Halo… Apa Kabarmu Vixion Killer ???

nvl dari wak haji TMC
suzuki

Yola dulur….judul diatas bukan bermaksud untuk meledek atau apa, namun deka mempertanyakan kelanjutan proyek yang sering didengungkan oleh pihak FBH atau entah siapa. Vixion killer, atau motor yang secara penjualan digadang-gadang akan mengalahkan motor andalan Yamaha di kelas sport 150 cc.

nvl dari wak haji TMC
nvl dari wak haji TMC

Tidak kurang dari new mega pro, CB150 SF, New Megapro FI, bahkan sampai motor sport entry level Verza sudah diluncurkan. Namun tak satupun belum pernah ada yang menyentuh atau menempel ketat penjualan vixion. Bahkan dulu saat ramai-ramainya peluncuran motor sport Honda sempat berdengung, Honda akan meluncurkan Sang Jendral yang akan meluluh lantakkan kelas sportnya Yamaha. Sampai sekarang deka juga masih bingung, sang jendral yang dimaksud itu motor yang mana, sudah diluncurkan apa belum?

Niatan AHM untuk merengkuh julukan Raja Sport di tahun 2014 ini sebenarnya sudah didengungkan oleh para petinggi AHM, istilah kasarnya Kill Yamaha, Cek artikel ini. Mereka dengan CB150R street fire berambisi meruntuhkan hegemoni Vixion series. Dengan modal mesin 150 DOHC ala CBR150, AHM begitu optimis akan meruntuhkan singgasana vixion dengan sohc 4 klep-nya.  Setelah berjalan 2 tahunan tanda-tanda itu muncul di bulan Mei 2014 ini kalau enggak salah dimana CB150 SF mencapai penjualan diangka 20 ribuan, sedangkan Vixion series terkoreksi turun diangka kepala 30 ribuan atau sekitar segitu lah deka males cari datanya lagi 😀 .

cb150r
cb150r

Namun setelah itu, kok seperti nggak ada kabarnya. Pihak perusahaan yang biasanya mengumbar data penjualan bulanan nasional aka data AISI, termasuk kelas sport kok seperti entah kemana. Hal itu membuat deka nggak bisa mengikuti perkembangan nasional di kelas sport secara terperinci. Beberapa kali keluar data AISI namun penjulanan motor secara umum. Sampailah saatnya deka membuka warungnya Gus Triatmono yang menunjukkan data penjualan kelas sport 150 cc, khususnya antara Vixion dengan CBSF

Sebagaimana di artikel sebelumnya,… di bulan Agustus motor sportz Honda hanya bisa menjual 20 rebu unit… sedangkan Yamaha bisa 47 rebu unit …!!! Jika dilihat pilar utama motor sportz Honda yaitu Honda CB150R hanya terjual 10 rebuan unit … what r u kidding …??? Nope … trend 3 bulan dari data … mulai turun yang biasanya 20 rebuan … mulai masuk ke belasan rebu … terus sampai 10 rebuan unit/bulan …!!! Sedangkan kompetitornya Yamaha NVL … stay di level 35 – 40 rebu unit …!!! Ini belum masuk ke arah motor entry level Verza yang juga mengalami ‘tekanan’ … sebagai pilar kedua …!!! Gap antara musuh bebuyutan Yamaha NVL vs Honda CB150R memang… sudah mulai jauh Yamaha NVL meninggalkan kompetitornya …!!!

Andaikan benar apa yang diunggapkan oleh Gus Tri tersebut…… waduh….bakalan gagal maning kie son program kill yamaha di segmen sport…..entah kalau penjualan sport secara keseluruhan, namun berkaca dari artikelnya Gus Tri tersebut kok tahun ini bakalan agak susah untuk menumbangkan penjualan kelas sport yamaha, thus…. bulan tinggal dua setengah bulan lagi. Apakah akan cukup untuk menutup gap penjualan yang ada? ane kok pesimis.

Nah melihat hal ini, sangat menarik dengan proyek-proyek AHM di kelas sport di tahun 2015 nanti. Apa yang akan dilakukan oleh si raksasa motor ini untuk melanjutkan program vixion killer dan kill yamaha-nya. Entah dengan strategi upgrade si dohc naked, menambah motor sport baru, atau entah apa. yang jelas akan sangat menarik melihat 2015 nanti pemain di kelas ini akan bertambah dengan Kawasaki dan Suzuki…. Bukan head to head antara Honda dan Yamaha, namun royal battle empat pabrikan. Siapakah yang akan menyandang sebagai Vixion Killer????? atau malah menjadi butuh Pain killer???

Bonus….. Judas Priest…..between hammer and the anvil….album Painkiller

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

26 Komentar

  1. Triatmono dipercaya.Goblok ente !!!!!!!!!!!
    Ibarat perang yamaha. Benteng pertahanan yamaha sdh hancur. Tinggal bs bertahan di menaranya saja. Pemikiran honda lbh pinter dr perkiraan para pengamat amatiran. Sumber keuangnya dihancurin dulu, tinggal babat bagian atasnya. Ini bisnis bung. Semua pake strategi. Lht diluar sana di india yamaha cuma dpt ms 3%,brazil cuma 10% dsb. Cuma di indonesia saja yg msh agak laku ,itupun terus menurun. Kata orang dlmAisi sebenarnya realnya yamaha sdh dibawah 30%. Sementara honda kian melambung dan semakin besar ms nya. Untuk biayai wsbk saja yamaha sdh tdk mampu. Untk mengelola 2 plan produksi saja yamaha msh banyak iddle, bandingkan honda yg punya 4 plan produksi. Dan tdk muatahil honda sebentar lagi akan mencapai ms 70%. Makin miskinlah yamaha . jangan pernah meremehkan honda. Kawasaki saja mengakui dan gak mau frontal berhadapan dg honda.makanya kawasaki milih varian yg honda gak konsen. Lah ni yamaha mau frontal dg honda, yah tinggal tunggu gulung timarnya

  2. Kalo saya baca dari artikel gus tri analisanya hanya berdasarkan data tanpa melihat real dilapangan seperti gimana .

    Terlihat dengan angka segitu Honda berusaha menggiring Yamaha ibarat ke pinggir jurang, terlihat type sport menumpuk di dealer, artinya Yamaha pajang uang disana tapi belum ada yang laku.
    Sedangkan Honda sangat jelas stock sportnya sangat sehat artinya tidak banyak menumpuk sport di dealer artinya secara finansialpun terjaga.
    So tinggal tunggu saja gimana saat yang tepat nanti

    Mau bukti ? Lihat di dealer Yamaha gimana stock sportnya.. menggularrrrrrrrrr bung

  3. @Rahayu
    Komen sampeyan kok aneh ya, memang ada masalah apa dg stock yg banyak? Toh barangnya laku (sesuai data aisi). Yg ndak beres itu kalo numpuk stock tapi ndak laku.

  4. @rahayu
    honda sama yamaha pasti produksi segitu karena permintaan pasar juga , di dealer honda sportnya dikit soalnya kalo ngirim ke dealer banyak yg beli sedikit , jangan membandingkan jumlah motor yg dipajang di dealer karena yg di dealer bisa saja sudah dipesan dan kalo yg di dealer dikit bisa aja yg lainnya masih disimpen

Silahkan Beropini