Beat 125 Lahir Tergantung Mio M3

suzuki

Yola dulur…. pembengkakan kubikasi mio menjadi Mio 125 merupakan api dalam sekam buat Beat-nya AHM. Meskipun new beat barusan mbrojol, bahkan 2 sekaligus, itu hanya reaksi jangka pendek dari AHM. Bagaimanapun pembengkakan kubikasi ini bikin AHM senut-senut menghitung ulang strategi dan menambahi pekerjaan rumah para insinyurnya. Nggak mustahil Beat 125 cc dalam 1-2 tahun ini akan mengaspal di jalanan.

new beat esp dan pop
new beat esp dan pop

Memang pihak AHM sudah memberikan jawaban kalau mesin 110 merupakan mesin yang seimbang antara performa dan efisiensi. Namun jawaban seperti itu adalah jawaban korporasi, jawaban dagang. Jawaban seperti itu mudah sekali berubah, sesuai dengan kepentingan bisnis mereka.

Bagaimanapun mio adalah metik yang perlu diwaspadai karena posisinya yang entry level yang notabene lumbung uang bagi kumpeni motor. Jangan hanya melihat performa 125 cc yang selisih sedikit dibandingkan mesin beat yang sekarang. Winning is winning, itu sudah menjadi acuan baku dalam penjualan. Efek psikologis buat konsumen akan terasa sekali saat team marketing bisa memanfaatkannya. Apalagi jika terbukti keiritan mesin 125 cc nggak kalah dibandingkan 110 cc. Siap-siap beat ikutan migrasi ke 125 cc dah.

Semua itu tergantung pada hasil penjualan mio m3 nantinya. Kalau sambutan konsumen sangat positif, tentu itu sudah cukup memicu trigger buat AHM untuk mengeluarkan senjata barunya. Kagak perlu penjualan mio m3 menyalip beat, cukup mengurangi jualan beat yang targetnya 2 juta dalam 1 tahun menjadi under 1,5 saja… wes…. Beat 125 cc bakalan meluncur.

mio m3 125
mio m3 125

Apakah pengaruhnya seperti itu mio 125 ? Yups….. ingat….mindset di marih adalah mindset overkill…. Yang banyak, yang gede lebih bagus dibandingkan yang sedikit. 2 lebih baik dari 1, 125 lebih manteb dibanding 110….meskipun nantinya kerasa atau enggak saat dipakai, itu urusan nanti. Itulah yang akan dimanfaatkan mio 125, selain sebelumnya harus membuktikan bahwa keiritannya nggak kalah dibanding 125 cc.

Memang beat yang sekarang masih menang fitur…. Namun yang pasti adalah metik ini bawaan honda, dari kacamata publik jaminan harga jualnya bagus. Namun kalau mio 125 cc sendiri banyak menggoda pembeli, khususnya kawula muda, tentu nantinya harga jual balik juga akan terkoreksi. Karena harga jual motor sebenarnya nggak memandang merk, selama motornya banyak laku, tentu harga jual baliknya akan bagus. Sebagai status quo, beat memang akan masih tetap mengambil keuntungan sendiri, ibarat main bola udah mengantongi keunggulan 2-0.

Apakah penjualan mio m3 akan menyalip beat di tahun 2015 ? Kalau berani mimpi siang bolong ya silahkan berasumsi seperti itu. Namun realistis paling hanya akan menggerogoti persentase saja…. Perkiraan yang realistis adalah terdongkraknya penjualan mio itu sendiri dan mengurangi penjualan beat… Meskipun beat akan tetap memimpin penjualan motor nasional….. Dan beat 125 akan muncul dengan sendirinya….

Bonus : Beat It ….. By Michael Jackson

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

9 Komentar

Silahkan Beropini