Begini Nih Cara ASIMO Membantu Peningkatan Performa RCV-nya HRC

(joe satriani)

Yola dulur…. info dadakan dunia ngebut resmi, motogp. Kali ini tentang canggihnya motor RCV milik tim HRC yang membantu Pembalapnya mendominasi kejuaraan balap motor prototype tercanggih seplanet bumi ini. Artikel ini adalah terjemahan dari artikelnya dedengkot wartawan motogp, mbah David Emmet, pengasuh Mottomatter.com tahun 2012 yang lalu. Kenapa mbah David emmet sebagai acuan? karena jika deka sendiri yang ngomong entar dibilang mengada-ada, ngibul, ngoyoworo, hoax de el el…..lha wong orang kampung kok ngobrolin tehnologi tinggi robot gedeg eh ASIMO…. yo ora mecing… 😀 . Beda jika sumbernya orang bule…… apalagi sekelas mbah david emmet…. 😀

ASIMO
ASIMO

Kemajuan performa motor tim Honda ini meningkat drastis saat mereka mengembangkan sasis baru untuk menyambut musim motogp 2011 di motor RC212V, namun bersamaan dengan hal itu, HRC juga membenahi sistem elektronik mereka. Nggak tanggung-tanggung, selama dua tahun mereka fokus mengembangkan piranti elektronik ini…… setelah membajak dua tehnisi kuncinya Yamaha. Maaf Jika Translatenya agak berantakan…. sudah maksimal untuk English deka yang kelas cas cis cus 😀 😀 .Kita tentu sudah mengenal ASIMO, robot buatan Honda yang dibangun sebagai demonstrator teknologi dari proyek Divisi Riset HRD mereka, tersedia beberapa teknologi penting untuk mesin MotoGP HRC. Inclinometer multidimensi yang digunakan oleh RC212V untuk mendeteksi perilaku motor adalah pengembangan langsung dari sistem yang digunakan oleh ASIMO untuk memantau keseimbangan robot seperti berjalan dan berlari. Inklinometer ini, terdiri dari kumpulan giroskop dan akselerometer, memberikan informasi tentang bagaimana posisi motor berubah: Apakah motor membelok melebihi batasannya apa tidak. mengatur cara kerja rem agar sinkron dengan kesimbangan. Seberapa keras seharusnya kekuatan pengereman. Seberapa cepat motor mauk ke dalam tikungan.

Atau mudahnya: inklinometer adalah pengukur kemiringan yang terdiri dari kumpulan giroskop ( atau biasa disebut alat penyeimbang gravitasi) dan akselerometer ( adalah suatu alat untuk mengukur percepatan sehingga dapat mendeteksi adanya perubahan posisi motor dan berapa banyak perubahan itu terjadi). Inklinometer sendiri alatnya sangat kecil, giroskop sendiri hanya berukuran 4mm x 4mm x 0.9mm, dan bisa dipasang pada papan sirkuit ( pcb 😀 )

giroskop
giroskop

Berdasarkan informasi ini, paket elektronik pada RC212V dapat mengubah karakteristik tenaga mesin untuk membantu rider mengontrol sepeda lebih baik. Dengan merasakan bahwa motor melakukan pengereman keras – terutama dengan menggabungkan informasi tekanan rem dengan data dari inclinometer tentang perilaku sepeda motor itu. Elektronik dapat mengatur jumlah engine braking yang diperlukan. Dengan sensing (merasakan dan mengetahui dari sensor ) saat motor menikung tajam, pengiriman daya dapat dibuat lebih halus untuk mencegah ban belakang dari over traksi terlalu besar. Dengan merasakan bahwa motor sedang proses berdiri di sudut keluar tikungan, pengiriman power dari mesin dapat menyalurkan power mesin lebih cepat, memungkinkan motor untuk segera gaspoll tanpa khawatir sliding berlebihan.

marquez
marquez

Makanya tidak heran jika style balap Marquez yang miring habis sampai 69 derajat tanpa khawatir ndlosor…. kecuali saat apes, kesalahan melebihi batas toleransi, karena semua terbantu oleh adanya perangkat elektronik tersebut yang mengaturnya. Berkali-kali bahkan sering deka melihat Marquez salah mengambil line tikungan, kesalahan dalam mengerem, namun tidak mengakibatkan efek yang fatal….. Apakah Yamaha dan Ducati tidak menggunakan piranti elektronik? Woooo….. jelas pakai Lur… namun dengan pendekatan berbeda, Yamaha contohnya mengguakan program logaritma yang super duper kompleks, dengan buanyak sensor, salah satunya ada ada di suspensi depan untuk menganalisa perilaku motor.

So…… asmuni Asimo effect pada motor RCV ini menurut deka adalah logis dan masuk akal, bukan sekedar bualan ngoyoworo belaka. Namun kenyataan sebenarnya hanya HRC yang tahu. Kalaupun tahu ya nggak bakalan dikemukakan di publik…. lha wong rahasia tehnologi…..Jiyaaannnnn tehnologi robot tenan…….

Sumber : motomatter dan lainnya

Bonus….. Mr Roboto ………….By STYX

 

Semoga bermanfaat

Wasssalmualaikum

 

35 Komentar

  1. Ane kalau inget om matteo ngomongin asimo dan dibully malah jd ingat the most joke of the year-nya FBH….ngaku nonton motogp via tv kabel karena jijik iklannya tapi apal bener ocehan matteo ttg asimo # jyan ngakak ra uwis2…..

  2. Ane kalau inget om matteo ngomongin asimo dan dibully malah jd ingat the most joke of the year-nya FBH….ngaku nonton motogp via tv kabel karena jijik iklannya di tv7 tapi apal bener ocehan matteo ttg asimo # jyan ngakak ra uwis2…..

  3. trus antara honda dan yang lain harus ngakuin dong kalo honda yg terdepan…..makanya dimari ga dikasih teknologi ini entar pada miring2….

Silahkan Beropini