Motor Dengan Bahan Bakar Gas, Bisakah?

suzuki

Yola dulur…. saat kelangkaan bbm terjadi dimana-mana, membuat kita merasakan begitu pentingnya bahan bakar untuk aktifitas kita. Namun sayangnya sumber energi minyak ini adalah jenis sumber energi yang tidak bisa terbaharui.

antrian pom
antrian pom

Minyak bisa diandalkan jika ketersediaanya tercukupi, sedangkan menurut para pakarnya, cadangan minyak di bumi ini makin menipis. Terus nanti kendaraan kita mau pake apa agar bisa bekerja? Pertanyaan-pertanyaan itu banyak didapat dari msyarakat pada umumnya.

Memang sekarang sedang dikembangkan tehnologi yang ramah lingkungan, zero pollutant dengan cara merubah mesin internal cobustion dengan elektrik. Ya…merubah energi minyak ke energi listrik yang terbaharukan. Namun kendala yang paling banyak ditemui di electric engine adalah penyimpanan listrik yang membutuhkan tehnologi mahal, serta lamanya merecharge batere tersebut. Belum lagi resiko kebocoran listrik saat kondisi tidak kering. Seperti yang kita ketahui bersama, musuh listrik adalah air, jika bocor maka akan terjadi korsleting. tehnologi elektrik adalah tehnologi yang melompat sangat jauh dibandingkan yang ada sekarang.

Tehnologi listrik memang  masa depan, namun menurut deka masih terlalu jauh. Sedangkan ada pendekatan lain yang lebih dekat dengan tehnologi mesin berbahan bakar minyak bumi, yah minimal ada 2  jenis. Pertama adalah bahan bakar gas, dan yang kedua adalah tehnologi fuel cell. dan yang paling dekat diantara dua itu adalah bahan bakar gas. tehnologi ini sangat dekat dengan tehnologi berbahan bakar minyak.

premium2gas

Mesin dengan bahan bakar gas hanya membutuhkan penyimpanan gas di motor dengan bahan yang sangat kuat. Begitu juga dengan saluran gas dari tangki penampung ke arah mesin juga perlu modifikasi yang aman agar terhindar dari kebocoran. Kemungkinan juga dengan sejenis klep-klep pengaman agar jika terjadi kebocoran, bisa menghentikan kebocoran gas dari tangki. Selebihnya hampir sama dengan mesin berbahan bakar bensin, tinggal remap ulang pengapian agar sinkron dengan daya bakar gas dalam ruang pembakaran.

Motor_Bahan_Bakar_Gas_3_Kg

Lihatlah kreasi  diatas, secara sederhana saja bisa terbukti bekerja, dan dikerjakan oleh rakyat awam. Jadi seharusnya para insinyur pabrikan motor akan sangat mudah membuat motor dengan bahan bakar gas. Motor tidak lagi mengangkut tabung gas seperti diatas, namun sudah dalam bentuk tangki gas layaknya tangki bensin seperti sekarang ini. Tinggal keinginan, will perusahaan tersebut ada atau tidak. Deka yakin akan sangat disetujui oleh pemerintah karena efeknya akan sangat meringankan beban pemerintah.

Pemerintah sudah tidak terbebani dengan anggaran untuk mensubsidi bahan bakar minyak lagi. Pemerintah sudah tidakakan lagi repot mengimpor minyak yang makin lama makin menjulang saja. Pemerintah tidak akan lagi mengikuti konflik-konflik lauar negeri yang saling berebut minyak. Karena negeri ini sangat kaya dengangas bumi, sangat berlimpah. Pengolahan gas bumi inipun tidak seribet dan semahal minyak. Harga gas juga jauh lebih murah dibandingkan minyak, tinggal mempersiapkan infrastruktur saja nantinya.

Coba bayangkan, nanti kita mengisi bahan bakar di pom pertamina, namun yang diisi berbentuk gas ditangki kita, bukan hal yang muluk-muluk kan? Motor yang ada sekarangpun tidak akan terbuang, tinggal modif instalasi dan ganti tangki agar bisa menggunakan bahan bakar gas. Jangan berkata tidak mungkin, lha wong mengganti minyak tanah ke gas saja sukses kok. Tinggal Will antara pemerintah dengan industri otomotif, khususnya pabrik motor.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

5 Komentar

  1. Sejak konversi minyak anah ke gas (dan mulai ada gas ukuran 3kg) uda banyak motor di modif pake bahan bakar gas, salah satunya teanga kampung yg ngubah becak motor yg biasa buat angkut barang, (beliau kbetulan agen gas elpiji 3kg), menurut yg punya sih lebih hemat biaya ktimbang premium,,

  2. ini mah basi boss, kalo ada tindakan nyata dari pemerintah, pasti masyaraktnya nurut kok, kan namanya pemerintah ya yg ngasi perintah doank… kasi alat konversinya gratis langsung pasang, nah tinggal pertamina sediakan pom pengisian gas…. tapi jgn spt digambar, ga praktis…. fungsikan tangki orisinal motornya aja…..

Silahkan Beropini