Bukti Kalau AHM Begitu Galak Di Segmen Metik

Yola dulur….. sangat menarik kejadian hari Jumat kemarin, saat muncul dua spyshot motor jenis metik dari 2 pabrikan yang berbeda. Sangat-sangat jarang dalam satu hari muncul 2 spyshot yang berbeda merk, namun sama dalam segi jenis dan kubikasi……

spyshot honda vario 150
spyshot honda vario 150

Pada pagi hari muncul spyshot yang sangat jelas metik yang diprediksi adalah metik 150 cc milik Yamaha, sedangkan malam harinya muncul spyshot metik AHM yang disinyalir adalah Vario 150. Mungkin saja hal ini adalah sebuah kebetulan belaka, namun mari kita lihat dari sisi yang berbeda…. ben seru untuk jadi bahan obrolan.

spyshot  honda vario 150
spyshot honda vario 150

Sudah kita ketahui bersama bahwa segmen metik merupakan core penjualan pebrikan motor untuk saat ini. Segmen yang paling gurih, empuk, renyah, dan lezat untuk dinikmati keuntungannya. Dan AHM begitu gembulnya dengan mengambil jatah hampir 70 % pasar metik. Suatu hal yang sangat diinginkan oleh pabrikan motor yang lain, dan mereka dengan berbagai cara akan merebut jatah tersebut. Ada ingin mengambil jatah tersebut secara pelan-pelan ( nggogohi bahasa jawanya ), namun ada pula yang terang-terangan ingin merebutnya, yaitu Yamaha yang dulu pernah mendekap mesra sebagian besar segmen metik. Ini tercermin dari petinggi Yamaha yang mengeluarkan statemen tersebut beberapa waktu yang lalu, yaitu Pak Eko Prabowo yang sudah mengundurkan diri dari Yamaha,

“Doakan saja yang terbaik, agar kami bisa kembali merebut market matik lagi,” kata Eko di sela-sela acara Fun Adventure Yamaha R25 Keliling Belitung.

Tentu ini sinyal yang akan ditangkap oleh AHM dan mereka akan bereaksi. Sebagai pemegang tampuk kekuasaan metik, AHM tentu akan jauh lebih waspada untuk segmen ini. Oke untuk kelas sport belum bisa menggoyahkan Yamaha, namun dimata deka itu hanyalah kemenangan kecil di pinggiran medan perang. Sedangkan di pusat medan, AHM terus menggedor mundur lawan, Market Share metik makin membesar direngkuh.

spyshot yamaha nmax
spyshot yamaha nmax

Dan tentunya awarness di segmen ini AHM jauh lebih sensitif….. radarnya lebih tajam. Makanya pergerakan sekecil apapun pihak lawan akan ditanggapi dan dicounter balik. Salah satunya saat Yamaha mengumbar isu mio blue core langsung direspon dengan beat facelift,beat versi pahe, vario 125 facelift. dan kemarin saat beredar  gambar metik 150 cc Yamaha, tanpa menunggu hari langsung dicounter memakai  foto Vario 150 cc. Bukan sebuah kebetulan belaka karena sangat-sangat jarang produk uji coba AHM tertangkap sedang di test ride di luar pabrik mereka. AHM punya sirkuit uji sendiri untuk mengetes motor-motor yang akan diluncurkan oleh mereka, kenapa metik ini bisa klayaban sampai Lembang??? Dari statemen pak Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), saat ini hanya Yamahayang melakukan uji di jalan umum

“Dulu kita sering ketemu dengan tester pabrikan lainnya, karena rutenya ada yang sama,” kenangnya saat pernah jadi tester Yamaha di era tahun 90-an. “Tapi sekarang tidak lagi, sepertinya hanya Yamaha yang masih melakukan tes di jalan,” terangnya.

Lah ini tumben-tumbennya Metik AHM keluar kandang sebelum waktunya…. sulit ditelan kalau ini hanya sebuah ketidak sengajaan. Opini deka, ini adalah bukti kalau AHM begitu galak menjaga pasar metik mereka. Jelas-jelas kan dibentengi sangat kuat, ibaratnya AHM akan jor-joran untuk metik mereka… sebuah hal yang menggembirakan buat konsumen. So….. jangan bikin marah AHM di segmen ini…. kalau nggak mau digigit balik…. Gigi ( modal ) AHM berlimpah dan sangat tajam…. mirip gigi ikan hiu….. weh…… AHM marah lagi……. Angry again…..

Bonus….. Megadeth…… Angry Again……..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

19 Komentar

  1. honda buat motor matik itu dasarnya adalah tuh motor fungsional. selain bagus gak gede2 amat. bisa buat kepasar larinya lumayan bisa buat anter sekolah mejeng dll. gak asal gambot. matic gambot itu segmentic. masa matic guede buat kepasar. dipake cewek juga kasian. kegedean. udah dipikir matang sama honda. kayak pcx. masa ke pasar jualan atau beli apa2 pake matic gambot. gak simpel. makanya dibuat matic yang sedang2 aja. kayak vario sama beat. semua umur bisa pake.

  2. yamaha kluarin jurus sakti no 1..

    hajar beat vario 110 dengan model yg mirip mungkin fitur juga tapi dgn mesin 125cc dengan harga setara beat facelit tar? ngoahahah

    jurus sakti no 2

    hajar (mungkin) vario 150 + pcx dengan NMAX 150cc dengan harga antara vario 125-vario 150cc?

    lha yg 125cc aja seharga 113cc

    mungkin yg Nmax 150cc seharga 18-20jt?
    ngoahahah

    btw ongkos bikin metic ma sport mahalan mana sih om?
    kan byson -nvl kisaran 23jt y?

  3. salah besar kl beranggapan selama ini ahm ga prnh uji jalanan,..ahm tidak sebodoh yimm yg klayapan di sekitar jkt doang,di pikir insonesia cm jkt pa?

Silahkan Beropini