TePOK : Perbaiki Sendiri Spion Loyo

spion pulsar by setia1 heri
spion pulsar by setia1 heri
spion pulsar by setia1 heri

Yola dulur….. beberapa waktu yang lalu, ki bagong ketenggol mobil yang memaksakan lewat walaupun jalan sempit di depan kantor lama. Posisi motor sedang parkir pinggir jalan depan kantor, kemudian ada mobil disopiri ibu-ibu memaksa leat, akhirnya terdengar kreek….. sepertinya spion sebelah kiri tertekan terlalu dalam. Waktu deka hampiri, mobil udah pergi jauh meninggalkan “kuping”ki bagong yang nglemprek terkulai lemas, meski tidak copot.

ilustrasi
ilustrasi

 

Sayangnya waktu itu nggak sempet foto, jadi pakai gambar ilustrasi saja. Namanya juga spion sebelah kiri, beberapa biker nggak terlalu memperhatikan karena fungsinya yang dianggap kurang penting, lebih utama yang sebelah kanan. Yang kiri untuk pantes-pantesyang penting spion lengkap bebas tilang. Namun buat deka, dua sisi spion punya fungsi yang sama pentingnya, sebelah kiri untuk melihat kendaraan di belakang kita saatmau belok ke kiri, begitu juga saat menyalip kendaraan, spion kiri deka anggap punya peran yang vital.

Berhubung ane lagi males ke bengkel dan males ngeluarin uang, maka ane memakai tePOK saj, The Power Of Kepepet. Lebih baik ane perbaiki sendiri, ane oprek selama masih bisa dipakai. Langkah pertama yang diambil adalah lepaskan spion dari dudukan stangnya, hati-hati karena tiap motor punya arah ulir yang berbeda antara spion kanan dan kiri. Setelah terlepas, langkah berikutnya adalah melepas bagian bodi kaca dengan tangkai atau lengan spion yang kalau versi ori-nya terbuat dari besi.

servis spion
servis spion

Spion yang loyo atau tidak bisa stagnan posisinya, nggak bisa berdiri secara tegak, atau bisa stag posisi namun kena tekanan sedikit langsung loyo disebabkan karena kurang menggigitnya bola lengan spion ke bodi kaca. Ketika sudah terlepas antara bodi kaca dengan lengan spion maka ambil isolasi dan rekatkan ke kepala lengan yang berbentuk bulat tersebut, dua atau tiga lapis. Kemudian rekatkan pula isolasi ke dudukan kepala lengan yang terletak di bodi kaca, cukup dua lapis saja. Setelah itu pasang lagi bodi dengan lengan spion dengan cara memasang baut dudukan.

servis spion2

Setelah ane perbaiki dengan cara ini, spion kembali tegap, stag, tidak gampang loyo lagi seperti spion baru. hanya dengan modal isolasi atau selotip sudah cukup untuk membuat spion bisa berfungsi lagi.

spion ki bagong
spion ki bagong

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

20 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. TePOK : Perbaiki Sendiri Spion Loyo | indoluck

Silahkan Beropini

TePOK : Perbaiki Sendiri Spion Loyo

spion pulsar by setia1 heri
spion pulsar by setia1 heri
spion pulsar by setia1 heri

Yola dulur….. beberapa waktu yang lalu, ki bagong ketenggol mobil yang memaksakan lewat walaupun jalan sempit di depan kantor lama. Posisi motor sedang parkir pinggir jalan depan kantor, kemudian ada mobil disopiri ibu-ibu memaksa leat, akhirnya terdengar kreek….. sepertinya spion sebelah kiri tertekan terlalu dalam. Waktu deka hampiri, mobil udah pergi jauh meninggalkan “kuping”ki bagong yang nglemprek terkulai lemas, meski tidak copot. (lebih…)

20 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. TePOK : Perbaiki Sendiri Spion Loyo | indoluck

Silahkan Beropini