Performa R15 Dan CBR150R Mana Yang Lebih Baik??? Ah….. Sama Saja…. Beti lah…

Yola dulur…..perdebatan tentang mana yang lebih unggul antara Yamaha R15 dan CbR150R seperti nggak ada habisnya. Diatara suporter masing-masing kubu mengklaim dukungan yang paling baik perfomanya, atau secara keseluruhan paket motor. Suatu hal yang lumrah lha wong masing-masing memandang dari sudut pandangnya sendiri-sendiri kok ๐Ÿ˜€ .

uji topspeed on speedo
uji topspeed on speedo

Bahkan sampai tiap hasil uji komparasi yang dibuat oleh media apapun akan menghasilkan perdebatan yang nggak terselesaikan, ekornya panjang pisan sampai nggak ketahuan ๐Ÿ˜€ . Hal ini tentu saja akan membuat sebagian calon pembelinya merasa kebingungan. Tentu sebagai calon pembeli akan memilih motor mana yang lebih unggul, suatu hal yang lumrah, harus malah.

Akhirnya para calon pemilih ini menunggu hasil uji komparasi ย yang dilakukan oleh media-media baik cetak maupun online. Namun ternyata semakin mencari referensi media, bukannya makin manteb malah makin bingung. Lha enggak bingung gimana coba? tiap komparasi yang dilakukan oleh media menghasilkan hasil keputusan yang berbeda-beda, yang satu unggul R15, yang satunya unggul CBR150R. Ane yakin,di dunia maya, termasuk blogger pun sebenarnya juga terjadi, namun ย berhubung blog statusnya simetris, bisa ada tukar balik informasi dengan pembaca, hal tersebut bisa lebih terkontrol.

Jpeg

Kembali ke komparasi dua motor ini Lur, sudah dilakukan uji dari performa di atas kertas, diatas mesin Dyno sampai uji lapangan baik drag, manuver sampai uji topspeed sudah pernah dilakukan. Dan hasilnya pun sudah kita ketahui bersama. Kalau kita jeli….. ternyata hasilnya itu ya nyaris beda-beda tipis atau beti, kalau deka nggak boleh bilang secara performa sebenarnya ya sama saja. Mesin 150 cc single silinder dengan kompresi 11 ke bawah ya akan sekitar angka itu…. kalau bicara mesin motor daily use. Memang angkanya ada yang lebih unggul dn ada yang lebih kecil, namun selisihnya tipis……

uji topspeed on gps
uji topspeed on gps

Deka ini gimana? nyatanya di media bisa unggul R15 atau CBR kok bilang performanya sama saja, apa deka pernah ngetes sendiri???? Hehehehe….. kaga perlu ngetes sendiri juga udah ada yang ngelakuin kok. Tinggal dibaca saj datanya, terus dianalisa. Kenapa deka bisa bilang kedua motor ini seimbang performanya, padahal datanya berbeda-beda……… nih kuncinya….

Sebuah komparasi dua hasil data dimana ada manipulasi kecil merubah hasil akhir ย maka sebenarnya dua data tersebut cenderung punya angka yang hampir sama “.

Nah… kalau udah kayak gitu mau pilih yang mana? kalau secara performa hampir sama? tinggal pilih desain yang disuka, kualitas, harga, perawatan, sama keiritan…. Kalau sama semua gimana? pilih yang sesuai dengan karakter berkendara anda……… Baru 2 pilihan saja udah heboh ya… gimana nanti kalau ada 4 pilihan…… saking bingungnya kaga jadi beli kali ya ??? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Semoga bermanfaat

Wassalamualikum

 

23 Komentar

  1. Saia nyerah om jadi fb kedua brand ini, trlalu heboh, padahal sama aja, saya berusaha ngikuti jejak ente aja, sedang mnjajaki review p200ns, toh dgn harga yg mepet, value nya lebih kaya nya, tntang pride , kayanya terlalu naif berharap pride di 150cc, (apalagi topspeednya)
    Gimana menurut om? Heheheh

    • Ovi ane uda sakit2an om (wajar 6tahun di geber dgn pmakaian diatas rata2) smntara motor itu buat sauya ibarat kaki, so nunggu injeksi , blm tau kapan lahirnya, (uda sharing2 ma anak grup juga). Kalo diatas 4bulan , ane milih yg karbu aja dah, mmg kmunduran sih, setelah mmakai motor injek selama 6tahun, malah pake motor karbu :mrgreen: , yahh tapi gapapa lah itung2 belajar nangani mesin pengapian dan elektik “manual” heheh, kadung ngidam,,,,

      • servis karbu itu mudah kok… asal berani bongkar, modal karbu cleaner…..ane dulu dari nggak tahu sampe tune-up sendiri ๐Ÿ˜€ gara2 nekat.keiritan karbu ada di tangan bro…..beda ama injeksi yg udah tinggal betot…..

  2. setuju gan, r15 dan cbr lokal hampir sama performanya, kalaupun ada salah satu yg lebih unggul jika di apikasikan di jalanan nggak akan signifikan bedanya alias nggak terlalu keliatan, lain soal kalo yg make macam sigit pd atau dhimas ekky di ajang balap gitu mungkin akan cukup jelas terlihat bedanya ๐Ÿ˜€
    meski performa beti, feel kedua motor ini bisa saja berbeda, cbr lokal yg mengandalkan dohc overbore mungkin akan berasa lebih smooth dan ‘adem’ di rpm tinggi drpd sohc overstroke r15

  3. mas deka saya ada ide nih. terinspirasi dari mesin V-twin 250 itu. gimana kalau kelas 150 dibuat 2 silinder V-twin. Gokilnya salah satu silinder tipe SOHC & satunya lagi tipe DOHC :mrgreen:

    mau irit bisa!

    mau laju juga bisa ๐Ÿ˜€

    gimana!

Silahkan Beropini