Gara-Gara RCV1000R Pake Spek Rc213V, Yamaha Merubah Kebijakannya Ke Tim Open Class

Yola dulur….. info dadakan dari dunia kebut-kebutan balap motogp. Kalau dulu tim balap biru, YFR mempunyai kebijakan bahwa nanti sampai akhir 2015 tim open class mereka Forward racing tim hanya akan dipasok mesinnya saja, sedangkan chassis memakai pengembangan sendiri. Namun karena suatu hal, keadaan yang memaksa tim biru ini merubah startegi dan kebijaksanaannya.

tim forward aleix espargaro
tim forward aleix espargaro

Ini semua karena kebijakan tim HRC yang akan mencangkokkan motor spek RC213V tahun ini ke tim satelit mereka. HRC mengupgrade besar-besaran motor RCV1000R tahun ini yang dianggap gagal memenuhi ekspektasi para pemakainya.

Kebijakan Yamaha ke tim Forward yang berbasis di Italia ini, awalnya menyuruh tim untuk mengembangkan chassis sendiri, sekarang merubahnya dengan opsi menggunakan motor spek YZR M-1 plus chassisnya, namun diberi kebebasan untuk mengembangkan project chasis mereka untuk musim depan. Aleix Espargaro saat ini membalap dengan mesin YZR-M1 plus chassis, namun Alex de Angelis teammate barunya nanti akan menggunakan M1 dengan frame Forward buatan Inggris. Chassis ini dirancang oleh mantan bos FTR Mark Taylor dan dibangun oleh Harris Performance.

Bos Yamaha Lin Jarvis menguraikan rincian perjanjian Terbuka YZR-M1 dengan Forward untuk musim depan dan dia mengatakan kepada MCN: “Kami telah mengubah rencana. Konsep asli dari proyek Open class adalah bahwa kita akan memasok mesin. Kemudian untuk chassis untuk membantu Forward kami memasok mereka dengan chassis dan yang bekerja untuk keuntungan mereka dan membuat mereka kompetitif.

(lin jarvis)
(lin jarvis)

Namun kebijakan ini hanya berlaku untuk tim Forward saja, jika nantinya ada tim open class yang ingin kerjasama dengan Yamaha, maka pihak YFR hanya akan memberikan paket mesin saja.Kata Lin Jarvis, mereka tidak mungkin menyediakan chasis untuk 3 atau 4 tim sekaligus….. nggak mungkin

“When we went into the early negotiations for next year, we said to whoever wants to partner with us it is going to be an engine only package. If we supported three or four riders it is physically impossible for us to support all those chassis.

Yamaha juga berencana untuk meng-upgrade motor YZR-M1 itu dan akan ditawarkan untuk Forward. Khusus elektronik akan sedikit berbeda karena kebijakan aturan Open Class. Dan tentu saja tanpa seamless gearbox, karena kan terbentur biaya yang akan dikeluarkan oleh tim open class akan membengkak dan menjadi beban tim tersebut.

Jarvis added: “It will be an upgrade on what they have now but slightly different to because the electronics are obviously different for the Open class.

“They will not have the seamless gearbox because the standard championship software doesn’t allow you to configure it right now. In the future it will be different but right now you can’t do it. And the other reason is pure cost. It is simply too costly for an Open class team.”

Sumber : MCN Sport

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

6 Komentar

  1. ubahan kebijakan, ini menyangkut bisnis, bisnis dn bisnis supaya tetep bersaing, klw gak kan team satelit serta open class akan teriak2 gak puas

Silahkan Beropini