Kawasaki Ninja 150 4tak…..Bagaimana Jika Pakai Mesin KTM RC?

kawasaki ninja 150 rr
suzuki

Judul diatas seperti bombastis dan jauh dari nalar. Motor merk Jepang tapi bermesin merk eropa, motor merk Kawasaki tapi mesinnya KTM…..opo nggak terlalu gemblung pemikirannya. Apalagi ini menyangkut motor yang terkenal seperti Ninja 150 CC yang buat Kawasaki adalah sumber pendapatan yang besar.

kawasaki ninja 150 rr
kawasaki ninja 150 rr

Kawasaki memang sedang mengalami fase transisi dari zona nyaman ke sebuah tantangan untuk kelas paling merakyatnya… sport 150cc. Saat gacoan utamanya si legenda ninja 150 digoyang oleh kebijakan pemerintah tentanga aturan emisi. Seperti kita ketahui bahwa jikabicara motor produksi masal, ninja 150 adalah the last 2 tak bike in Indonesia….mungkin dunia kali ya….. Sebuah prestasi bagus untuk kelas 2 tak bertahan dari gempuran tehnologi 4 tak.

Kemudian untuk melanggengkan ninja 150 ini ada wacana untuk menggunakan mesin 4 tak….karena bagaimanapun kelas 150 cc adalah lahan yang paling luas dibanding kubikasi diatas 200 cc.Rumor yang beredar mengatakan bahwa ninja 150 akan dibekali mesin KLX-150…..hmmm……. antipati kemudian merebak karena itu mesin jadul….. tehnologi lama 2 valve, sohc…. what the hell damn engine……bukan karena performa mesinnya… namun ke-up to date-an tehnologi.

Nah… lantas apakah judul diatas ada korelasinya dengan kondisi ini? Mari kita runut bersama….pelan-pelan sambil nyemilpisang goreng atau ngopi. Dalam mengeluarkan motor baru, tentu pihak kumpeni akan melakukan riset panjang dulu, dan ini adalah sumber permodalan yang sangat besar…riset motor dengan mesin baru. Jika ingin menghemat biaya, Kawasaki bisa memanfaatkan jaringan bisnis yang sudah terbentuk. Ibaratnya tinggal riset barang milik kolega yang sudah ada namun sesuai dengan perjajian jalinan kerjasama yang sudah ada…..hemat biaya, hemat waktu….

bajaj-ktm-kawasaki
bajaj-ktm-kawasaki

Kawasaki sudah bekerjasama dengan Bajaj India, sebuah korporasi motor yang cukup kuat dan disegani. Tinggal mencari mesin di kelas range 150 cc milik mereka…..Bajaj mempunyai banyak motor dengan kubikasi under 200 cc. Namun masalahutamanya adalah kualitas dan tehnologinya masih dibawah kawasaki, terus secara image??? hmmm tahu sendiri kan…. Wah… jelas-jelas tipis kemungkinannya, Kawasaki tidak akan mempertaruhkan nama ninja dengan strategi seperti ini.

Tapi tunggu dulu…… second hand Bajaj ada sesuatu yang sangat menarik… KTM….. ya… sebuah nama yang punya image sangat bagus….eropa, motor super duper tangguh, motoGP. KTM sudah bermain di beberapa faktor barusan, dan….modalnya sebagian dimiliki Bajaj auto. Jadi sekarang ada kaitannya antara Kawasaki-Bajaj-KTM. Nah…. jika nantinya Ninja 150 memakai mesin KTM, tentu imbasnya akan positif…..merk jepang, mesin kerjasama dengan KTM, sebuah motor eropa. Imange akan melambung, dan tentunya secara kualitas juga bicara.

Apakah akan menjadikannya mahal? ada cara agar tetap terjangkau masbro…. follow the Bajaj Way…. ya….lagi-lagi Bajaj memegang peranan penting lagi…. pabrik di India-nya berperan besar dalam cara memproduksi motor atau mesin secara ekonomis. Dan jika dilakukan dengan cara ini, minimal dua pangsa pasar besar didapat… pasar India dan tentunya bisa ke Indonesia dalam bentuk CKD……

ktm rc200
ktm rc200

Terus mesin apa yang dianggap pantas untuk si penglaris Kawasaki iniyang masuk kriteria up todate secara tehnologi…. Yups…. KTM RC-125 dan KTM RC-200…..motor sport yang barusan rilis oleh KTM Bajaj. Lho mana yang kelas 150? yah… tinggal bore up 125 cc atau perkecil RC-200….sangat mudah untuk pabrikan sekelas mereka.

Nah… sekarang klop sudah deka menerangkan judul di atas… Gimana dulur jika Kawasaki Ninja 150 4 tak bermesin KTM RC…… Silahkan share dikolom komentar saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

14 Komentar

  1. boleh juga,, secara dari segi performa mesin KTM termasuk jempolan.. tentu kawasaki gak boleh mengesampingkan performa untuk gen ninja..

    atau mungkin kawasaki akan membuat mesin 150cc 4 tak dohc sendiri yang kencang dan irit.. bikin kapal selam canggih aja bisa, masak bikin mesin baru gak bisa..

  2. bikin mesin sendiri dong…pesawat terbang bisa,shinkansen bisa,kapal selam soryu bisa,english tunel bisa,ruang angkasa bisa …tibang mesin 150cc 4tak dohc mah eceeeeesss…tinggal KHI nya mau ga?

    • its about bisnis…. kalau ada cara yg lbh ekonomis why not…. mungkin itu yg terpikirkan, lagian divisi motor buat kawak itu kecil…. imbang denga divisi mobilnya yg kerjasama dengan subaru

Silahkan Beropini