Yamaha’s Blue Core Engine… Makanan Apa Itu ?

Blue-Core-concept
suzuki

Yola dulur… saat membahas new mio yang akan menggunakan mesin baru, terselit istilah “Blue Core Engine”. Ane pikir itu adalah mesin khusus metik yamaha teranyar, eh ternyata bukan dulur sekalian. Terus blue core itu makanan apa? maksude piye? Setelah telisik sana, telisik sini, ternyata blue core itu adalah sebuah konsep menyeluruh dari motor yamaha itu sendiri, yah….mirip denga SKY-ACTIVE-nya Mazda gitu…..

Blue-Core-concept
Blue-Core-concept

Ane pribadi pada awalnya menyangka blue core itu adalah sebuah tehnologi baru, minimal pada core atau inti dari sebuah mesin. Disini adalah ruang pembakaran, sebagian atau seluruhnya terdapat part dengan logam warna biru atau apalah, yang mempunyai efek efisiensi dari reaksi kombusi atau pembakarannya, berkaca dari kata Blue yang identik dengan ramah lingkungan.. Dan ternyata dugaan deka sebagian salah 😀 😀 …maklum cuma tebak-tebak buah manggis.

Blue core sendiri ternyata bukan hanya konsep untuk mesin metiknya saja, namun hampir semua mesin baru yamaha yang akan datang menggunakan menggunakan konsep ini. Jadi selain metik, kan diterapkan juga ke motor cub aka bebek, sport naked dan sport fairing nantinya, dan salah satunya adalah mesin motor seri FZ aka Byson V2 yang barusan  diluncurkan di India.

blue core ingine
blue core ingine

Pihak Yamaha mengatakan blue core adalah “Pengembangan mesin ideal generasi baru”. Ini menunjukkan bahwa Anda dapat memperoleh kinerja dan atribut-atribut dari bagian mesin, elemen-elemenmesin yang sama menyenangkannya sambil menikmati konsumsi bahan bakar rendah, yang datang secara luas dalam kategori Eco. Untuk menelusuri lebih lanjut, ini berarti bahwa pengembangan mesin harus mengurus efisiensi pembakaran,  dan kontrol pasokan power loss bahan bakar dan waktu pengapian untuk memaksimalkan kinerja mesin serta ekonomis. Dengan cara ini, otomatis polutan yang dihasilkan oleh pembakaran mesin juga akan lebih ramah lingkungan.

Blue-Core-concept
Blue-Core-concept

Dari sektor mesin, konsep blue core ini terdapat pada modifikasi part-part yang terlibat dalam kinerja mesin yang menyebabkan part-part tersebut bisa bergerak jauh lebih mudah dan lancar, seperti conrod,rocker arm, desain ulang ruang pembakaran, modifikasi port intake, mengubah penempatan dua katup untuk pembakaran lebih baik secara keseluruhan dan knalpot tidak hanya terlihat berbeda, itu semua-baru. Hal ini berujung pada berkurangnya power loss pada mesin, sehingga dengan pengurangan daya pembakaran namun menghasil power yang sama dibandingkan dengan versi lama. Atau dengan cc yang sama namun menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi, performa juga lebih tinggi.

Selain sektor mesin, blue core juga ada pada bagian rangka atau chasis. Kedepannya Yamaha akan mendesain rangka yang ringan, meliputi bahan logam maupun struktur kerangka yang ringkas namun lebih kuat dibandingkan versi lama. Namun inti dari blue core sendiri adalah ada pada sistem injektornya. Injeksi sistem close loop terbaru dan memiliki peran untuk bermain dalam presisi bahan bakar. Keuntungan yang diperoleh dari menambahkan  sistem injeksi bahan bakar ini adalah power yang lebih besar namun ekonomis. Yang mengatakan, sistem FI ini yakin akan membuat respon throttle lebih ringan dan sensitivitas sepeda motor ke kecepatan tinggi lebih terasa. Yamaha mengatakan mereka merekomendasikan interval 6.000 km untuk membersihkan injektor untuk kinerja terbaik dan bahwa pusat-pusat layanan akan memiliki semua peralatan yang mereka butuhkan untuk ini.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

11 Komentar

  1. buahanggis sidah ada extraknya bang….tehnologi pengembangan dari injeksi dan mesin secara keseluruhan dan body sehingga efisiensi bahan bakar tapi tidak mengebiriperforma ya bang…salut buat tehnologi terbaru yamaha

  2. untuk urusan technology rasanya mmg Yamaha tertinggal sama Honda , klo dilihat gambar diatas fitur blue core ada Roller Rocker arm sama Offset Crank yang di Honda sudah di aplikasikan sejak Kharisma 125 Tahun 2003 lha ini Yamaha bru diterapkan pada Next Engine …..
    ketinggalan ‘ lima kecamatan dech …..

  3. klo rangka nya di ringan kan lagi makin gk enak dong.
    makin gk stabil di bawa ngebut,
    kayak fu di hajar 136 kmh, eh gara gara masuk lobang dikit aja malah naik ban belakang nya, and raider jadi sasaran

  4. Bombastis namanya, keiritan bs 50% tapi ternyata hanya dibandingkan dengan produk mereka sendiri yang lama tahun 2008, walau saya hitung prosentasenya juga ngga sampe 50%, ( Mio th 08 = 38.5Km/l, Mio Blucore = 55,4 pake econo mode ), Setelah mempelajari teknologinya juga ngga ada yg baru.. Contoh ruang bakar setengah bola, dr jaman motor 2 tak sdh pake ruang bakar keq gtuh, Offset Cylinder juga uda lama ada dimotor, Oil Jet Piston Cooler juga uda ada di produk Bebek jadul, Cooling Fan juga dari jamannya Sujuki RC dlu juga uda lama kan?, memang klo secara teknis ukuran pasti berbeda” tiap produk, tapi luruh simpatik saya ketika ngga ada sesuatu yg maju dalam hal teknologi. Kecewa sih sebagai penggemar Yamaha…

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Yamaha Mempersiapkan Metik 150 Blue Core Untuk Mengimbangi Vario 150? | 78deka
  2. YM-Jet….. Sangat Menarik Untuk Didevelop Ulang | 78deka
  3. Bersiaplah Menyambut NVL Dan R15 Dengan Mesin Baru | 78deka
  4. Opini : Kenapa Mio Menjadi 125 cc ? | 78deka

Silahkan Beropini