Mesin V-Twin Silinder Honda….. Terawangan Lereng Ciremai

vtr-250 engine

Yola dulur……om IWB, blogger yang terkenal akurasi bocorannya barusan membuat heboh blogsphere dengan bocoran bahwa prinsipal Honda jepang telah menyetujui proyek motor sport AHM dengan tipe mesin V-twin 250cc. Sebuah mesin dengan keunggulan torsi di rpm bawah yang lebih nampol dibandingkan inline twin silinder. Bagaimana dengan terawangan dukun lereng ciremai? deka barusan menghubungi dan minta petunjukkan πŸ˜€ .

vtr-250 engine
vtr-250 engine

Yup…. AHM sepertinya gerah minta ampun dengan kesuksesan R25-nya Yamaha. Sebenarnya bukan soal keuntungan dari hasil penjualan motor sport Yamaha tersebut, namun semuanya itu berpangkal dari Mindset dan Brand image Sport yamaha yang lebih unggul dibandingkan Honda… That… its….itu yang mau dikangkangi oleh AHM. Maka dari itu karena CBR 250 mono silindernya yang dilepeh oleh publik permotoran dimarih akan dicoba digebrak oleh AHM dengan mesin tipe baru yang belum pernah ada di marih….. V-twin silinder.

Bukan hal yang mengagetkan karena Honda jepang sendiri sudah lama mempunyai mesin ini, dulu terpasang di motor VTR 250. Setelah mengajukan permohonan pada Honda jepang, bahwa pasar Indonesia itu unik, akhirnya pihak prinsipal meng-ACC permohonan itu. Walaupun sebenarnya bertentangan dengan kebijakan prinsipal Honda jepang sendiri soal mesin yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Namun tuntutan pasar di marih…. akhirnya tembus juga.

vtr250_2009_engine_radiator
vtr250_2009_engine_radiator

Soal performa mesin twin silinder ini, jangan ditanya, VTR bisa tembus 40 dk keatas, dengan torsi yang nampol, sangat mengasyikkan untuk dikendarai sebagai motor yang beringas saat stop and go. Apakah mesin dengan performa seperti ini yang nantinya akan nempel di motor sport AHM? bisa iya bisa enggak. Kalau mesinnya sendiri buatan Jepang sih bisa sangat mungkin itu terjadi. Tapi melihat performa mesin VTR yang disunat menjadi 30an dk karena terhalang regulasi disana, apakah Prinsipal Honda berani membuka segel tersebut? Terus kalau mesin ini buatan AHM, mampukah mereka membuat mesin dengan kekuatan diatas 40 dk?

ilustrasi
ilustrasi

Bukannya meremehkan, namun melihat kebiasaan Β AHM yang menyunat performa mesin dari tipe CBU-nya yang menjadi pertanyaan. Dan pertanyaan lagi kalau performa mesin diatas 40 dk, mau dihargai berapa motor tersebut? sedangkan lawan-lawannya bermain di harga kepala 50an. Apakah AHM akan bermain di kepala 70an??? ya nggak strategis. Realistis saja mungkin akan diberlakukan sama dengan mesin CBR 150 kemarin, kurangi dikitlah…. biar harganya masuk. Meskipun demikian deka mengharap ya tetep mesin dengan full performa…. 40 dk akan menjadi nafas tambahan menggebrak pasar. Dan tidak lupa soal desain… kalau memble ya hanya akan menjadi motor segmented.. terbatas penggemarnya….

Untuk peluncurannya, terawangan dari lereng Ciremai kok mengatakan di tahun 2016 ya…. kalaupun 2015 mungkin hanya spyshot, motor uji coba, atau sekedar pameran saja. Sedangkan massprod di tahun 2016. Itu kalau melihat kebiasaan AHm dalam menjalankan proyeknya, nampak pada CBSF dulu. Lebih dari satu tahun untuk menjadi nyata. Lumayan, bisa ada waktu buat nabung buat yang demen….

Bagaimana realitanya??? mari kita simak bersama-sama…… ini hanya sekedar terawangan ala klenik mbah dukun lereng Ciremai…… korban rokok Dunhill sebungkus untuk mengorek terawangan ini…. πŸ˜€

Bonus : Its A Kind Of Magic….. Queen

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

24 Komentar

  1. gini,

    di negara yg aturan safety dan sim sangat ketat, nominal hp aja di sunat.

    so apakah ahm yg konsen dgn safety tdk akan sunat power di negara yg aturan sim serta kedisplinan yg sangat kurang ?

    jawab pastinya pasti di sunat

  2. Gk perlu berharap terlalu tinggi sm AHM bosssssss

    Gmn kyk cebong aj dl

    Khayalan fbh kambing setinggi langit

    Desain trellis bakalan kyk VTR

    Mesin powerfull kyk cbr thai

    Taunya??????

    Hanya bisa ketawa ngoaahaahahahahaaaa

    Desain cupu,tenaga selevel sohc

    Ngoahahahaahah

Silahkan Beropini