Ketika Sebuah Mobil Sport VW Berjantung Ducati

Volkswagen-XL-Sport
suzuki

Yola dulur…. info dadakan tentang sebuah mobil sport VW terbaru namun dengan jantung sebuah mesin motor. Ya…. sebuah mobil coupe nan sporty keluaran pabrikan Jerman, bukan Jejer Kauman ya 😀 , Volkswagen XL Sport ini memang dibekali dengan sebuah mesin Ducati 1199 Superleggera.

Volkswagen-XL-Sport
Volkswagen-XL-Sport

Salah satu keuntungan dari diakuisisinya Ducati oleh  group Audi AG adalah group itu (perusahaan induk Volkswagen) bisa bermain-main dengan konsep menarik yaitu berhak mengunakan tehnologi yang dipunyai oleh Ducati ke produk mereka, dan VW memakai mesin ducati untuk proyek mobil ber cc kecil, kompak, namun Powerfull.

ducati superleggera 1199
ducati superleggera 11

Volkswagen XL Sport didasarkan dari Volkswagen XL-1, sebuah mobil dengan mesin diesel / listrik atau hibrida. Dan mobil tersebut mendapatkan julukan mobil paling  irit bahan bakar sepanjang masa produksi. Dengan dasar mobil itulah VW memakai drivetrain hibrida dari XL1 untuk model Sporty,dan untuk mesin bahan bakarnya menggunakan mesin v-twin 1198 cc milik Ducati 1199 Superleggera.

Mesin Ducati superleggera tersebut dituned ulang sehingga mampu memuntahkan ouput power sebesar 197 dk yang mampu melecut Volkswagen XL Sport ke topspeed 168 mil/jam atau sekitar 270 km/jam…weh……untuk mencapai topspeed tersebut mobil ini juga dibantu dengan desain bodi yang aerodinamis, dimana koefisien dragnya hanya 0.258, dimana sebagai gambaran, mobil sport Pagani Huayra mempunyai koefisien drag 0,310.

Volkswagen-XL-Sport
Volkswagen-XL-Sport

Untuk mencangkokkan mesin Ducati Superleggera tersebut ke chassis XL Sport, VW menggunakan transmisi model step-down ke mesin. Volkswagen juga menyematkan transmisi otomatis dual-clutch ke drivetrain, membuat mobil XL Sport mampu berakselerasi 0-100 km/ jam  hanya dengan waktu 5,7 detik saja.

Weh….. mesin dengan kubikasi dibawah Avanza 1,3 ini ternyata tajir juga yah….. untuk memuaskan mata, monggo dinikmati galeri kawin silang mobil dengan motor tersebut.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

Silahkan Beropini