Supercharged Motor….Proyek Motor Baru Honda

Supercharged-Honda

Yola dulur…. info dadakan dari pabrikan nomer satu dunia dalam penjualan motor komuter, siapa lagi kalu bukan the big wing…. Honda. Ternyata honda Jepang sedang melakukan proyek baru mereka, sebuah motor yang yang dilengkapi dengan supercharge. Honda dirumorkan akan menerapkan beberapa paten milik mereka yang menunjukkan mesin supercharged dengan kontrol emisi gas buang yang ketat akan segera datang dari Hsayap mengepak ini.

Supercharged-Honda
Supercharged-Honda

Honda sepertinya akan mengaplikasikan mesin supercharged ini minimal ke dua jenis motor mereka. Salah satunya akan diaplikasikan ke motor fairing VRF 1200 F , dimana sekarang menggunakan mesin SOHC V-4. Dengan supercharger terletak di mana biasanya akan menemukan di silinder bagian belakang dan intercooler dipasang di atas itu, di mana airbox biasanya berada.

honda vfr1200f
honda vfr1200f

Sedangkan jenis motor  kedua adalah sesuatu yang lebih menarik, 4 inline-silinder dengan supercharger kecil yang dipasang agak turun ke bawah dan di depan crankshaft. Mesinnya menggunakan konstruksi silinder terbalik, dengan intake di depan dan knalpot di bagian belakang dan  silinder bank terhitung sedikit relatif mundur  terhadap frame motor, seperti tata letak yang digunakan pada motor balap Honda NSF 250 R Moto 3.

nsf 250 engine
nsf 250 engine

Wah ditunggu nih penampakan motornya nanti…. akan ada sensasi mirip mobil turbo…… wroooommmm…..cesssss…wrooommmm….. 😀

Bonus…. Judas Priest…. Turbo Lover

Versi original

Versi Live in Japan

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

12 Komentar

  1. Biasanya mesin dengan Turbocharged dan Supercharged ini kan buat performa, lha bikin proyek supercharged ini buat apa? Emang mesin yg akan diaplikasiin supercharged ini masih kurang kenceng?

    Duluuuu…… Suzuki udah bikin project kayak gini pada motor konsep B-King yg basis mesinnya pakai mesin Hayabusa. Tapi apa yg terjadi? Pihak-pihak yg berkepentingan di Ngeropah sana langsung mengancam kalo motor ini diproduksi ngga bakal boleh dipasarin disana. Karna dengan supercharged motor ini akan terlalu kencang, jadi alasan safety lah yang dipakai untuk menolak.
    Alhasil B-King yg diproduksi massal tetep pakai mesin konvensional. CMIIW.

    • biasanya pabrikan membatasi dg limmiter masbro… supercharger ini mungkin untuk menmbah akselerasi. seperti aturan moge di eropa yg maksimal under 200 mil/h, begitu limiternya pada dilepas lgs pada diatas itu…cmiiw

Silahkan Beropini