Bosch Menciptakan ECU Yang Bisa Conect Ke Smartphone-mu

suzuki

Yola dulur…. Info dadakan tentang tehnologi dari pabrikan sparepart mentereng untuk kendaraan, Bosch. Pabrikan ini telah menciptakan sebuah Electronic Control Modul atau ECU motor yang bisa dikoneksikan ke sebuah smartphone melalui konektifitas bluetooth atau melalui connectivity control unit.

ECU motor Bosch
ECU motor Bosch

ECU yang baru ini akan memungkinkan user menggunakan sebuah smartphone untuk membaca data ECU. User bisa membaca kapan motor perlu diservis. Rider pengguna juga dimungkinkan untuk memperoleh maupun menyimpan data seperti konsumsi bahan bakar motor rata-rata, lean angle, kecepatan rata-rata, top speed, serta jarak tempuh motor.

Pihak Bosch menerangkan bahwa smartphone juga bisa digunakan sebagai immobilezer unit karena terkoneksi dengan sistem injeksi motor. Sehingga nyala mesin motor hanya bisa dilakukan dengan smartphone pribadi tersebut. Hal ini tentu meningkatkan keamanan motor dari ganasnya maling yang bergentayangan.

ECU ini dikembambangkan memang khusus digunakan untuk motor. Sehingga ukurannya hanya seperlima ukuran ECU Bosch pada umumnya yang dipakai untuk kendaraan roda empat.

Pihak kumpeni juga mengklaim bahwa ECU ini bisa diterapkan ke hampir semua motor injeksi yang sudah ada. Mulai dari jutaan motor kommuter sampai ke motor high performace yang segmented di Asia, Eropa, maupun Amerika Utara.

Begitu ECU disetting untuk motor tertentu, maka ECU akan menyajikan fitur seperti riding mode, cruise control, atau dikombinasikan dengan tehnologi Bosch lainnya seperti Motorcycle Stability Control (MSC). ECU ini juga mampu mengkonfigurasi mesin sesuai dengan bahan bakar yang digunakan, bisa disetting untuk meminum Ethanol atau Bahan bakar biasa yaitu bensin. Weh…. Canggih tenan kie…..

Hauke Roesch, pimpinan proyek unit mesin kecil di Bosch menerangkan : β€˜The new Bosch engine management system is bringing digital intelligence to the two-wheeler.’

Sistem managemen mesin Bosch yang baru memberikan intelegensi digital pada sepeda motor…..

Saat ini Bosch sedang berencana memproduksi ECU ini di negara India ( lagi-lagi…. Kapan Indonesia? πŸ™ ), dan akan diproduksi di akhir tahun 2015 ini….

Sumber : Visordown

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

Silahkan Beropini