Ducati MultiStrada Pertama Yang Akan Memakai VVT-nya Ducati….. DVT

Yola dulur…. dapat info dadakan tentang motor tajir dari Italia, Ducati. Motor yang terkenal dengan desainnya yang eksotis bin prestis ini sudah mengembangkan mesin motor yang dilengkapi dengan sistem VVT….. seperti yang mahfum dipakai di mesin mobil, VVT-I, VVT, Vtec, MIVEC de el el kalau mau diambil contoh mudahnya.

DVT
DVT

Ducati memberikan sinyal informasi kepada media permotoran tentang peluncurannya pada 15 Oktober sebentar lagi, dengan sebuah CLUE disebut “DVT”. Tidak ada rincian lain yang tersedia, meskipun asumsi mungkin adalah versi dari variabel sistem valve timingnya Ducati.

VVT bukanlah teknologi baru untuk sepeda motor. Mungkin contoh yang paling terkenal adalah VFR800 yang digunakan Honda VTEC (yang merupakan singkatan dari “Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control”) teknologi. Diperkenalkan ke VFR pada tahun 2002, VTEC akan mempekerjakan hanya dua dari empat katup di setiap silinder pada kecepatan mesin rendah. Ketika RPM  cukup tinggi, maka lifter pada dua katup lainnya akan aktifkan. Dengan sistem buka tutup katup yang diatur secara elektronik ini akan membuat mesin menjadi lebih efisiean dalam meminum behan bakar… mesin akan menjadi efisien.

Pemilik Ducati, Group Audi tidak asing dengan variable valve timing, dengan menambahkan sentuhan sendiri pada konsep variable valve lift system pada tahun 2008. Audi Valvelist Sistem menggunakan camshaft bergigi dengan lengan menawarkan profil cam yang berbeda. Pada kecepatan penuh, profil cam membuka katup sebesar 11 mm. Pada beban mesin ringan, profil cam kecil membuka katup dengan 2 mm atau 5.7 mm.

ducati multistrada
ducati multistrada

Mari kita tunggu saja pada 15 Oktober bagaimana Ducati akan menerapkan variable valve timing bersama dengan sistem signature mereka, desmodromic valve-nya. Ducati kemungkinan akan memperkenalkan DVT pada model baru, mungkin pada Multistrada diperbarui. Kebetulan, pengumuman DVT dijadwalkan untuk hari sebelum AIMExpo mana Ducati dijadwalkan untuk melakukan presentasi. Bagaimana dengan pabrikan jepang lainnya??? mereka sudah punya tehnologinya kok tinggal ada will apa enggak.

Sumber : alpaltandrubber dan yang lainnya

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

16 Komentar

  1. owalah di motor vrf sudah ada vvt. mantap!

    oya tuh DOHC pakai rocker arm juga seperti SOHC biar mudah mengatur timing valve.

    ya DESMO kan pakai rocker arm pada dasarnya. sayang kalo ga dimanfaatkan buat timing valve.

  2. Desmodromic aja sudah irit karena ringan gak pake pegas, apalagi ditambah valve timing

    jadi penasaran sistem valve ducati gimana, apa merubah timing seperti VVT,VVTI Toyota atau dengan sistem ungkitan klep seperti i-Vtec (Honda), VVTLI (Toyota), Valvelift / Camtronic (Audy / Mercedes), atau MultiAir (Fiat) dll

    kalo sekarang sistem yg paling canggih sepertinya baru ada 3.
    1. Valvetronic (BMW), 2. VVEL (Nissan) dan 3. Valvematic (Toyota)
    gak seperti i-Vtec atau VVTLI yg variabel angkatan klepnya cuma sekali, dari RPM rendah ke RPM tinggi
    kalo Valvetronic, VVEL dan Valvematic, variable angkat klepnya Continuous atau tiap RPM angkatan klepnya berbeda jadi bisa jauh lebih irit dan durabilitynya juga lebih bagus walau ditambah turbo

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Stop Press : Sistem Variable Valve Timing-nya Ducati, DVT Revealed…… | 78deka
  2. Spy Shot Ducati Multistrada DVT 2015 | 78deka

Silahkan Beropini