Ninja 250 Akan Menggunakan Assist And Slipper Clutch Engine…Serasa SSG MotoGP Nih…..

ninja 250 SE 2015
suzuki

Yola dulur….. dapat info dadakan dari media Malaysia tentang New Kawasaki Ninja 250 tahun 2015 nanti. Yups…..motor sport 250 cc milik kawasaki ini memang sudah agak lama tidak mendapatkan sentuhan baik facelift maupun upgrade.

ninja 250 SE 2015
ninja 250 SE 2015

Namun setelah adanya tekanan dari kemunculan yamaha R5, pihak prinsipal langsung bergerak cepat untuk memberikan sentuhan kepada motor yangidentik dengan sport cakep, kencang di marih ini. Nggak tanggung-tanggung, langsung diberikan upgrade di sektor mesin. Soal facelift desain…. mari kita lihat kedepan akan terjadi apa nggak, yang jelas desain akan mirip-mirip dengan yang sekarang, paling lampu doang ( halah…mulut kok nerocos sih 😀 ).

Dan upgrade ini bikin deka deg-deg ser….. soalnya fitur ini termasuk baru pertama ada di kelas 250 cc dimarih. Upgrade mesin kawasaki ninja akan menyentuh soal performa mesin, Assist And Slipper Clutch. Panganan opo kuwi??? hmmmmm….setelah buka-buka buku petunjuk (halah) Assist and slipper clutch atau disingkat AASC adalah sisitem kopling yang lebih ringan, efisien dalam penyaluran power, dan mengurangi engine brake saat terjadi deselerasi atau penurunan kecepatan motor. Gampangnya adalah versi lebih sederhana dari sistem SSG di motogp yang awalnya terkenal dengan SSG harom ituh…. ( 😀 ).

assist and slipper clutch
assist and slipper clutch

Terus cara kerjanya bijimana coy??? dan setelah ane tanya ke pembuatnya, yang jelas bukan Darmogati, bisa mubal mawut nanti, diagram sederhananya ada di gambar atas tersebut. Ada dua bagian utama dalam Assist dan Slipper clutch, yaitu  Assist cam dan Slipper cam. Assist cam dalam warna hijau muda dan  Slipper cam dalam warna hijau gelap.

Assist clutch beroperasi dalam kondisi operasi normal untuk memberikan tenaga mesin ke transmisi. Assist cam memiliki mekanisme self-servo, sehingga akan membantu pengendara untuk merasakan operasi kopling lebih rinngan. Slipper cam akan berfungsi saat ban belakang mengalami pengereman berlebihan atau saat perpindahan gear persneling  yang membuat ban berputar lebih cepat dari kopling itu sendiri. Jadi Slipper clutch akan memisahkan hub kopling dan pelat gerabox (CMIIW).

kawak zx636clutch

 

Dengan Sistem kerja ini, motor akan akan terasa berkurang engine brake dari ban belakang karena rotasi dari ban dipotong oleh Slipper cam. Untuk motor dalam mode balap  dengan slipper clutch ini akan ada pengaturan di mana kita dapat mengatur seberapa banyak engine brake yang kita inginkan sebelum cam Slipper akan berfungsi dalam operasi mesin.

Nah….. dengan pengaturan engine brake ini, otomatis akan mempercepat akselerasi saat stop and go, keluar masuk tikungan maupun saat perpindahan gigi. Wes pokoke bisa bergaya seperti pake seamless sift gearbox dah….. Nah gitu dong kawak….. biar konsumenmu nggak berpaling muka. Semoga terealisiasi nyata untuk ninja di sini.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

 

13 Komentar

Silahkan Beropini