mulus. Yang paling berkesan dari jalan tersebut nanti menjelang Cikaso kita akan disajikan jalan menurun berkelok menyusuri lereng jurang nan tinggi. Pemandangannya indah sekali, bukit-bukit tinggi dengan rimbunnya hutan di seberang ngarai, namun hati-hati karena jalannya relatif kecil, agak curam, serta jurang dipinggir sangaaaaattttt dalam. Namun tenang, dipinggir jalan sudah tertanam pagar besi penahan untuk mencegah suaru hal yang tidak diinginkan.

dermaga sungai cikaso
curug cikaso

Nah setelah turunan tersebut masuk daerah Cikaso dan ada pertigaan kecil di sebelah kanan, banyak penduduk baik hati akan langsung menunjukkan arah masuk ke parkiran curug cikaso, jalan tanah biasa seperti layaknya jalan ke sawah. Dari parkiran bisa langsung ke arah air terjun dengan menyusuri pematang sawah sejauh sekitar 500 m. Atau memilih naik perahu menyusuri sungai besar ( lupa nanya sungai apa ), sensasinya beda karena saat naik perahu tersebut seperti menyusuri sungai di hutan amazon, walau cukup singkat, hanya sekitar 5 menitan.

Turun dari perahu, langsung terdengar gerojokan air khas air terjun, dengan jalan 100 m maka akan nampak air terjun kembar nan indah sekali. Air berwarna putih kapas saat menghujam kebawah, dan air semu hijau di bawah air terjun membuat deka sangat takjub….. Tuhan Maha Indah……… dinding air terjun yang ditumbuhi lumut bagaikan karpet hidup yang cukup membuat sejuk mata. Hempasan butiran-butiran air lembut menyapa tubuh membuat pikiran fresh. Apalagi dikelilingi hutan yang sangat rindang dengan kicauan burung liar…… mau minta ketenangan seperti apa lagi???? Nikmat Tuhan mana lagi yang akan kau dustakan????

perahu ke air terjun cikaso
perahu ke air terjun cikaso

Di kedung air terjun tersebut ada peringatan dilarang berenang. Namun melihat banyak yang mandi, deka jadi kepengen juga, langsung terjun merasakan sejuknya air alami, hilang segala penat. Namun hati-hati, kedung sangat dalam dan arus bawahnya sangat kuat. Deka alami sendiri saat terjun ke air, untuk naik ke permukaan relatif agak lama, seperti ada tarikan dari bawah…… mending berenangnya di pinggir saja ya Lur.

Bagaimana dengan bandrol jajajan di situ??? cukup murah Lur… saat kita capek dan kembali ke parkiran, akan disajikan jajanan sepeti bakwan, pisang goreng, tempe goreng dengan ukuran relatif besar, dan harganya cukup 1000 rupiah…….. Bagaimana dengan tarif perahu? cuma 6500 rupiah untuk pulang pergi satu paket. Yang agak terasa mahal hanya parkir motornya, 8000 rupiah. Yups… Paradise yang tersembunyi ini sangat layak anda kunjungi bagi penyuka traveling dan turing…… Anda akan lupa kalau ini masih di dekat daerah anda…. Suerrrr kewer-kewer………..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

3 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha Punya Sempak………………………………. | 78deka

Silahkan Beropini